KEHUJANAN BIKIN SAKIT TERNYATA CUMA MITOS

Musim hujan yang telah ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga. Setelah dilanda musim kemarau yg cukup panjang, warga Indonesia kini harus sudah mulai bersiap menghadapi musim hujan. Namun, karena sudah terbiasa dengan musim kemarau, tentu masih ada banyak orang yg belum menyiapkan jas hujan atau payung saat beraktivitas di luar rumah. Akibatnya, mau tidak mau mereka harus kehujanan. Mungkin Anda menjadi khawatir terhadap kesehatan Anda setelah kehujanan. Tapi, apakah benar bila kehujanan akan membuat sakit?

Nyatanya, menurut dr. Dewi Ema Anindia, seorang praktisi kesehatan, kehujanan tidak membuat sakit. Yang membuat sakit bukanlah karena kehujanan namun karena daya tahan tubuh yg sedang melemah. Bila daya tahan tubuh sedang kuat, maka Anda akan baik-baik saja meskipun diterpa hujan. Namun, bila daya tahan tubuh sedang lemah, maka Anda akan mudah terserang virus influenza. Selain itu, adanya perbedaan tekanan udara bisa membuat Anda menjadi pusing.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk terus memastikan bahwa daya tahan tubuh Anda kuat. Pastikan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup, minum vitamin, dan juga istirahat yang cukup. Tak hanya itu, bila hujan turun, ada baiknya Anda segera mandi dan berganti baju. Dengan demikian suhu tubuh tetap terjaga sehingga Anda tak jatuh sakit.