IBADAH HAJI, 5 TIPS MENJAGA KESEHATAN AGAR AKTIVITAS LANCAR!

Ibadah haji dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah di mana di tahun 2023 jatuh pada pertengahan bulan Juni ini. Pada beberapa kesempatan sudah ada beberapa peserta haji yang berangkat ke tanah suci untuk menjalankan haji. Ibadah yang satu ini memerlukan kesehatan fisik dan mental yang kuat agar bisa berjalan lancar. Tapi bagaimana, ya, untuk menjaga kesehatan di negeri orang?

Kesehatan fisik dan mental penting saat berhaji karena adanya perbedaan cuaca yang sangat signifikan antara negara Indonesia dengan Arab Saudi. Perbedaan inilah yang kadang membuat banyak peserta haji mudah terserang penyakit, bahkan ada yang sampai kehilangan kesadaran (pingsan). Oleh karena itu, jangan sampai Sobat Sehat menyepelekan kesehatan, ya.

Tips Menjaga Kesehatan saat Ibadah Haji

Tubuh yang sehat akan membuat aktivitas selama haji lebih lancar dan mudah dilalui. Seperti yang Sobat Sehat ketahui bahwa haji ini mengharuskan pesertanya untuk banyak bergerak, seperti berjalan antara Safa & Marwah, Tawaf, Sai, dan lain sebagainya.

Belum lagi, Sobat Sehat akan bertemu dengan banyak orang yang juga menjalankan haji dari negara-negara lain. Risiko terkena penyakit menular pun semakin tinggi. Berikut ada beberapa tips sehat bagi jemaah haji dari Kementrian Kesehatan yang patut untuk dicoba agar tetap sehat:

1. Membawa Alat Pelindung

Cuaca di Kota Mekah dan Madinah biasanya akan lebih panas daripada Indonesia ketika ibadah haji berlangsung. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk membawa alat pelindung, seperti payung untuk melindungi dari sengatan panas dan menghindari heat stroke.

Pastikan juga pakaian yang digunakan selama beribadah ini menggunakan bahan yang sejuk dan longgar. Selain itu, Sobat Sehat bisa memakai tabir surya untuk memastikan kulit tidak mengalami sunburn dan kering.

2. Hindari Aktivitas yang Tidak Perlu

Menurut Kementerian Agama RI, haji adalah ibadah fisik di mana membutuhkan kebugaran dan kesehatan tubuh yang baik. Bagi orang tua lebih baik menghindari aktivitas-aktivitas yang tidak perlu untuk menjaga tenaga. Sebaiknya gunakan waktu sebaik-baiknya untuk mencukupi kebutuhan istirahat.

3. Mencukupi Kebutuhan Air

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ibadah haji dilaksanakan di cuaca yang terik. Oleh karenanya, minum air putih setiap saat sangatlah penting. Tidak hanya mencukupi kebutuhan air, tapi kebiasaan ini akan mencegah kondisi dehidrasi ketika melakukan aktivitas haji.

Dehidrasi adalah keadaan yang bisa membahayakan kesehatan. Sebab, dehidrasi ini bisa menyebabkan gagal ginjal, serangan jantung, hingga kematian. Tentu saja keadaan-keadaan tersebut bisa mengganggu aktivitas haji.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengisi tenaga dengan makanan sehat dan bergizi juga menjadi kunci utama untuk kelancaran Sobat Sehat saat berhaji. Makanan ini nantinya akan menentukan keadaan tubuh Sobat Sehat yang sebenarnya.

Pastikan untuk hanya mengonsumsi makanan yang bersih, matang, dan bebas dari kontaminasi kuman atau virus. Selain itu, hindari makanan yang tidak terjamin kebersihannya, biasanya ada ditempat terbuka dan tidak ditutup.

5. Selalu Membawa Persediaan Obat Pribadi

Liburan saja perlu untuk membawa obat-obatan pribadi, maka begitu pula dengan ibadah haji. Apabila Sobat Sehat memiliki penyakit kronis yang memerlukan obat untuk mengurangi gejala nya, jangan sampai lupa untuk membawanya, ya.

Simpan obat di tempat yang aman dan mudah untuk diakses. Selain itu, Sobat Sehat juga bisa lho menyiapkan suplemen dan multivitamin yang berguna untuk memenuhi nutrisi tubuh. Konsumsi suplemen mineral dan multivitamin ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika sistem imun meningkat, maka kesehatan tubuh pun akan tetap terjaga dari awal hingga berakhirnya haji. Oleh karena itu, penting untuk menyiapkan obat, suplemen, dan multivitamin untuk diri sendiri.

Tentu saja untuk mendapatkannya, Sobat Sehat perlu datang ke Apotek K-24. Tidak hanya lengkap, Apotek K-24 selalu menyediakan produk-produk yang asli dan aman untuk kesehatan masyarakat Indonesia.

Jangan lupa untuk mampir Apotek K-24 dulu, ya, sebelum berangkat ke tanah suci untuk ibadah haji.