IBUPROFEN OBAT APA? MANFAAT, CARA MENGGUNAKAN, DAN EFEK SAMPINGNYA

Sama dengan obat paracetamol, mungkin sudah banyak dari Sobat Sehat yang sering mendengar obat ibuprofen. Selain sangat umum ditemukan, orang-orang juga banyak yang menggunakan obat ibuprofen ini untuk mengatasi berbagai gejala penyakit. Jika demikian, sebenarnya ibuprofen obat apa dan bagaimana sih cara menggunakan obat ini dengan tepat?

Saking sering digunakan dalam berbagai keadaan, Sobat Sehat mungkin sudah tidak asing dengan istilah obat ibuprofen. Bahkan, ada beberapa orang yang selalu siap sedia obat jenis ibuprofen ini di rumah agar bisa digunakan setiap saat dibutuhkan. Selain itu, ibuprofen ini sangat mudah ditemukan di Apotek K-24 terdekat, lho, jadi tidak perlu khawatir jika kehabisan persediaan.

Ibuprofen Obat Apa?

Pada umumnya, ibuprofen adalah obat yang fungsinya untuk meredakan nyeri dalam tubuh dan juga membantu menurunkan demam. Selain itu, obat ibuprofen biasanya memiliki sifat yang antiradang. Alhasil, ibuprofen menjadi salah satu obat yang ampuh dan bisa mengatasi berbagai keluhan ringan.

Keluhan ringan yang dimaksud ini adalah nyeri haid, sakit kepala, sakit gigi, nyeri sendi, dan juga nyeri otot. Selain itu, ibuprofen ini termasuk dalam golongan NSAID yang dapat bekerja untuk mengurangi rasa nyeri, peradangan, dan demam.

Lalu ibuprofen obat apa lebih lengkapnya?

Dalam meredakan gejala, cara kerja dari ibuprofen adalah dengan menghambat pembentukan prostaglandin. Prostaglandin sendiri merupakan sebuah senyawa kimia yang biasanya bisa memicu rasa nyeri, bengkak, dan demam ketika tubuh mengalami luka.

Apabila pembentukan prostaglandin ini terhambat, maka keluhan yang dirasakan tubuh pun akan menghilang. Obat ibuprofen ini tersedia dalam beberapa bentuk, mulai dari kapsul, tablet, dan juga sirop. Jadi, Sobat Sehat bisa memilih bentuk obat yang dirasa paling mudah untuk dikonsumsi.

Selain itu, obat ibuprofen adalah obat bebas yang bisa didapatkan di berbagai apotek, salah satu Apotek K-24. Namun, untuk mengonsumsinya mungkin Sobat Sehat perlu berkonsultasi dengan dokter atau apoteker untuk menyesuaikan kebutuhan.

Jadi, ketika Sobat Sehat datang ke Apotek K-24 untuk mendapatkan ibuprofen, jangan lupa untuk menanyakan berbagai hal penting kepada apoteker, ya. Konsultasi tentang obat ini sebenarnya bisa juga dilakukan lewat online, yaitu melalui aplikasi K24Klik atau nomor whatsapp setiap gerai Apotek K-24.

Konsultasi ini tidak dipungut biaya apapun, ya. Jadi, Sobat Sehat bebas berkonsultasi mengenai keluhan yang dirasakan.

Cara Menggunakan Obat Ibuprofen

Mengetahui ibuprofen obat apa saja rasanya kurang cukup, Sobat Sehat juga perlu tahu cara menggunakannya. Aturan pakai dari ibuprofen biasanya sudah tertera pada kemasan obat. Dalam menggunakannya, sebenarnya tidak dianjurkan untuk menambah dosis obat atau menggunakan dengan sering.

Pada umumnya, ibuprofen dalam bentuk sirop, kapsul, dan tablet ini dikonsumsi bersamaan dengan waktu makan agar tidak timbul sakit maag. Ibuprofen dalam bentuk tablet dan kapsul harus dimakan dalam bentuk utuh, ya.

Selain itu, selama menggunakan ibuprofen, Sobat Sehat disarankan untuk banyak minum air putih supaya tidak terjadi gangguan fungsi ginjal. Setelah dikonsumsi, obat ibuprofen sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan bebas dari paparan sinar matahari.

Efek Samping Ibuprofen yang Perlu Diperhatikan

Jawaban dari pertanyaan ibuprofen obat apa adalah obat yang bisa meredakan nyeri dan demam. Kendati demikian, pada beberapa kasus, minum ibuprofen bisa menimbulkan beberapa efek samping yang harus diwaspadai, di antaranya:

  • Perut kembung

  • Mual dan muntah

  • Sakit maag

  • Diare atau sembelit

Apabila efek tersebut semakin memburuk dan tidak kunjung reda, maka sebaiknya Sobat Sehat segera periksakan diri ke dokter. Sebab, bisa saja Sobat Sehat memiliki alergi terhadap obat ini. Jadi, selama pemakaian ibuprofen, Sobat Sehat perlu awas terhadap respon tubuh yang terjadi.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau apoteker agar pemakaian ibuprofen ini lebih aman dan efektif dalam meredakan keluhan. Yuk, bijak dalam pemakaian obat bersama Apotek K-24!