5 PENYEBAB VAGINA GATAL, HATI-HATI BISA JADI KANKER!

Bagi perempuan merasakan vagina yang gatal mungkin menjadi hal yang bisa terjadi kapan saja. Walaupun vagina gatal bisa sembuh dengan sendirinya, tapi pada beberapa keadaan kondisi ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas harian. Jika demikian, apa saja penyebab vagina gatal yang harus Sobat Sehat waspadai?

Pada keadaan normal, vagina yang gatal ternyata bukan masalah kesehatan yang berbahaya bagi kesehatan. Sebab, vagina gatal masih menjadi salah satu gangguan yang bersifat ringan dan bisa sembuh dalam beberapa hari ke depan. Kendati demikian, Sobat Sehat tidak boleh menyepelekan vagina gatal ini ya, siapa tahu bisa menjadi tanda dari masalah yang lebih serius.

Penyebab Vagina Gatal

Ada beberapa keadaan yang dapat menyebabkan vagina terasa lebih gatal dan mengganggu. Keadaan ini ada yang bersifat ringan, bahkan ada juga yang tingkatnya sudah berbahaya sehingga membutuhkan penanganan dari dokter langsung.

Berikut beberapa penyebab rasa gatal-gatal di bagian vagina:

Iritasi Vagina

Ada kalanya, Sobat Sehat harus menggunakan berbagai produk yang harus dipakai di dekat vagian, contohnya saja pembalut atau kondom. Jika produk yang dipilih ini tidak cocok dengan jenis kulit, maka vagina bisa mengalami iritasi. Akibatnya, vagina akan terasa gatal dan mengganggu.

Selain itu, beberapa produk berbahan kimia, seperti sabun, pembersih vagina, dan tisu basah juga bisa membuat gatal-gatal pada vagina. Oleh karena itu, hati-hati dalam menggunakan produk-produk kebersihan di dekat vagina. 

Infeksi Jamur

Penyebab vagina gatal yang selanjutnya adalah adanya infeksi jamur di bagian vagina. Infeksi pada vagina sebenarnya lebih sering terjadi pada perempuan yang sedang mengonsumsi obat antibiotik, masa kehamilan, sering berhubungan intim, dan memiliki sistem imun yang rendah.

Saat keadaan ini terjadi, vagina gatal biasanya disertai dengan gejala lain, seperti keputihan dan rasa nyeri di vagina.

Infeksi Menular Seksual

Beberapa penyakit akibat infeksi menular seksual juga bisa menjadi penyebab vagina gatal yang selanjutnya. Orang-orang yang menderita herpes, gonore, klamidia, dan trikomoniasis biasanya akan merasakan gatal-gatal vagina sebagai salah satu gejalanya.

Gangguan yang satu ini biasanya akan mudah terjadi jika Sobat Sehat sering gonta-ganti pasangan untuk berhubungan intim, bahkan tanpa menggunakan kondom.

Stres

Keadaan psikologi yang sedang down dan sering mengalami stres, cemas, dan depresi ternyata juga bisa menyebabkan vagina gatal. Keadaan ini bisa terjadi karena ketika stres atau cemas, sistem kekebalan biasanya juga akan ikut menurun. Akibatnya, vagina akan lebih mudah terkena infeksi dari jamur atau bakteri. Jadi, jika bisa kendalikan stres dengan baik, ya.

Kanker Vulva

Vulva adalah bagian terluar dari organ seksual perempuan, yang biasanya meliputi bibir vagina, klistoris, dan kelenjar Bartholin. Walaupun gangguan jarang terjadi, tapi Sobat Sehat tetap harus waspada terhadap kanker vulva karena menjadi penyebab vagina gatal.

Pada umumnya, kanker vulva akan ditandai dengan benjolan, luka terbuka, dan juga gatal-gatal pada vagina. Ada beberapa faktor yang mendorong kanker vulva, di antaranya daya tahan tubuh lemah, ada riwayat prakanker, menderita penyakit kulit, dan kebiasaan merokok.

Untuk mencegah hal-hal di atas, Sobat Sehat bisa melakukan berbagai cara untuk perawatan kesehatan reproduksi wanita. Selain itu, gunakan-gunakan produk kewanitaan dari Apotek K-24 dengan bijak. Mengapa harus dari Apotek K-24?

Sebab, Apotek K-24 adalah gerai resmi yang menjual berbagai obat, susu, alat kesehatan, vitamin, suplemen, kondom, dan produk kesehatan lainnya. Produk-produknya pun sesuai dengan standar dari Kementerian Kesehatan RI dan BPOM, jadi Sobat Sehat tidak perlu takut karena Apotek K-24 hanya menjual produk asli.

Demikian ulasan tentang penyebab vagina gatal yang harus diwaspadai, semoga bermanfaat. Yuk, jaga kesehatan reproduksi bersama Apotek K-24!