5 CARA MENGHILANGKAN BATUK BERDAHAK, AMAN DAN AMPUH REDAKAN GEJALA!

Batuk berdahak menjadi gangguan kesehatan yang umum terjadi ketika udara sedang tidak baik-baik saja, apalagi di saat musim kemarau yang panjang ini. Meskipun tidak berbahaya, batuk berdahak ini bisa sangat mengganggu kenyamanan, baik diri sendiri atau orang di sekitar Sobat Sehat. Lalu bagaimana sih cara menghilangkan batuk berdahak agar gangguan cepat reda?

Batuk berdahak biasanya terjadi ketika terdapat banyak lendir yang tersangkut di saluran pernapasan. Oleh karena itu, tubuh memberikan respon batuk agar lendir tersebut bisa keluar dari dalam tubuh. Pada umumnya, batuk berdahak disebabkan karena infeksi virus atau bakteri yang membuat tubuh memproduksi lebih banyak lendir.

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak

Ketika mengalami batuk berdahak, Sobat Sehat disarankan untuk mengeluarkan dahak dalam tenggorokan. Sebab, dahak tersebut biasanya membawa organisme yang membawa virus atau bakteri infeksi. Oleh karena itu, akan lebih baik jika dahak ini tidak Sobat Sehat telan.

Batuk berdahak yang tergolong ringan dapat Sobat Sehat tangani dengan cara-cara sederhana, seperti di bawah ini:

Minum Air Hangat

Banyak-banyak minum air putih hangat ternyata bisa membantu Sobat Sehat dalam mengatasi batuk berdahak. Hal ini karena air hangat bisa mengencerkan dahak di tenggorokan sehingga dahak bisa lebih mudah untuk dikeluarkan.

Selain itu, minum air putih hangat dapat mengurangi refleks batuk dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Minum air hangat ini bisa Sobat Sehat tambahkan dengan madu secukupnya, ya.

Tidur yang Cukup

Cara menghilangkan batuk berdahak yang selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan istirahat. Sobat Sehat disarankan untuk tidur selama minimal 8 sampai 9 jam. Ketika istirahat terpenuhi, maka sistem imun tubuh akan optimal dalam melawan infeksi penyebab batuk.

Posisi tidur yang baik untuk penderita batuk berdahak adalah kepala berada di posisi lebih tinggi dengan menumpuk beberapa bantal. Hal tersebut berguna agar dahak tidak menumpuk di tenggorokan.

Kumur dengan Air Garam

Berkumur-kumur menggunakan air garam yang hangat ternyata bisa menjadi salah satu cara menghilangkan batuk berdahak. Selain bisa mengencerkan dahak, air garam juga efektif dalam membersihkan bakteri yang ada di dalam rongga mulut.

Alhasil, proses penyembuhan batuk berdahak pun bisa berjalan lebih cepat. Berkumur dengan air garam ini jangan sampai ditelan, ya, dan lebih baik dilakukan sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

Mandi dengan Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat juga menjadi langkah yang baik dalam meredakan batuk berdahak. Sebab, uap air dari air panas bisa mengencerkan dahak dan melegakan rasa mengganjal di tenggorokan. Tidak hanya itu saja, mandi dengan air hangat akan membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga rasa nyeri akibat batuk bisa berkurang.

Konsumsi Obat Batuk Berdahak Paling Ampuh

Jika cara-cara sederhana belum bisa mengatasi batuk berdahak, maka Sobat Sehat bisa minum obat batuk berdahak paling ampuh di apotek. Cara menghilangkan batuk berdahak yang satu ini sudah terbukti efektif. Ada beberapa rekomendasi obat batuk berdahak yang bisa dimanfaatkan, yaitu:

  • Oxopect Sirup

  • Silex Sirup

  • Bisolvon Extra

  • OBH COMBI Batuk Berdahak

  • Oroxin Sirup

  • OBH Herbal

  • Benadryl Batuk Berdahak

  • OBH Ika Generik

  • Herbakof Sirup

  • Bodrex Flu & Batuk Berdahak

Beberapa obat di atas dapat Sobat Sehat beli di Apotek K-24 terdekat, ya, atau bisa juga dengan cara online, yaitu melalui aplikasi K24Klik. Sobat Sehat tidak perlu takut kehabisan obat karena Apotek K-24 selalu menyediakan obat-obatan secara Komplit dan bisa dibeli kapanpun karena buka selama 24 jam.

Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan batuk berdahak yang bisa Sobat Sehat lakukan di rumah. Langkah-langkah tersebut terbilang sederhana dan bisa dilakukan kapan saja. Yuk, jaga kesehatan tubuh di tengah-tengah polusi udara ini bersama Apotek K-24!