APAKAH BEGADANG BISA MENURUNKAN BERAT BADAN? CEK FAKTANYA!

Banyak yang beranggapan bahwa dengan begadang bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Anggapan tersebut muncul karena ketika begadang, tubuh masih dipaksa untuk menjalankan aktivitas. Di mana untuk beraktivitas, tubuh perlu membakar energi atau kalori untuk mendukungnya. Jika demikian, apakah begadang bisa menurunkan berat badan benar-benar bisa terjadi?

Begadang merupakan salah satu kebiasaan di mana Sobat Sehat masih melakukan kegiatan aktif di malam. Kegiatan tersebut biasanya berupa belajar, mengerjakan tugas, menonton film, dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja menyebabkan orang yang melakukan begadang menjadi kurang tidur sehingga istirahat tidak bisa optimal.

Apakah Begadang Bisa Menurunkan Berat Badan?

Oleh karena itu, begadang sebenarnya dianggap sebagai salah satu kebiasaan tidak baik karena mengurangi waktu istirahat. Selain itu, anggapan yang mengatakan kalau begadang bisa menurunkan berat badan ini ternyata salah atau hanya mitos saja.

Banyak penelitian justru menemukan fakta sebaliknya. Kebiasaan kurang tidur justru banyak mengakibatkan kenaikan berat badan. Bahkan, pada beberapa kasus, banyak yang mengalami risiko obesitas.

Ada beberapa alasan mengapa jawaban dari apakah begadang bisa menurunkan berat badan ini salah, yaitu:

  • Semakin sedikit waktu istirahat, semakin tinggi pula risiko Sobat Sehat untuk terkena obesitas.

  • Ketika begadang, nafsu makan justru malah meningkat lebih banyak daripada saat siang hari.

  • Perubahan selera makan di mana orang bedang akan lebih suka mengonsumsi makanan tinggi kalori.

  • Perubahan pola makan di mana makan malam akan lebih banyak daripada sarapan atau makan siang.

Efek Begadang untuk Kesehatan Tubuh

Melalui penjelasan singkat di atas, sudah sangat jelas bahwa kebiasaan begadang ternyata tidak bisa membantu Sobat Sehat dalam menurunkan berat badan. Banyak media kesehatan justru mengungkapkan bahwa ada beberapa dampak begadang yang tidak baik untuk kesehatan.

Berikut beberapa efek begadang terhadap kesehatan:

  • Begadang menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan.

  • Memberikan efek pada kesehatan mental, seperti muncul gangguan cemas, stres, dan depresi.

  • Menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga Sobat Sehat akan mudah terserang penyakit.

  • Menimbulkan masalah kulit, seperti kulit kusam hingga berjerawat.

  • Menurunkan konsentrasi dan fokus untuk aktivitas di pagi hari.

  • Gairah seksual yang menurun karena mudah lelah dan mengantuk.

  • Memicu peningkatan kadar gula dalam darah sehingga bisa menyebabkan penyakit diabetes.

Itulah berbagai dampak begadang yang ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh secara fisik maupun mental. Artinya, anggapan apakah begadang bisa menurunkan berat badan ini salah kaprah. Sebaliknya, kebiasaan begadang termasuk dalam kebiasaan buruk yang perlu untuk dihindari.

Apabila Sobat Sehat ingin menurunkan berat badan, maka lebih baik lakukan kebiasaan sehat. Contohnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang tinggi serat, berolahraga secara teratur, dan menjaga kualitas tidur setiap hari.

Walaupun Sobat Sehat perlu mengurangi banyaknya makanan untuk bisa menurunkan berat badan, tapi jangan sampai kebutuhan nutrisi jadi tidak terpenuhi. Sobat Sehat bisa memanfaatkan suplemen atau multivitamin yang ada di Apotek K-24 untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi.

Fungsi utama suplemen dan multivitamin ini adalah untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga proses penurunan berat badan bisa berjalan lancar.