4 CARA MENGATASI SAKIT GIGI BERLUBANG TANPA OBAT, AMAN DAN EFEKTIF!

Munculnya lubang pada gigi tentu saja akan menimbulkan rasa sakit di sekitar rongga mulut. Bahkan, pada beberapa kasus, penderita akan merasakan sakit kepala akibat rasa nyeri di sekitar gigi berlubang. Tidak hanya itu saja, Sobat Sehat juga akan kesulitan untuk mengunyah makanan jika ada gigi berlubang. Lalu bagaimana cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat yang efektif?

Sakit gigi ketika gigi berlubang sebenarnya sangat biasa terjadi karena terdapat saraf-saraf di dalam gigi. Ada yang mengatakan bahwa saraf dalam gigi ini menjadi salah satu saraf yang sangat sensitif di antara saraf lainnya. Jadi, tidak heran jika Sobat Sehat akan merasakan rasa sakit yang tidak tertahankan ketika mengalami masalah gigi, seperti gigi berlubang.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat

Pada umumnya, gigi berlubang muncul karena kurang rajin dalam menyikat gigi yang menyebabkan sisa-sisa makanan menumpuk di gigi. Sisa-sisa makanan ini biasanya membawa kuman yang nantinya akan menyebabkan plak pada gigi.

Nah, plak gigi jika dibiarkan terlalu lama akan mengikis lapisan luar gigi sehingga lama-kelamaan menimbulkan lubang gigi. Hal inilah yang membuat sakit gigi yang tak tertahankan muncul ketika Sobat Sehat memiliki lubang pada gigi.

Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu tahu beberapa cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat, seperti:

Berkumur dengan Air Garam

Kumur-kumur menggunakan air hangat yang diberi garam ternyata bisa menjadi pertolongan pertama pada sakit gigi akibat gigi berlubang. Sebab, air yang dicampur garam ini nanti bisa menjadi desinfektan yang dapat membasmi kuman penyakit dalam gigi.

Berkumur menggunakan air garam juga bisa mengurangi peradangan di rongga mulut, lho. Cara membuat air garam ini cukup mudah, Sobat Sehat tinggal menambahkan ½ sendok teh air garam ke dalam satu gelas air hangat.

Kompres Pipi atau Gigi dengan Air Dingin

Mengompres pipi atau bagian sekitar gigi dengan benda dingin dapat menjadi salah satu cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat. Tempelkan kompres dingin atau es ke bagian gigi yang sakit, nantinya bagian tersebut akan terasa kebas dan rasa sakit pun mereda.

Cara kompres ini juga bisa mengurangi pembengkakan akibat sakit gigi. Jika Sobat Sehat menggunakan es batu sebagai kompresan, sebaiknya dilapisi dengan handuk, ya. Sebab, menempelkan es batu secara langsung bisa meningkatkan risiko cedera kulit.

Gunakan Teh Celup untuk Mengompres

Teh celup yang biasanya menggunakan kantong ternyata tidak hanya berguna untuk diseduh saja. Namun, Sobat Sehat bisa menggunakan teh celup untuk membantu dalam meredakan rasa nyeri akibat gigi berlubang.

Hal ini karena teh mempunyai kandungan tanin. Selain itu, teh varian mint juga dapat menenangkan gusi dan sakit gigi berlubang, lho. Cara menggunakannya cukup mudah, Sobat Sehat tinggal memasukkan teh celup ke dalam freezer selama beberapa menit kemudian tempelkan kantong teh pada bagian gigi berlubang.

Berkumur dengan Larutan Hidrogen Peroksida

Selain berkumur dengan air garam, cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat lainnya adalah dengan menggunakan larutan hidrogen peroksida untuk kumur-kumur. Larutan yang satu ini memiliki banyak manfaat, seperti membunuh bakteri, mengurangi plak gigi, dan meredakan gusi berdarah.

Sobat Sehat bisa mendapatkan larutan hidrogen peroksida ini di Apotek K-24 terdekat, lho. Dalam menggunakan larutan ini, Sobat Sehat bisa membaca petunjuk pemakaiannya atau konsultasikan langsung dengan apoteker di Apotek K-24.

Nantinya, Sobat Sehat akan dipandu hingga paham dalam menggunakan larutan hidrogen peroksida dengan aman. Jika optimal dalam menggunakannya, maka sakit gigi pun akan berkurang dengan maksimal. Yuk, jaga kesehatan gigi dan mulut bersama Apotek K-24!