6 CARA AGAR KENYANG LEBIH LAMA UNTUK PUASA YANG BERKUALITAS

Cara agar kenyang lebih lama agaknya sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia yang sedang menjalankan puasa. Sebab, puasa mengharuskan orang-orang untuk menahan rasa lapar dan haus lebih dari 12 jam. Tanpa pola makan yang tepat, Sobat Sehat bisa saja merasa sangat lapar dan harus menghentikan kegiatan puasa di tengah hari.

Ketika tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang tepat dari makanan atau minuman, maka tubuh Sobat Sehat akan menjadi lemas dan malas beraktivitas. Padahal, saat puasa ini Sobat Sehat tetap harus menjalankan kegiatan sehari-hari seperti bersekolah atau bekerja. Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu menyesuaikan menu makan agar tidak cepat merasa lapar atau haus.

Cara agar Kenyang Lebih Lama

Salah satu kunci agar Sobat Sehat bisa kuat berpuasa seharian tentu saja ada pada makanan dan minuman yang dikonsumsi saat waktu sahur. Nah, ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya Sobat Sehat tidak perlu khawatir dalam menjalankan puasa, yaitu:

Perbanyak Makanan Berserat Tinggi

Konsumsi makanan berserat tinggi bisa membantu Sobat Sehat merasa kenyang lebih lama, lho, karena serat akan dicerna dengan lambat oleh sistem pencernaan. Tidak hanya itu saja, serat pangan juga akan memicu pelepasan hormon leptin, sebuah hormon yang berperan dalam mengendalikan nafsu makan.

Oleh karena itu, masukkan kacang-kacangan, biji-bijian, buah, sayuran, biji chia, dan lain sebagainya ke dalam menu makan sahur.

Hindari Makanan yang Berkarbohidrat Tinggi

Cara agar kenyang lebih lama yang selanjutnya adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat seperti nasi putih. Sebab, karbohidrat hanya akan memberikan rasa kenyang dalam sementara waktu saja. Padahal, puasa menuntut Sobat Sehat untuk menahan lapar belasan jam.

Dengan mengonsumsi karbohidrat yang terlalu banyak justru akan memicu lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba dan menurun dengan cepat. Alhasil, tubuh akan mudah merasa lemas karena kekurangan energi.

Perbanyak Asupan Air

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh menjadi salah satu cara agar kenyang lebih lama. Puasa membuat tubuh akan kehilangan banyak cairan dan berpotensi besar mengalami dehidrasi. Asupan cairan ini sangatlah penting, bahkan lebih penting daripada makanan. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih 1,5-2 liter setiap hari dan banyak makan buah atau sayur.

Konsumsi Protein dengan Cukup

Daripada banyak makan nasi atau karbohidrat, Sobat Sehat malah disarankan untuk memperbanyak porsi protein dalam satu piring. Mengapa demikian? Protein yang dikonsumsi ternyata bisa menekan kadar hormon lapar, di mana semakin tinggi hormon tersebut maka semakin cepat Sobat Sehat merasa lapar.

Asupan protein ini bisa didapatkan dari banyak sumber, misalnya saja tempe, tahu, daging merah, daging unggas, telur, dada ayam, seafood, ikan, dan lain sebagainya.

Tidur dengan Cukup

Cara agar kenyang lebih lama yang selanjutnya adalah dengan tidur yang cukup dan berkualitas. Pola tidur yang mencukupi waktu 7-9 jam sehari bisa membantu mengurangi rasa lapar dan mencegah kenaikan berat badan.

Konsumsi Vitamin Tambahan

Minum multivitamin tambahan ternyata termasuk dalam salah satu tips agar kenyang lebih lama, khususnya vitamin B12 dan vitamin C. Kedua jenis vitamin ini berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan juga menambah energi. Namun, sebelum mengonsumsinya, Sobat Sehat bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan multivitamin yang aman ini Sobat Sehat lebih baik membelinya dari tempat yang resmi, seperti Apotek K-24. Sebab, produk-produk di Apotek K-24 ini pasti terjamin keaslian dan keamanannya. Yuk, jaga kesehatan selama puasa bersama Apotek K-24!