5 MANFAAT ISTIRAHAT SELAMA PERJALANAN MUDIK AGAR SELAMAT SAMPAI TUJUAN

Buru-buru sampai di kampung halaman untuk lebaran memang hal yang diharapkan banyak orang. Namun, istirahat ketika mudik sangat penting dilakukan lho, apalagi jika Sobat Sehat harus melewati perjalanan yang jauh dan menggunakan kendaraan pribadi. Sebab, banyak manfaat istirahat ketika mudik yang perlu Sobat Sehat ketahui agar tidak sembrono saat melakukan perjalanan.

Mudik jadi sebuah tradisi yang dinantikan banyak orang, khususnya bagi para perantau yang setiap hari pasti jauh dari keluarga. Sayangnya, perjalanan mudik bisa memakan waktu yang cukup lama sehingga Sobat Sehat perlu siap sedia dengan kondisi kesehatan tubuh dan kendaraan. Demi kesehatan saat menyambut lebaran nanti pastikan untuk memberi waktu istirahat.

Manfaat Istirahat ketika Perjalanan Mudik

Dalam kehidupan sehari-hari istirahat dengan tidur merupakan hal yang wajib dilakukan. Sebab, saat istirahat inilah tubuh akan mengisi ulang energi yang terpakai dan memperbaiki jaringan atau sel yang rusak.

Kurangnya waktu istirahat nantinya bisa mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan dan performa saat bekerja atau sekolah. Begitu pula dengan istirahat saat mudik perjalanan yang perlu dilakukan tanpa banyak kompromi. Nah, berikut adalah beberapa manfaat istirahat selama perjalanan mudik berlangsung:

Menghindari Risiko Pusing dan Mual

Terus-terusan berada di dalam kendaraan dalam jangka waktu yang lama atau lebih dari tiga jam bisa membuat Sobat Sehat menjadi pusing dan mual. Keadaan ini tentu bisa mengganggu ibadah puasa. Oleh karena itu, salah satu jalan keluarnya adalah dengan menghentikan perjalanan dan istirahat beberapa saat di pinggir jalan atau rest area.

Menurunkan Stres Perjalanan

Kebiasaan mudik saat menjelang lebaran biasanya identik dengan kemacetan. Menunggu antrian kendaraan dan cuaca yang tidak mendukung bisa membuat banyak pemudik stres, lho. Stres saat perjalanan juga bisa disebabkan karena kurangnya waktu tidur.

Maka dari itu, sempatkan untuk beristirahat sejenak agar hormon kortisol bisa menurun sehingga stres tidak mengganggu perjalanan mudik. Jika tidak beristirahat, stres perjalanan ini bisa berujung pada kecemasan jadi hati-hati, ya.

Membantu Puasa tetap Lancar

Manfaat istirahat selama perjalanan mudik yang selanjutnya adalah bisa membantu agar puasa tetap lancar. Kelelahan adalah suatu hal yang umum terjadi saat mudik sehingga godaan untuk membatalkan puasa pun sangat besar. Nah, dengan beristirahat rasa lelah bisa hilang sedikit demi sedikit. Oh iya, selama perjalanan ini sebaiknya hindari minuman berkafein walau bisa membuat terjaga.

Mencegah Sakit saat Menyambut Momen Lebaran

Istirahat saat mudik bisa membantu Sobat Sehat untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak lucu bukan kalau Sobat Sehat harus merayakan momen lebaran dengan sakit-sakitan karena lupa istirahat saat mudik.

Sobat Sehat perlu tahu kalau saat istirahat, sel darah putih akan meningkat jumlah sehingga pertahanan tubuh akan meningkat. Sistem imun tubuh yang terjaga nantinya bisa membantu dalam melawan infeksi virus atau bakteri. Jadi, jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk beristirahat.

Mengurangi Risiko Terjadi Kecelakaan

Manfaat istirahat saat perjalanan mudik juga bisa mengurangi risiko untuk terjadinya kecelakaan di jalan. Ketika Sobat Sehat kerap kali menahan rasa kantuk saat perjalanan, maka risiko terjadi kecelakaan pun juga akan meningkat. Hal ini sering terjadi pada orang yang mengemudikan kendaraan.

Oleh karena itu, jika sudah merasakan kantuk yang tak tertahankan, Sobat Sehat disarankan untuk istirahat dengan tidur terlebih dahulu. Dengan tidur, tubuh akan menjadi lebih segar dan mata pun akan lebih awas dalam memperhatikan sekitar.

Oh iya, manfaat istirahat selama istirahat ini akan lebih maksimal jika disertai dengan asupan nutrisi yang cukup, khususnya vitamin dan mineral. Oleh karenanya, selama perjalanan mudik sebaiknya Sobat Sehat selalu membawa starter pack mudik seperti hand sanitizer, minyak kayu putih, obat-obatan, dan multivitamin yang bisa dibeli di Apotek K-24 terdekat.