TENGGOROKAN SAKIT SAAT MENELAN? INI PENYEBAB DAN CARA MENGATASINYA!

Tenggorokan sakit saat menelan tentu saja sangat mengganggu karena membuat konsumsi makanan menjadi tidak nyaman. Bahkan, pada keadaan tertentu banyak orang yang jadi malas untuk makan, padahal nutrisi yang dibutuhkan tubuh hanya didapatkan saat makan atau minum. Lalu sebenarnya apa penyebab sakit tenggorokan ini?

Meski tidak berbahaya, sakit tenggorokan biasanya cukup menyakitkan. Gangguan kesehatan ini biasanya akan dirasakan di bagian leher bagian atas hingga di bagian bawah. Sakit tenggorokan sebenarnya bukan masalah serius karena bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, jika tidak ditangani dengan tepat, sakit tenggorokan dapat berlarut-larut dan tidak sembuh-sembuh.

Penyebab Tenggorokan Sakit saat Menelan

Dalam dunia medis, sakit tenggorokan bisa disebut dengan istilah odynophagia. Sakit tenggorokan bisa ditandai dengan beberapa gejala, seperti sakit saat menelan makanan atau minuman, demam, suara serak, tenggorokan gatal, batuk ringan, dan pembengkakan kelenjar leher.

Ada beberapa penyebab dari sakit tenggorokan, contohnya:

Radang Tenggorokan

Penyebab sakit tenggorokan yang paling umum adalah radang tenggorokan, di mana biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, infeksi virus, atau reaksi alergi. Bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh bisa memicu inflamasi atau iritasi pada dinding tenggorokan.

Hal tersebut biasanya akan ditandai dengan pembengkakan kelenjar getah bening, pembengkakan amandel, bercak putih kekuningan di atas tenggorokan, demam, dan tenggorokan sakit saat menelan. Selain bakteri dan virus, lingkungan sekitar juga bisa menjadi penyebabnya, misalnya rokok, debu, polusi, dan serbuk sari tanaman.

Asam Lambung Naik

Tidak hanya mempengaruhi saluran kerongkongan saja, asam lambung naik kronis ternyata juga bisa membuat penderitanya sulit untuk menelan makanan. Bahkan, paparan asam lambung yang terjadi terus-menerus bisa berbahaya bagi saluran pernapasan, khususnya tenggorokan yang berhubungan dengan kerongkongan.

Jadi, tidak heran jika kadang kala penderita asam lambung mengalami sakit tenggorokan dan batuk-batuk ringan. Sobat Sehat bisa minum obat asam lambung atau minum air jahe untuk menyembuhkan asam lambung kambuh.

Luka pada Tenggorokan

Penyebab tenggorokan sakit saat menelan yang selanjutnya adalah adanya luka pada tenggorokan. Terdapat beberapa hal yang bisa melukai batang tenggorokan, yaitu konsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas dan tajam. Jadi, Sobat Sehat bisa menghindari hal ini dengan memastikan makanan sudah halus dengan pasti saat melewati tenggorokan agar tidak menimbulkan luka.

Tenggorokan Terlalu Kering

Selain luka, tenggorokan yang terlalu kering juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan saat menelan. Tenggorokan yang kering umumnya bisa dirasakan ketika Sobat Sehat merasa gatal dan kasar sehingga tidak nyaman untuk menelan makanan. Selain itu, bernapas melalui mulut ternyata juga bisa menyebabkan tenggorokan kering, lho, jadi hati-hati ya kalau sedang mengalami batuk pilek.

Tenggorokan sakit saat menelan ini bisa ditangani dengan cara-cara sederhana atau perawatan di rumah. Pertama, berkumur-kumur dengan air garam yang bisa membersihkan rongga mulut dan meredakan peradangan.

Kedua, memperbanyak minum air putih untuk melembapkan tenggorokan dan mengurangi rasa sakit saat menelan. Ketiga mandi air hangat untuk mengurangi peradangan pada tenggorokan. Keempat, khusus untuk peradangan, Sobat Sehat bisa minum obat radang tenggorokan yang ada di Apotek K-24.

Obat radang tenggorokan sendiri sudah terbukti efektif dan ampuh dalam mengurangi pembengkakan dan peradangan. Cepat-cepat mengatasi sakit tenggorokan dapat membuat Sobat Sehat menelan lebih mudah dan tidak menyakitkan.

Demikian ulasan tentang penyebab tenggorokan sakit saat menelan dan bagaimana untuk mengatasinya, semoga bermanfaat. Yuk, jaga kesehatan terus bersama Apotek K-24!