5 CARA MENGHILANGKAN BAU MULUT SAAT PUASA, TINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI!

Mengalami bau mulut selama puasa berlangsung sebenarnya hal yang biasa terjadi karena rongga mulut menjadi lebih kering. Namun, bau mulut yang dirasakan ini tentu dapat menurunkan rasa percaya diri dan mengganggu orang sekitar. Jika begitu, kira-kira bagaimana cara menghilangkan bau mulut saat puasa agar Sobat Sehat bisa berinteraksi dengan nyaman?

Menjalankan puasa memang memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Sayangnya, tanpa perhatian yang tepat, Sobat Sehat bisa mengalami beberapa masalah ketika berpuasa, seperti kulit kering, bibir pecah-pecah, dehidrasi, hingga bau mulut mengganggu. Jangan khawatir, ada beberapa tips khusus untuk mengatasi bau mulut yang kurang sedap ini.

Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa

Tidak makan dan minum selama puasa bisa menyebabkan rongga mulut lebih kering dari biasanya karena produksi air liur berkurang. Nah, kondisi ini dapat menyebabkan perkembangan bakteri terbilang lebih cepat dari biasanya sehingga bau mulut bisa saja muncul.

Sebab, air liur di dalam mulut sebenarnya berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal dan menjaga kesehatan gigi. Fakta menariknya, air liur sebenarnya mengandung enzim anti-bakteri yang alami. Jadi, untuk mengatasi hal tersebut, Sobat Sehat bisa melakukan hal di bawah ini:

Rutin Menyikat Gigi

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang pertama tentu saja dengan rutin menggosok gigi. Sobat Sehat perlu tahu kalau bau mulut bisa disebabkan karena sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut. Sikat gigi selama puasa ini sebaiknya dilakukan setelah makan sahur dan setelah berbuka puasa. Oh iya, pastikan untuk menggunakan sikat gigi yang bisa membersihkan sela-sela gigi.

Jangan Lupa Minum Air Putih yang Cukup

Bukan hal yang biasa kalau produksi air liur akan berkurang ketika Sobat Sehat berpuasa. Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu mencukupi minum air putih kurang lebih dua liter tiap hari agar mulut tidak terlalu kering. Demi mencukupi cairan tubuh, gunakan metode 2-4-2, yaitu 2 gelas saat buka puasa, 4 gelas saat makan malam menjelang tidur, dan 2 gelas saat sahur.

Membersihkan Lidah

Selain menyikat gigi, membersihkan lidah juga menjadi cara menghilangkan bau mulut, lho. Lidah juga menjadi tempat untuk berkumpulnya bakteri yang menjadi penyebab bau mulut. Sobat Sehat bisa membersihkan lidah dengan alat pembersih lidah yang ada di Apotek K-24 terdekat.

Perbanyakan Asupan Buah dan Sayuran

Banyak makan sayur dan buah ternyata bisa membantu dalam mengatasi bau mulut saat puasa. Contohnya saja makan buah nanas dan jeruk yang kaya vitamin C, di mana hal ini dapat menjadi antioksidan yang bisa meningkatkan produksi air liur.

Ketika produksi air liur terjaga, maka Sobat Sehat akan terhindar dari mulut kering pemicu bau mulut. Selain itu, air liur ini juga akan membersihkan asam yang dihasilkan bakteri ketika terjadi pembusukan makanan.

Gunakan Obat Bau Mulut di Apotek K-24

Cara menghilangkan bau mulut yang ampuh dan efektif selanjutnya adalah dengan menggunakan obat bau mulut di apotek. Jenis obat bau mulut ini biasanya berbentuk obat kumur atau mouthwash yang aman digunakan tiap hari, seperti:

  • Total Care Mouthwash

  • Sanorine Mouthwash

  • Listerine Mouthwash

  • Metoo Mouthwash Fresh Mint Plus

  • Aloclair Plus Mouthwash

  • ORSLIM Mouthwash

  • Fordontis Mouthwash

Berbagai produk obat bau mulut di atas sebenarnya bisa Sobat Sehat beli di mana saja. Namun, agar terjaga keamanan dan keasliannya terjaga, Sobat Sehat disarankan untuk membelinya di apotek, khususnya Apotek K-24.

Nah, itu dia berbagai cara menghilangkan bau mulut yang cukup efektif dan ampuh. Demi menjaga kesehatan gigi dan mulut selama puasa, yuk sediakan beberapa produk kesehatan, mulai dari sikat gigi, pasta gigi, alat pembersih lidah, hingga obat bau mulut yang bisa didapatkan di Apotek K-24. Jaga kesehatan mulut bersama Apotek K-24!