INI PANTANGAN YANG HARUS DIHINDARI JIKA KAMU PUNYA RIWAYAT GERD!

Gastroesophageal reflux (GERD) merupakan salah satu penyakit kronik yang menyerang sistem pencernaan. Penyakit ini terjadi saat asam lambung naik kembali ke kerongkongan, sehingga menyebabkan iritasi pada esofagus.

Saat asam lambung naik kembali ke kerongkongan, penderita umumnya akan mengalami sensasi terbakar atau pas di dadanya, bahkan gejala ini akan memburuk saat berbaring. Jika tidak ditangani dengan baik maka bisa menimbulkan komplikasi yang merugikan. Misalnya seperti peradangan pada esofagus yang bisa menyebabkan perdarahan, luka, tukak, hingga jaringan parut pada esofagus.

Berikut ini merupakan beberapa pantangan yang sebaiknya dihindari oleh penderita GERD. Yuk simak selengkapnya ya Sobat Sehat!

Makan Terlalu Banyak

Makan terlalu banyak bisa menyebabkan munculnya tekanan pada bagian katup antara esofagus dan perut. Jika terjadi, hal ini bisa menimbulkan sensasi mulas. Karenanya, mengubah pola makan merupakan solusinya.

Oleh sebab itu, Anda bisa memulai makan dengan porsi yang sedikit. Hal ini bisa menjaga perut agar tidak terlalu kenyang dan mencegah naiknya asam lambung.

Makan dengan Buru-buru

Makan terlalu cepat bisa membuat pencernaan kesulitan bekerja karena tidak sesuai dengan sebagaimana mestinya. Pencernaan yang buruk pun bisa menyebabkan perut terasa mulas. Karenanya, Anda bisa mengunyah makanan setidaknya sebanyak 20 kali sebelum menelannya.

Makanan dan Minuman Pemicu Asam Lambung

Beberapa jenis makanan yang bisa memicu asam lambung misalnya seperti gorengan, daging berlemak, cokelat, hingga makanan pedas. Sebaiknya hindari beberapa jenis makanan ini ya Sobat Sehat! Selain itu, hindari pula minuman yang berkafein seperti kopi dan teh, juga produk susu murni.

Tiduran Setelah Makan

Sebaiknya tunggu setidaknya 2 hingga 3 jam setelah makan sebelum berbaring. Berbaring saat perut penuh bisa menekan sfingter esofagus bagian bawah sehingga menyebabkan makanan akan masuk kembali ke saluran pencernaan.

Stress

Bisa dibilang jika stress merupakan sumber dari berbagai penyakit, tak terkecuali asam lambung. Stress memang tidak menyebabkan perut mulas namun hal ini bisa mengganggu pola makan dan olahraga. Pola makan yang berantakan pun bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan.


Hindari beberapa pantangan tersebut ya Sobat Sehat. Selalu jaga pola makan dengan baik agar GERD tidak muncul kembali.