APAKAH ASMA BISA SEMBUH? CEK FAKTA MENARIKNYA!

Apakah asma bisa sembuh menjadi pertanyaan yang sering diajukan oleh para penderitanya. Hal ini karena banyak penderita asma yang merasa putus asa karena penyakit asmanya yang tidak sembuh-sembuh dan sering kambuh. Bahkan, kabarnya pernah ada beberapa penderita asma yang mencoba untuk bunuh diri karena frustasi asmanya tidak kunjung sembuh.

Memiliki penyakit kronis yang sering kambuh memang membuat keadaan tubuh menjadi tidak nyaman. Selain menimbulkan rasa tak nyaman, asma yang sering kambuh juga pasti akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi ketika tidak ditangani dengan tepat, penyakit asma yang kambuh bisa membahayakan kesehatan, lho, karena penderitanya tidak mampu bernapas dengan baik.

Apakah Asma Bisa Sembuh?

Asma adalah sebuah keadaan yang terjadi saat saluran pernapasan menyempit dan membuat penderitanya kesulitan bernapas. Hal ini karena saluran pernapasan yang membengkak dan menghasilkan lendir dalam jumlah banyak.

Dalam beberapa kasus, penderita asma mengalami sulit napas dan kalaupun bernapas akan ada suara “ngik” atau biasanya disebut dengan mengi. Penyakit asma sendiri sebenarnya termasuk dalam kelompok gangguan kesehatan yang kronis.

Selain itu, belum banyak penderita asma yang berhasil sembuh secara total dan kembali dalam kondisi normal. Mereka biasanya masih mengalami asma yang kambuh sewaktu-waktu. Jadi, apakah asma bisa sembuh? Asma dianggap sebagai penyakit yang tidak bisa sembuh secara total sehingga membutuhkan penanganan dan perawatan yang lebih lanjut.

Menurut Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), banyak metode pengobatan yang diterapkan pada penderita asma tapi tidak ada satupun yang bisa menjamin sembuh total. Oleh karena itu, penderita asma hanya bisa mengontrol gejala asma dengan perawatan yang tepat dan menerapkan gaya hidup sehat.

Jadi, saat sudah terkena penyakit asma, maka Sobat Sehat mau tidak mau harus hidup dengan penyakit kronis tersebut. Kendati demikian, masih banyak ahli kesehatan yang terus berupaya untuk menemukan dan mengembangkan obat yang bisa meredakan atau mengobati penyakit asma.

Gejala dan Penyebab Asma

Melalui penjelasan di atas, sudah terlihat jelas jawaban dari pertanyaan apakah asma bisa sembuh. Penyebab dari penyakit asma sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun, Kemenkes RI mengatakan bahwa ada dua faktor yang mendorong penyakit asma, yaitu gen dan faktor lingkungan.

Faktor gen ini bisa berupa usia, keturunan, alergi, ras, dan jenis kelamin. Sedangkan faktor lingkungan ini banyak sekali bentuknya, contohnya polusi udara, perubahan cuaca, asap rokok, bulu binatang, debu, asap pembakaran, dan lain sebagainya.

Bagi Sobat Sehat yang memiliki asma atau kerabat yang menderita asma, tentu harus paham apa saja gejalanya. Asma yang kambuh biasanya akan membuat penderitanya merasakan batuk, sesak napas, sesak dada, dan mengi. Dengan mengetahui gejala asma, Sobat Sehat bisa melakukan pertolongan dengan baik.

Cara Mengendalikan Penyakit Asma

Jika jawaban dari pertanyaan apakah asma bisa sembuh total adalah tidak, maka Sobat Sehat hanya bisa merawat dan melakukan pertolongan dengan baik. Berikut adalah beberapa cara untuk mengendalikan penyakit asma agar tidak cepat kambuh:

  • Pahami dan hindari pemicu asma, seperti polusi udara, asap pembakaran, asap rokok, debu, dll.

  • Gunakan masker setiap keluar dari rumah, apalagi di tengah-tengah polusi udara.

  • Konsumsi makanan yang bergizi seimbang.

  • Olahraga secara rutin dan istirahat dengan waktu yang cukup.

  • Selalu bawa obat asma yang sudah diberikan sesuai dengan resep dokter.

Demikian penjelasan singkat dari apakah asma bisa sembuh dan bagaimana untuk mengendalikan penyakit asma. Bagi penderita asma, selalu membawa dan siap sedia obat asma ini sangat penting. Apabila Sobat Sehat memang membutuhkannya, maka beli saja di Apotek K-24 terdekat.

Apotek K-24 selalu menyediakan berbagai obat, alat kesehatan, dan susu sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sebab, seperti komitmennya, Apotek K-24 adalah apotek yang Komplit Obatnya dan 24 Jam Bukanya.

Jadi Sobat Sehat bisa kapan saja datang ke Apotek K-24 untuk membeli obat atau melakukan konsultasi. Yuk, jaga kesehatan tubuh bersama Apotek K-24!