MAKANAN UNTUK PENDERITA DIABETES YANG DISARANKAN DAN HARUS DIHINDARI

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan sebaiknya dihindari. Nah, untuk menghindarinya Sobat Sehat perlu memperhatikan kebiasaan hidup sehat sehari-sehari, khususnya makanan yang dikonsumsi. Sebab, ada beberapa makanan untuk penderita diabetes yang harus dihindari juga aman dimakan setiap hari.

Makanan sangat berpengaruh pada terjadinya penyakit diabetes. Ini karena ada sebagian jenis makanan yang bisa meningkatkan gula darah secara signifikan. Namun, ada juga makanan yang aman untuk dikonsumsi karena indeks glikemiknya yang rendah. Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu menyesuaikan asupan yang dibutuhkan dengan konsumsi makanan sehari-hari.

Makanan untuk Penderita Diabetes yang Disarankan

Sayangnya, sekalinya Sobat Sehat terkena penyakit diabetes maka penderita akan hidup selamanya dengan penyakit tersebut. Selain tidak bisa sembuh sepenuhnya, komplikasi dari diabetes juga cukup berbahaya lho, misalnya kelelahan, kerusakan saraf, rentan terkena infeksi, dan koma.

Bahkan, diabetes juga menjadi salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi ke-3 di Indonesia. Angka ini bisa terus meningkat melihat tren jumlah penderita diabetes yang juga selalu meningkat tiap tahunnya. Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu hati-hati dengan asupan makanan yang dikonsumsi.

Begitu pula dengan penderita diabetes yang perlu menyesuaikan menu makanan untuk mencegah terjadinya komplikasi diabetes. Berikut adalah beberapa makanan untuk penderita diabetes yang aman untuk dikonsumsi setiap hari:

  • Biji-bijian yang mengandung karbohidrat komplek, seperti nasi merah, ubi panggang, roti gandum, oatmeal, dan sereal biji-bijian.

  • Daging tanpa lemak, contohnya bagian dada ayam.

  • Sayuran hijau yang diproses dengan cara direbus dan dikukus, seperti brokoli dan bayam.

  • Buah-buahan segar tanpa tambahan gula seperti pada jus buah.

  • Telur ayam yang direbus, jangan sampai digoreng karena membuat memiliki lemak jenuh.

  • Berbagai jenis kacang-kacangan, termasuk di dalamnya produk olahannya seperti tempe.

  • Produk olahan susu yang rendah lemak, misalnya yogurt yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

  • Variasi ikan segar, seperti tuna, salmon, makarel, dan sarden tapi hindari pengolahannya dengan cara digoreng, ya.

Makanan untuk Penderita Diabetes yang Sebaiknya Dihindari

Sebagian besar masyarakat Indonesia mengatakan mereka belum makan kalau belum makan nasi putih. Padahal, Sobat Sehat perlu tahu kalau makanan pokok seperti nasi putih ini kurang baik bagi penderita diabetes karena indeks glikemiknya yang cukup tinggi.

Hal ini membuat terjadinya peningkatan gula darah dengan cepat sehingga perlu dihindari. Selain nasi, masih ada makanan untuk penderita diabetes yang perlu dihindari lainnya, seperti:

  • Makanan yang terbuat dari tepung terigu, misalnya gorengan, cake, dan lain-lain.

  • Sayuran dengan tambahan garam, keju, mentega, atau saus.

  • Buah-buahan dengan tambahan gula, seperti manisan, buah kalengan, dan lain-lain.

  • Daging berlemak tinggi, contohnya yang ada kulit ayam.

  • Makanan yang digoreng, seperti ayam goreng, kentang goreng, pisang goreng, dan lain sebagainya.

  • Minuman yang mengandung gula tinggi, seperti minuman kemasan, soda, sirop, boba, dan lain-lain.

Melihat penjelasan di atas, makanan untuk penderita diabetes ini sepertinya lebih baik jika dimasak sendiri melalui bahan-bahan segar. Sedangkan makanan yang perlu dihindari oleh penderita diabetes adalah makanan olahan yang biasanya tinggi gula dan garam.

Selain mengatur asupan makanan, dalam mengontrol diabetes Sobat Sehat juga perlu melakukan cek kesehatan berupa cek gula darah, lho. Ini berguna untuk memonitor kadar gula darah secara rutin. Cek gula darah sendiri bisa dilakukan secara mandiri atau dengan datang ke Apotek K-24 terdekat.

 Sebab, selain pelayanan kefarmasian, Apotek K-24 juga melayani cek kesehatan yang salah satunya cek gula darah. Jadi, ingin gula darah selalu terkontrol, datang saja ke Apotek K-24. Demikian ulasan tentang makanan untuk penderita diabetes yang disarankan dan perlu dihindari, semoga bermanfaat!