BATUK PILEK TAK KUNJUNG SEMBUH, BAGAIMANA CARA MENGATASINYA?

Batuk pilek tak kunjung sembuh memang membuat tubuh tidak nyaman karena beberapa gejalanya, seperti batuk, sesak napas, pilek, demam, sakit kepala, dan lain-lain. Selain itu, keadaan ini juga bisa mengganggu kegiatan sehari-hari yang biasanya berupa bekerja atau bersekolah. Jika demikian, bagaimana ya cara mengatasi gangguan kesehatan yang satu ini?

Batuk dan pilek biasanya bukan masalah yang serius karena bisa sembuh dengan sendirinya. Umumnya, gangguan ini akan sembuh dalam waktu satu minggu. Namun, apabila sistem imun tidak meningkat keadaannya, maka batuk dan pilek tidak akan sembuh dengan cepat. Akibatnya, Sobat Sehat bisa mengalami gangguan tidur dan tidak enak badan berhari-hari.

Cara Mengatasi Batuk Pilek Tak Kunjung Sembuh

Batuk dan pilek yang tidak sembuh-sembuh biasanya disebabkan karena banyak hal, misalnya alergi, kurang istirahat, stres, paparan polusi, dan lain sebagainya. Namun, kondisi ini juga dapat menandakan bahwa Sobat Sehat sedang terkena infeksi virus atau bakteri yang berbahaya.

Contohnya saja virus COVID-19 yang sempat menginfeksi masyarakat di banyak negara. Selain itu, gangguan kesehatan seperti asam lambung naik, penyakit paru-paru, pneumonia, dan penyakit paru kronik juga bisa menjadi penyebab batuk pilek tak kunjung sembuh.

Gangguan batuk pilek ini sebenarnya bisa dirawat hingga sembuh secara mandiri, lho. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah sederhananya:

Banyak-banyak Istirahat

Tidak sedikit orang yang biasanya menyepelekan batuk dan flu, sehingga penderita tetap memaksakan diri untuk beraktivitas penuh. Padahal, beristirahat penuh menjadi proses dari penyembuhan batuk pilek, lho. Ketika beristirahat, tubuh akan memproses pembentukan sel darah putih yang bertugas untuk melawan infeksi.

Artinya, istirahat dengan baik akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga Sobat Sehat bisa pulih dengan cepat. Oleh karena itu, Sobat Sehat disarankan untuk beristirahat sepanjang hari di rumah saat merasa tidak enak badan.

Minum Air Hangat

Ketika mengalami batuk pilek tak kunjung sembuh, Sobat Sehat tetap harus mencukupi kebutuhan cairan dengan minum paling tidak 8 gelas setiap hari. Nah, saat mengalami batuk pilek, sangat disarankan untuk minum air hangat karena bisa membantu mengencerkan dahak dan melegakan hidung tersumbat.

Selain air putih hangat, Sobat Sehat juga bisa memenuhi cairan dengan air lemon hangat, sup bening, dan teh herbal hangat untuk meredakan batuk pilek. Selama mengalami batuk pilek, sebaiknya hindari minuman beralkohol dan kopi, ya.

Kumur dengan Air Garam

Batuk pilek biasanya akan disertai dengan sakit tenggorokan atau tenggorokan yang terasa gatal. Gangguan yang satu ini ternyata bisa reda dengan berkumur air garam, lho. Caranya sangatlah mudah, Sobat Sehat tinggal melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat, lalu gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur.

Minum Obat Batuk Pilek yang Tepat

Cara mengatasi batuk pilek tak kunjung sembuh selanjutnya bisa dengan minum obat batuk pilek yang ampuh dalam mengatasi gangguan kesehatan. Walaupun batuk pilek terkesan sebagai penyakit yang sepele tapi Sobat Sehat jangan sampai sembarangan dalam minum obat, ya.

Sobat Sehat perlu memilih obat batuk pilek sesuai dengan gejala yang dialami, misalnya batuk berdahak atau batuk kering, sakit kepala tidak, ada demam atau tidak, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan obat yang cocok, Sobat Sehat bisa meminta bantuan dokter atau apoteker untuk memilihkannya.

Sebab, dalam memilih obat ini juga harus memperhatikan usia dan keadaan tubuh penderita. Selain itu, obat batuk pilek tak kunjung sembuh ini juga harus dibeli lewat fasilitas kesehatan yang resmi seperti Apotek K-24 terdekat.

Hal ini untuk menjamin keamanan dan keaslian obat yang akan diminum. Apotek K-24 hanya menyediakan obat-obatan yang sudah sesuai dengan standar dari Kemenkes RI dan BPOM. Jadi, yuk jaga kesehatan tubuh bersama Apotek K-24!