APA ITU WASIR? PENYEBAB, GEJALA, DAN KOMPLIKASINYA YANG BERBAHAYA

Menurut data dari Riset Kesehatan Dasar, jumlah penderita wasir di Indonesia ini ada sebanyak kurang lebih 20,3 juta pada tahun 2020. Sejatinya, gangguan wasir sering terjadi pada orang dewasa, apalagi pada kalangan pekerja. Namun, tidak menutup kemungkinan anak-anak juga bisa mengalami gangguan wasir ini. Jika demikian, apa itu wasir yang sebenarnya? Apakah berbahaya?

Pada umumnya, orang yang menderita wasir akan sulit untuk duduk di kursi karena terdapat rasa nyeri yang menyerang di bagian pantat. Hal inilah yang membuat banyak penderita wasir tidak betah untuk duduk di kursi atau tempat duduk yang tidak empuk. Tidak hanya itu saja, penderita wasir juga merasakan rasa tidak nyaman ketika ingin buang air besar (BAB).

Apa itu Wasir?

Wasir atau yang sering disebut dengan ambeien adalah keadaan di mana terjadi pembengkakan di area dubur atau usus besar bagian akhir (rektum). Meskipun wasir sering terjadi pada orang yang berusia 50 tahun ke atas, tapi semua orang memiliki kemungkinan mengalami gangguan ini.

Jika Sobat Sehat merasa ada benjolan di dekat anus, itulah yang disebut dengan wasir. Umumnya, ada dua jenis gangguan wasir, yaitu wasir internal dan eksterna. Sama seperti namanya, wasir internal adalah gangguan yang berkembang di dalam anus. Sementara wasir eksternal merupakan masalah kesehatan yang berkembang di luar anus.

a. Penyebab Wasir

Apabila Sobat Sehat sudah mengerti apa itu wasir, maka Sobat Sehat juga harus tahu sebenarnya apa penyebabnya. Sampai saat ini sebenarnya belum diketahui secara pasti penyebab wasir yang sesungguhnya.

Namun, banyak ahli kesehatan yang menyebutkan bahwa wasir disebabkan karena adanya tekanan pada aliran darah di bagian anus. Tekanan tersebut nantinya akan menyebabkan pembengkakan dan menimbulkan peradangan pada dubur. Ada beberapa faktor yang mendorong wasir, di antaranya:

  • Terlalu gemuk

  • Sedang hamil

  • Terlalu lama dalam posisi duduk

  • Mengejan terlalu keras ketika buang air besar (BAB)

  • Pernah melakukan hubungan seks anal

  • Konsumsi makanan yang rendah serat

b. Gejala Wasir

Tidak hanya penyebab dan apa itu wasir saja yang perlu diketahui, tapi juga gejala atau tanda-tanda dari wasir agar Sobat Sehat bisa terus waspada. Gejala dari wasir sebenarnya bisa berbeda-beda, tergantung kondisi penderitanya.

Wasir eksternal akan ditandai dengan gatal atau iritasi di daerah anus, bengkak di anus, keluar darah saat BAB, dan terasa sakit. Sedangkan wasir internal tidak akan bisa dilihat dengan mata, tetapi bisa Sobat Sehat rasakan ketika buang air besar. Biasanya penderita akan mengalami perdarahan tanpa rasa sakit saat BAB atau adanya bercak darah saat membilas dengan tisu toilet.

c. Komplikasi Wasir

Gangguan wasir ini sebenarnya tidak berbahaya, tapi jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat, maka bisa membuat kondisi yang lebih serius. Bahkan, pada beberapa keadaan bisa menimbulkan komplikasi, seperti:

  • Anemia karena perdarahan yang terjadi terus-menerus.

  • Wasir tercekik yang menyebabkan rasa sakit.

  • Pembekuan darah atau pembentukan gumpalan darah di sekitar wasir yang bisa sangat menyakitkan. keadaan ini bisa membahayakan kesehatan.

  • Skin tag, sebuah bekas kulit berlebih pada wasir eksternal.

Melihat penjelasan di atas, penyakit apa itu wasir ini bisa menjadi sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Jika merasakan tanda-tanda di atas, sebaiknya Sobat Sehat segera periksakan diri ke dokter. Nantinya, mungkin akan dilakukan beberapa prosedur medis atau diberikan resep obat wasir yang bisa mengurangi gejala gangguan.

Beberapa obat wasir ini bisa Sobat Sehat dapatkan di Apotek K-24 terdekat, lho. Jadi, Sobat Sehat tidak perlu takut kesulitan dalam mencari obat wasir. Sebab, Apotek K-24 selalu menyediakan berbagai jenis obat yang dibutuhkan masyarakat karena komitmen Apotek K-24 adalah Komplit Obatnya dan Buka Selama 24 Jam Non-stop.

Demikian ulasan tentang apa itu wasir, semoga dapat bermanfaat. Yuk, jaga kesehatan organ pencernaan bersama Apotek K-24!