POLA MAKAN SEHAT BERGIZI DAN SEIMBANG UNTUK SAMBUT MOMEN LEBARAN

Lebaran merupakan momen perayaan yang identik dengan berbagai jenis makanan, minuman, dan camilan. Hal ini tentu membuat hati senang karena bisa kembali makan dengan normal tanpa menahan sahur atau buka puasa. Kendati demikian, Sobat Sehat tetap harus memperhatikan pola makan sehat bergizi dan seimbang selama merayakan momen lebaran agar kesehatan tetap terjaga.

Menyiapkan banyak hidangan makanan ketika lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Umumnya, ada beberapa makanan khas yang harus ada di meja makan, seperti opor ayam, ketupat, rendang, gulai, sambal goreng hati, dan lain sebagainya. Makanan-makanan ini memang lezat tapi kalau dikonsumsi terlalu banyak tidaklah baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Pola Makan Sehat Bergizi dan Seimbang untuk Merayakan Lebaran

Meski mengenyangkan dan lezat, makanan khas lebaran yang sudah disebutkan di atas biasanya mengandung gula dan lemak yang tinggi. Hal ini bukan berarti Sobat Sehat tidak boleh mengonsumsinya, ya, hanya saja penting untuk memperhatikan seberapa banyak porsinya.

Selain itu, Sobat Sehat juga perlu memperhatikan menu lainnya yang berguna untuk menemani makanan khas lebaran. Dalam menjaga kesehatan selama lebaran berlangsung, ada pola makan sehat bergizi dan seimbang yang perlu diperhatikan, seperti:

Batasi Konsumsi Makanan Bersantan

Opor ayam, rendang, gula, dan makanan khas lebaran lainnya merupakan makanan dengan santan sebagai bahan utamanya. Sobat Sehat bisa mengonsumsinya tapi harus membatasi porsinya agar tidak berlebihan. Sebab, makanan bersantan mengandung lemak jenuh yang tinggi.

Nah, lemak jenuh ini bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh, yang kalau dibiarkan bisa menyumbat pembuluh darah dan berisiko pada penyakit jantung.

Siapkan Sayur dan Buah dalam Menu Makan

Walau banyak makanan lezat, Sobat Sehat jangan sampai lupa untuk mengimbanginya dengan berbagai buah dan sayuran. Ini karena buah dan sayuran dapat menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, buah dan sayur mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan.

Batasi Makanan dan Minuman Manis

Pola makan sehat bergizi dan seimbang saat lebaran selanjutnya adalah dengan membatasi asupan makanan dan minuman manis. Konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh dan menyebabkan penyakit diabetes. Seperti yang Sobat Sehat tahu, lebaran juga identik dengan camilan kue kering yang biasanya mengandung gula.

Minum Air Putih yang Cukup

Untuk menjaga kesehatan pencernaan, Sobat Sehat tidak cukup hanya mengonsumsi sayuran dan buah saja. Namun, minum air putih juga bisa melancarkan pencernaan dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Tidak ada salahnya untuk merayakan momen lebaran dengan minum 1,5 sampai 2 liter setiap hari. Kebiasaan ini agar Sobat Sehat terhindar dari risiko berbagai masalah kesehatan.

Memilih Daging yang Rendah Lemak

Kebanyakan menu khas lebaran pasti terbuat dari daging merah atau daging unggas. Oleh karena itu, agar pola makan sehat bergizi dan seimbang tetap terjaga, lebih baik pilih jenis daging yang rendah akan lemak, seperti dada ayam atau daging bagian sirloin atau has luar. Hal ini untuk menghindari lonjakan kolesterol di dalam tubuh, mengingat Sobat Sehat juga mengonsumsi santan.

Meski merayakan momen lebaran ini penting untuk keluarga, tapi Sobat Sehat tetap harus menjaga kesehatan agar bisa berkumpul dengan keluarga setiap saat. Jadi, jangan sampai Sobat Sehat menganggap remeh pola makan sehat bergizi dan seimbang setiap hari selama lebaran, ya.

Oh iya, Sobat Sehat juga bisa menambahkan multivitamin yang ada di Apotek K-24 tambahan ke dalam menu makan lebaran ini, lho. Sebab, konsumsi multivitamin ini bisa membantu dalam memenuhi nutrisi dan menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Yuk, jaga kesehatan selama lebaran bersama Apotek K-24!