VITAMIN UNTUK IBU MENYUSUI, APA SAJA YANG DIBUTUHKAN DAN APAKAH PENTING?

Sama dengan ibu hamil, masa-masa menyusui juga mendorong Busui untuk melengkapi asupan nutrisi setiap hari, khususnya vitamin. Sebab, tanpa nutrisi yang tepat dan lengkap, tubuh ibu tidak akan bisa memproduksi ASI dengan cukup. Seperti yang kita tahu, ASI adalah makanan utama untuk bayi yang baru lahir. Lalu apa saja vitamin untuk ibu menyusui yang harus dilengkapi?

Selama menyusui, Sobat Sehat sebagai ibu pasti membutuhkan lebih banyak energi dan nutrisi. Kebutuhan ini tentu harus dipenuhi setiap hari jika tidak ingin si Kecil kekurangan gizi. Sobat Sehat harus tahu bahwa dari ibu menyusui yang kekurangan nutrisi ini bisa berdampak pada keadaan stunting pada anak, lho.

Jenis Vitamin untuk Ibu Menyusui yang Penting

Selain protein, kalori, lemak, serat, dan mineral, ibu menyusui juga perlu memenuhi kebutuhan vitamin. Di mana vitamin ini nantinya akan berperan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ibu menyusui agar ASI yang diproduksi bisa lebih berkualitas.

Nah, jumlah dan kandungan nutrisi dalam ASI ini juga akan menentukan jumlah asupan gizi yang diperoleh bayi. Jadi, si Kecil memang sangat bergantung pada ASI yang bisa diproduksi ibu. Berikut beberapa vitamin untuk ibu menyusui yang penting untuk kesehatan:

Vitamin A

Konsumsi vitamin A bisa berdampak dalam memperkuat kondisi sistem imun pada tubuh bayi dan ibu menyusui, lho. Jika bayi mendapatkan vitamin A yang cukup, maka tubuh bayi akan mampu dalam melawan infeksi dan menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, Busui dianjurkan untuk memenuhi asupan vitamin A sebanyak 1000-1200 mcg tiap hari.

Vitamin B Kompleks

Ada banyak jenis vitamin B yang dibutuhkan oleh Busui, oleh karenanya dinamakan vitamin B Kompleks. Mulai dari vitamin B1 dan B2 untuk mendukung tumbuh kembang otak si Kecil. Lalu vitamin B3 dan B6 yang berfungsi menjaga kesehatan mata serta kulit. Kemudian vitamin B9 dan B12 yang dapat membantu meningkatkan kualitas dan jumlah produksi ASI.

Vitamin C

Vitamin untuk ibu menyusui yang selanjutnya tentu saja vitamin C, yang sangat dibutuhkan sebanyak 120 mg tiap hari. Sama dengan vitamin A, vitamin C ini berperan besar dalam meningkatkan daya tahan tubuh Busui dan si Kecil.

Vitamin D

Penyerapan kalsium untuk bayi sangat penting untuk meningkatkan kekuatan tulang dan giginya. Oleh karenanya, vitamin D wajib dipenuhi oleh ibu menyusui setiap hari karena vitamin ini berperan penting dalam meningkatkan daya serap kalsium pada ibu menyusui dan si Kecil.

Vitamin E

Selama menyusui, Sobat Sehat disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin E sebanyak 20 mg tiap hari. Sebab, jenis vitamin ini akan membantu dalam melindungi sel dan jaringan dari kerusakan dari dalam atau luar. Artinya, vitamin E secara langsung berfungsi dalam menjaga kesehatan bayi.

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Menyusui

Dalam memenuhi kebutuhan vitamin di atas, ibu menyusui perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Ini karena tubuh Sobat Sehat tidak bisa membentuk vitamin sendiri sehingga harus dibantu dengan makanan dari luar, khususnya buah dan sayuran.

Selain makan buah dan sayuran, Sobat Sehat juga bisa mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang ada di Apotek K-24. Ada beberapa contoh vitamin untuk ibu menyusui yang aman untuk dikonsumsi, contohnya:

  • Blackmores Pregnancy & Breast-feeding Gold

  • Osfit Platinum

  • Lycalvit

  • L-Vit D3 1000

  • Obimin-AF

  • Farmabex C

  • Inlacta DHA

Beberapa vitamin yang aman dikonsumsi Busui ini bisa Sobat Sehat dapatkan dengan datang langsung ke gerai Apotek K-24 terdekat atau memesannya lewat aplikasi K24Klik. Namun, untuk lebih amannya, Sobat Sehat bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk pemakaian vitamin ini. Demikian ulasan tentang vitamin untuk ibu menyusui, semoga dapat bermanfaat!