4 PENYEBAB MIMISAN TIBA-TIBA, TERNYATA BUKAN KARENA KELELAHAN

Sobat Sehat pernah tidak mengalami mimisan secara tiba-tiba saat sedang menjalani aktivitas fisik atau olahraga? Hal ini sering terjadi hingga banyak orang mengira bahwa penyebab mimisan tiba-tiba ini karena kelelahan. Padahal, banyak penyebab mengapa orang bisa tiba-tiba mengalami mimisan atau keluarnya darah dari lubang hidung.

Pada beberapa keadaan, orang yang mengalami mimisan tidak perlu mendapatkan perhatian lanjut karena bisa sembuh sendiri. Namun, pada kondisi tertentu, penderita mimisan perlu memperoleh perhatian dokter agar mimisan tidak berujung lebih serius lagi. Lalu sebenarnya bagaimana masalah kesehatan seperti mimisan ini bisa terjadi?

Penyebab Mimisan Tiba-tiba

Mimisan dalam dunia medis sering disebut dengan epistaksis, yang merupakan perdarahan pada bagian hidung. Permasalahan yang satu ini sebenarnya tidak berbahaya kecuali menjadi gejala dari suatu penyakit.

Oh iya, mimisan dapat terjadi pada salah satu lubang hidung saja tapi juga bisa pada kedua lubang hidung secara langsung. Lama terjadinya mimisan pun juga berbeda-beda, entah hanya beberapa detik saja atau bermenit-menit.

Berikut adalah beberapa penyebab mimisan yang sangat umum terjadi tapi kurang disadari masyarakat:

Cedera

Penyebab mimisan yang sering terjadi adalah karena cedera di satu bagian hidung atau wajah. Cedera ini dapat muncul karena beberapa hal, mulai dari pukulan, jatuh, terkena hantaman dari benda, dan lain sebagainya. Kondisi tersebut akan membuat pembuluh darah yang ada di dalam hidung pecah dan darah pun akan keluar secara tiba-tiba.

Udara Kering

Siapa sangka udara yang bersifat kering ternyata bisa menjadi penyebab mimisan tiba-tiba pada seseorang. Masalah ini bisa muncul secara tiba-tiba dan tanpa gejala apapun. Kenapa bisa demikian?

Udara yang kering biasanya muncul karena cuaca yang panas dan kelembapan udaranya sangat rendah. Hal ini membuat udara di dalam ruangan terasa lebih panas. Akibatnya adalah jaringan halus dalam hidung mongering, berkerak, hingga mudah pecah dan mimisan pun terjadi.

Kemasukan Benda Asing dan Kebiasaan Mengupil

Selain terkena benturan, penyebab mimisan tiba-tiba yang selanjutnya juga bisa karena kebiasaan mengupil Sobat Sehat. Mungkin Sobat Sehat sering melakukan mengupil dengan tujuan untuk membersihkan hidung dari kotoran.

Padahal, kebiasaan mengupil yang tidak dilakukan secara lembut dapat melukai jaringan halus di dalam hidung dan membuat mimisan, lho. Apalagi jika Sobat Sehat mempunyai kuku yang panjang dan runcing.

Hal ini sama saja dengan memasukkan benda asing yang kasar ke dalam lubang hidung. Jadi, kalau ingin mengupil pastikan kuku sudah dipotong terlebih dahulu, ya. Selain itu, jangan main-main untuk memasukkan benda asing tajam ke dalam hidung bila tidak ingin mimisan.

Kondisi Medis Tertentu

Keadaan medis tertentu seperti penyakit atau kehamilan juga dapat menjadi penyebab mimisan tiba-tiba. Kok bisa? Menurut lama Cleveland Clinic, ketika hamil pembuluh darah di sekitar hidung akan membesar. Akibatnya, pembuluh darah halus akan tertekan dan mimisan pun bisa terjadi.

Mimisan juga dapat terjadi ketika Sobat Sehat mengidap penyakit tertentu, seperti sinusitis, flu, common cold, alergi, deviasi septum, dan lain sebagainya. Selain itu, orang dengan riwayat darah tinggi, kecanduan alkohol, dan aterosklerosis juga rentan terkena mimisan.

Sobat Sehat ketika mengalami mimisan secara tiba-tiba, sebaiknya jangan panik dulu, ya. Pastikan tubuh tetap rileks dan ubah posisi duduk menjadi lebih tegak lalu sandarkan tubuh hingga kepala sedikit ke depan untuk mencegah aliran darah ke tenggorokan.

Gunakan kompres dingin atau tisu untuk menyeka darah. Selain itu, Sobat Sehat juga bisa menggunakan obat semprot hidung untuk menghentikan perdarahan hidung. Pilih obat semprot hidung sebaiknya cari yang mengandung dekongestan, seperti oxymetazoline.

Nah, itu dia beberapa penyebab mimisan tiba-tiba yang perlu Sobat Sehat ketahui. Ingat, ya Sobat Sehat mimisan ini bisa terjadi kapan dan di mana saja. Meskipun demikian, jangan sampai panik dulu ya kalau menghadapi mimisan.