REKOMENDASI OBAT SARIAWAN ANAK DI APOTEK YANG AMAN UNTUK DIGUNAKAN

Ketika anak mengalami sariawan mungkin hal ini kurang baik untuk kesehatan. Sebab, meskipun tidak berbahaya, sariawan bisa membuat anak lebih rewel dan nafsu makan pun berkurang. Jika sudah demikian, nutrisi harian anak pun tidak akan terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu, Sobat Sehat sebagai orang tua bisa memanfaatkan obat sariawan anak di apotek untuk meredakan gangguan.

Sariawan adalah masalah yang umum terjadi pada siapapun, tak terkecuali anak-anak. Hal ini karena penyebab dari sariawan banyak sekali dan bisa karena hal sepele sekalipun. Anak yang terkena sariawan biasanya akan lebih diam dan malas untuk makan. Keadaan ini tentu bisa membuat berat badan turun dan nantinya akan berpengaruh pada tumbuh dan kembang anak.

Penyebab Sariawan pada Anak

Sebelum membeli obat sariawan anak di apotek, Sobat Sehat perlu tahu apa sih penyebab dan gejala dari sariawan. Anak-anak sangat bisa terkena sariawan karena sistem kekebalannya belum terbentuk sempurna.

Sariawan pada anak ini biasanya akan ditandai dengan bintik putih di bagian gusi, lidah, langit-langit mulut, atau pipi bagian dalam. Selain itu, anak juga akan terlihat gelisah ketika makan, nafsu makan menurun, rewel, dan pucat.

Pada umumnya, sariawan bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti luka gigitan, kebersihan gigi dan mulut yang kurang terjaga, kekurangan nutrisi tertentu, infeksi virus atau jamur, gesekan kawat gigi, dan efek samping obat-obatan tertentu. Artinya, sesederhana tidak sengaja tergigit pun bisa menyebabkan sariawan.

Obat Sariawan Anak di Apotek K-24

Meskipun tidak berbahaya untuk kesehatan secara umum, sariawan pada anak ini bisa mengganggu aktivitas mereka tiap hari. Bahkan, mengganggu pemenuhan nutrisi untuk tubuh yang sangat penting untuk tumbuh dan kembang anak.

Apabila Sobat Sehat khawatir dengan hal tersebut, maka segera cari langkah-langkah untuk mengatasi sariawan anak yang terbilang efektif. Salah satu cara yang efektif mengatasi sariawan ini adalah dengan konsumsi obat khusus sariawan.

Berikut beberapa rekomendasi obat sariawan anak di apotek yang aman untuk digunakan:

  • Xonce

  • Mycostatin Drop

  • Nystatin Drop Berno

  • Tempra Drop

  • Panadol Sirup Anak

  • Kandistatin Suspensi Drop

  • Cazetin Drop

Sobat Sehat bisa belanja obat-obat di atas Apotek K-24 terdekat dari rumah. Namun, Sobat Sehat juga bisa membelinya dengan cara online, melalui aplikasi K24Klik yang bisa didownload melalui android atau iOS. Melalui aplikasi tersebut, Sobat Sehat tidak perlu datang ke gerai langsung karena obat bisa diantar langsung ke rumah.

Jadi, untuk mendapatkan obat sariawan ini tidaklah sulit karena akses sudah sangat mudah dan didukung oleh teknologi modern. Namun, untuk menggunakannya, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu, ya. 

Cara Mengatasi Sariawan Anak secara Alami

Selain mengonsumsi atau menggunakan obat sariawan anak di apotek di atas, Sobat Sehat juga bisa melakukan perawatan khusus pada sariawan. Berikut beberapa cara sederhana agar sariawan dapat cepat sembuh:

  • Kompres pembengkakan atau luka sariawan dengan es yang dibalut dengan kain bersih.

  • Jika usia anak di atas 6 tahun, maka ajak anak untuk berkumur menggunakan air garam hangat agar jamur dan bakteri bisa mati.

  • Biasakan anak untuk rutin menggosok gigi sebanyak 2 kali dalam sehari.

  • Cukupi kebutuhan nutrisi dan cairan anak agar mulut dan gigi tidak mudah terluka, khususnya nutrisi seperti vitamin C, vitamin B, vitamin D, zinc, dan zat besi.

Nah, itulah beberapa pilihan obat sariawan anak di apotek yang bisa didapatkan kapan saja karena Apotek K-24 selalu buka selama 24 jam non-stop. Selain dengan obat, Sobat Sehat juga bisa merawat luka sariawan anak secara mandiri di rumah.

Cukup mudah bukan, mari jaga kesehatan mulut dan gigi anak bersama Apotek K-24!