KENAPA KEPALA SERING PUSING? INI 6 ALASAN YANG PERLU DIWASPADAI!

Mungkin semua orang di dunia ini sudah pernah mengalami sakit kepala atau sering disebut dengan pusing. Meskipun tidak berbahaya tapi kepala yang sering pusing pastinya mengganggu kegiatan sehari-hari. Selain tidak nyaman, pusing kepala ini biasanya juga bisa disertai gejala lainnya. Lalu kenapa kepala sering pusing? Apakah berbahaya?

Pusing atau sakit kepala merupakan gangguan masalah yang terkadang membuat seseorang tidak stabil, berputar, dan kehilangan keseimbangan tubuh. Gejala pusing ini sebenarnya hal yang sangat umum terjadi dan penyebabnya pun beragam. Sakit kepala sendiri bukan hal serius tapi kalau terjadi terus-menerus tentu saja akan membuat penderitanya panik dan khawatir.

Kenapa Kepala Sering Pusing?

Orang yang mengalami sakit kepala bisa merasakan hal yang berbeda-beda, seperti kliyengan, sensasi melayang, dan lain sebagainya. Masalah ini juga bisa muncul kapan saja, baik saat baru bangun tidur, haid, hamil, dan keadaan lainnya.

Namun, pusing juga dapat menjadi tanda masalah kesehatan lainnya, lho, contohnya:

Tekanan Darah Rendah

Salah satu penyebab pusing kepala yang sering terjadi adalah tekanan darah rendah (hipotensi). Pada beberapa keadaan, pusing akibat darah rendah ini bisa hilang dengan sendirinya dengan beristirahat dan makan makanan tertentu.

Namun, jika sudah parah, seseorang bisa kehilangan keseimbangan hingga pingsan, lho. Darah rendah yang disertai pusing bisa terjadi pada saat Sobat Sehat berubah posisi dengan cepat. Jadi, hati-hati ya kalau ingin berubah posisi.

Anemia

Kenapa kepala sering pusing? Anemia menjadi alasan yang sering terjadi selanjutnya. Gangguan anemia adalah suatu kondisi ketika tubuh Sobat Sehat kekurangan zat besi yang berperan penting dalam produksi hemoglobin.

Hemoglobin sendiri berperan dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh. Nah, apabila tubuh kekurangan oksigen akan menyebabkan pusing kepala, lemas, dan kulit menjadi pucat.

Kadar Gula Darah yang Rendah

Selain tekanan darah rendah (hipotensi), kadar gula darah yang rendah dalam tubuh juga bisa menjadi alasan kenapa kepala sering pusing. Hipoglikemia atau gula darah rendah bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti konsumsi makanan tidak sehat, gangguan hormon, pengaruh obat, dan lain-lain.

Dehidrasi

Cuaca yang panas membuat tubuh melepas cairan dengan cepat melalui keringat. Apabila Sobat Sehat tidak segera minum, keadaan ini akan berakhir pada dehidrasi, yang salah satu gejalanya pusing kepala. Hal ini bisa terjadi karena otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Oleh karena itu, kebutuhan minum air ini harus diperhatikan dengan baik dan dipenuhi setiap hari.

Kolesterol Tinggi

Makan makanan nikmat memang menyenangkan tapi berbeda keadaan kalau mengandung kolesterol yang tinggi. Kebiasaan yang satu ini dapat memicu peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh dan berakhir pada pembentukan plak pada pembuluh darah. Ketika pembuluh darah menyempit, alirah darah ke otak akan terganggu dan ini menjadi alasan kenapa kepala sering pusing.

Gangguan Kecemasan

Selain faktor yang berasal dari fisik, keadaan mental seperti sering cemas juga bisa menjadi penyebab pusing kepala, lho. Kondisi ini biasanya disebabkan karena tekanan emosional yang tinggi sehingga menimbulkan rasa pusing dan gelisah. Seperti yang Sobat Sehat tahu, keadaan mental yang berpengaruh pada keadaan fisik ini bukan menjadi rahasia lagi.

Nah, itu dia alasan di balik kenapa kepala sering pusing yang perlu Sobat Sehat waspadai. Melihat penjelasan di atas, sebagian besar penyebabnya terjadi karena kebiasaan hidup sehari-hari.

Pusing kepala bisa ditangani dengan minum obat sakit kepala. Selain itu, masalah ini sebenarnya juga bisa Sobat Sehat hindari dengan selalu cek kesehatan secara rutin, lho.

Contohnya cek kesehatan yang berupa cek tensi darah, cek kolesterol, dan cek kadar gula darah dalam tubuh. Padahal cek kesehatan ini dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan datang langsung ke Apotek K-24 terdekat.

Selain pelayanan kefarmasian, Apotek K-24 juga melayani cek kesehatan tersebut, apalagi untuk cek tensi darah ini bisa dilakukan secara cuma-cuma alias gratis. Jadi, ingin sehat setiap hari, datang saja ke Apotek K-24. Demikian ulasan tentang kenapa kepala sering pusing, semoga bermanfaat!