MENELAN DAHAK SAAT PUASA, APAKAH BOLEH? BAGAIMANA CARA MENGHILANGKAN DAHAK?

Permasalahan menelan dahak saat puasa ini masih membuat banyak orang Indonesia bingung. Sebab, menelan ludah secara tidak sengaja bisa saja terjadi karena letaknya yang ada di tenggorokan. Di lain pihak, dahak yang ada di tenggorokan ini juga bisa dikeluarkan oleh banyak orang dewasa, apalagi jika dengan bantuan obat. Lalu sebenarnya boleh tidak menelan dahak ini?

Dahak adalah cairan lendir yang sifatnya sangat kental dan biasanya terletak di saluran pernapasan. Munculnya dahak di saluran pernapasan ini bisa terjadi kapan saja, khususnya ketika tubuh mengalami infeksi virus atau bakteri. Nah, salah satu infeksi yang biasanya menimbulkan dahak adalah penyakit flu dan radang tenggorokan.

Menelan Dahak saat Puasa Boleh Tidak?

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kemunculan dahak, seperti masalah refluks asam, asma, alergi, penyakit paru-paru, produksi lendir yang berlebihan, lingkungan yang kering, penggunaan obat tertentu, hingga kebiasaan merokok.

Permasalahan dahak jika masih ringan sebenarnya tidak akan membahayakan kesehatan. Namun, keberadaan dahak bisa sangat mengganggu karena dapat menyebabkan sesak napas, tenggorokan gatal, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, banyak orang yang mencoba untuk menghilangkan dahak di tenggorokan, baik dilakukan dengan cara dikeluarkan atau ditelan. Lalu sebenarnya menelan dahak saat puasa ini boleh tidak dilakukan?

Salah satu hal yang membatalkan puasa adalah memasukkan sesuatu ke dalam mulut hingga tenggorokan secara sengaja. Hal inilah yang membuat banyak orang bertanya-tanya bagaimana dengan menelan dahak.

Puasa sebenarnya akan batal ketika Sobat Sehat sudah mengeluarkan dahak dari tenggorokan tapi malah ditelan kembali. Dahak yang dimaksud ini adalah dahak yang keluar dengan sendirinya atau tanpa paksaan dengan bantuan batuk.

Namun, beda keadaan jika dahak belum keluar dari tenggorokan, maka Sobat Sehat diperbolehkan untuk menelannya. Keadaan ini tidak akan membatalkan puasa Sobat Sehat.

Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan

Meskipun secara tidak sengaja menelan dahak saat puasa ini boleh-boleh saja, tapi keberadaan dahak di tenggorokan tentu akan sangat mengganggu. Nah, Sobat Sehat bisa melakukan beberapa cara untuk menghilang dahak di tenggorokan ini, lho, contohnya:

Mandi Air Hangat

Terpaan uap air panas pada tubuh bisa membantu dalam menghilangkan dahak di tenggorokan. Sebab, uap dari air hangat ini dapat melembapkan dan melebarkan saluran pernapasan sehingga dahak akan mudah untuk keluar. Oleh karena itu, cara menghilangkan dahak di tenggorokan ini bisa dengan mandi menggunakan air hangat.

Banyak Minum Air Putih

Halangan paling umum terjadi saat puasa adalah kekurangan cairan karena intensitas minum air putih akan berkurang. Padahal, minum air putih hangat bisa menjadi kunci dalam mengeluarkan dahak, Jadi, walaupun sedang puasa, Sobat Sehat tetap harus minum air putih dengan cukup, bisa dilakukan dengan konsep 2-4-2, ya.

Menggunakan Semprotan Saline

Jika tidak ingin menelan dahak saat puasa, Sobat Sehat bisa menyemprotkan atau bilas hidung menggunakan semprotan saline yang ada di Apotek K-24. Semprotan saline ini berfungsi untuk membersihkan lendir dan alergi dari hidung serta sinus. saat menggunakannya, semprotan saline ini harus bersifat steril, ya, agar hidung tidak mengalami iritasi. Jadi, Sobat Sehat tidak boleh membelinya di sembarang tempat.

Minum Obat untuk Mengeluarkan Dahak

Cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang ampuh selanjutnya bisa dengan minum obat dekongestan. Obat ini bisa berbentuk tablet, sirup, atau semprotan dan untuk mendapatkannya lebih baik melalui Apotek K-24 terdekat.

Hal ini untuk menjamin keaslian dan keamanan produk saat digunakan. Sebab, Apotek K-24 hanya menyediakan produk-produk kesehatan yang sudah sesuai dengan standar BPOM dan Kemenkes RI. Demikian ulasan tentang menelan dahak saat puasa dan cara menghilangkan dahak di tenggorokan dengan aman, semoga bermanfaat. Yuk, jaga kesehatan tubuh selama puasa bersama Apotek K-24!