5 CARA SUPAYA CEPAT TIDUR, SEDERHANA TAPI BISA TINGKATKAN KUALITAS TIDUR

Beberapa cara supaya cepat tidur mungkin sangat dibutuhkan oleh banyak orang yang sering mengalami masalah tidur. Pada beberapa keadaan, gangguan tidur sering terjadi, apalagi jika Sobat Sehat tiba-tiba terbangun pada tengah malam atau terlanjur tidur siang dalam waktu lama. Hal ini kurang baik untuk kesehatan jika terjadi terus-menerus karena bisa mengganggu kualitas hidup.

Tidur adalah sebuah aktivitas yang wajib dilakukan oleh semua orang. Sebab, tidur adalah waktu di mana tubuh akan istirahat dengan baik agar bisa beraktivitas di hari selanjutnya. Tanpa adanya istirahat yang cukup, tubuh Sobat Sehat tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Jadi, jangan sekali-kali meremehkan aktivitas tidur atau meninggalkannya, ya.

Beberapa Cara supaya Cepat Tidur

Sulit tidur bisa terjadi karena beberapa hal, seperti sulit dalam memulai tidur, sering terbangun tengah malam, hingga bangun terlalu pagi dan tidak bisa kembali tidur lagi. Orang yang kurang tidur dijamin aktivitasnya akan kurang maksimal.

Apabila kebiasaan tersebut terus terjadi, sulit untuk tidur ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, ini dia beberapa cara agar cepat tertidur yang sederhana dan bisa dilakukan sekarang juga:

1. Buat Jadwal Tidur

Membuat jadwal tidur dan membiasakan tidur di waktu yang sama setiap hari adalah cara supaya cepat tidur yang paling efektif. Ketika tubuh memiliki kebiasaan jam bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari, maka jam internal tubuh akan menjaga jadwal tersebut.

Kebiasaan tersebut akan membuat Sobat Sehat lebih mudah tertidur dengan cepat. Bahkan, beberapa studi juga menyebutkan bahwa jadwal tidur sudah terbukti bisa membantu seseorang untuk cepat tidur.

2. Putar Musik Relaksasi

Cara agar cepat tidur yang selanjutnya adalah dengan menciptakan suasana yang tenang. Oleh karena itu, Sobat Sehat bisa mencoba untuk memutar musik instrumental yang dapat menenangkan hati dan pikiran. Langkah ini ternyata juga bisa meningkatkan kualitas tidur Sobat Sehat, lho.

3. Matikan Peralatan Elektronik

Kadang kala sulit tidur ini datang karena Sobat Sehat terlalu sering bermain smartphone ketika mendekati waktu tidur. Maka dari itu, cara supaya cepat tidur yang selanjutnya adalah matikan semua alat elektronik yang menghasilkan cahaya biru, seperti ponsel, laptop, komputer, dan lain-lain.

Hal ini karena cahaya biru dapat menurunkan produksi hormon melatonin dalam tubuh sehingga kualitas tidur pun menjadi terganggu. Saat mendekati waktu tidur, sebaiknya Sobat Sehat menjauhkan semua gadget dari kasur.

4. Konsumsi Makanan atau Minuman Tertentu

Mengonsumsi makanan atau minuman tertentu ternyata bisa membantu tubuh agar cepat tertidur, seperti susu hangat atau kentang. Contohnya saja makanan dengan kandungan karbohidrat yang dapat meningkatkan hormon tryptophan, sebuah senyawa yang bisa membuat tubuh mengantuk.

Selain itu, saat malam hari sebaiknya hindari makanan berlemak dan minuman berkafein karena bisa menyebabkan gangguan tidur.

5. Lakukan Teknik Relaksasi

Cara supaya cepat tidur yang terakhir ini adalah melakukan beberapa teknik relaksasi agar tubuh dalam kondisi nyaman dan rileks. Ketika tubuh dalam keadaan nyaman, maka aktivitas tidur akan cepat mendatangi Sobat Sehat.

Sobat Sehat bisa mencoba untuk melakukan beberapa gerakan yoga atau latihan pernapasan. Sebuah penelitian sudah membuktikan bahwa dengan yoga, Sobat Sehat akan lebih cepat tidur.

Nah, itu dia berbagai langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan agar bisa cepat tidur dan kualitas hidup meningkat. Selain menggunakan cara tersebut, Sobat Sehat sebenarnya juga bisa menggunakan beberapa jenis obat tidur yang aman sebagai salah satu cara supaya cepat tidur.

Namun, untuk menggunakan obat tersebut, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu. Yuk, tingkatkan kualitas tidur setiap hari bersama Apotek K-24!