5 CARA MENGATASI RUAM POPOK PADA BAYI YANG EFEKTIF AGAR BAYI KEMBALI SEHAT

Ruam popok menjadi masalah kesehatan pada kulit bayi yang sering terjadi, apalagi jika si Kecil menggunakan popok setiap hari. Gangguan ini sebenarnya tidak berbahaya tapi biasanya akan membuat bayi tidak nyaman dan lebih rewel. Jika sudah begitu, Sobat Sehat perlu melakukan cara mengatasi ruam popok pada bayi yang ampuh agar si Kecil bisa tidur dengan nyaman.

Penyebab utama dari ruam popok bayi adalah pemakaian popok yang ketat dan paparan urine serta tinja yang terkumpul dalam popok. Hal ini bisa menyebabkan ruam merah dan luka di beberapa bagian, seperti bokong, lipatan bayi, dan alat kelamin. Walau tidak berbahaya, ruam popok bayi terkadang membuat Sobat Sehat sebagai orang tua khawatir dan panik.

Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Ruam-ruam merah akibat popok sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, lho. Sayangnya, tanpa perawatan yang tepat, ruam popok ini bisa menjadi masalah yang lebih serius, contohnya kulit bersisik dan timbulnya luka-luka lepuh.

Namun, Sobat Sehat tidak perlu panik karena Kementerian Kesehatan RI membagikan beberapa cara dalam melawan ruam popok agar kulit bayi bisa kembali mulus, yaitu:

Sering Mengganti Popok

Cara mengatasi ruam popok pada bayi yang paling penting adalah dengan sering-sering mengganti popok bayi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ruam popok biasanya banyak muncul di kulit yang sering terkena kontak tinja, urine, dan keringat bayi. Nah, dengan rutin membersihkan dan mengganti popok, risiko ruam popok ini akan semakin berkurang.

Kurangi Penggunaan Air Hangat saat Memandikan Bayi

Kulit bayi terbilang masih sensitif sehingga belum tidak banyak dimandikan sering-sering. Bahkan, frekuensi memandikan bayi ini sebenarnya cukup sebanyak 3 kali dalam seminggu saja. Namun, Sobat Sehat tetap boleh-boleh saja memandikan si Kecil setiap hari.

Selain itu, memandikan bayi tidak perlu menggunakan air hangat dan perlu dikurangi frekuensinya. Sebab, sentuhan air bersuhu tinggi justru memperlambat proses penyembuhan ruam popok bayi.

Keringkan Bayi hingga Benar-benar Kering

Mengeringkan bayi setelah mandi atau bersih-bersih menjadi cara mengatasi ruam popok pada bayi yang selanjutnya. Pastikan tubuh si Kecil benar-benar kering, ya, karena bekas air pada kulit sangat berpotensi menimbulkan jamur.

Sobat Sehat bisa mengangin-anginkan bayi sebelum memakaikan popok agar tubuh benar-benar dalam keadaan kering. Sobat Sehat bisa mengajak bayi berbicara dan menghiburnya selama menunggu 5-10 menit.

Oleskan Pelembap atau Salep Ruam Popok Bayi

Mengoleskan pelembap bayi atau salep khusus ruam popok bayi dapat membantu dalam menyembuhkan ruam. Namun, Sobat Sehat harus membeli produk kesehatan yang khusus untuk bayi, bisa pilih produk berbahan petroleum jelly.

Cara mengatasi ruam popok pada bayi yang satu ini cukup ampuh dan efektif, asalkan Sobat Sehat membeli salep atau pelembapnya di tempat yang aman, seperti Apotek K-24. Sebab, Apotek K-24 hanya menyediakan produk-produk kesehatan yang sudah mengantongi izin dan teruji klinis dari BPOM dan Kemenkes RI.

Periksakan ke Dokter

Apabila cara-cara di atas belum membuat ruam sembuh selama 2 hari, maka Sobat Sehat bisa memeriksakan si Kecil ke dokter anak atau layanan kesehatan terdekat. Pihak medis nantinya akan memberikan diagnosis dan saran perawatan agar anak bisa kembali sehat seperti semula.

Nah, itu dia cara mengatasi ruam popok pada bayi yang ternyata tidak sulit. Sobat Sehat hanya membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam merawat bayi hingga sembuh. Yuk, jaga kesehatan anak bersama Apotek K-24!