5 BAHAYA MEROKOK BAGI KESEHATAN, BISA MENGURANGI TINGKAT KESUBURAN!

Berdasarkan data dari Global Adult Tobacco Survey, jumlah perokok dewasa di Indonesia ada sebanyak 69,1 juta orang. Kebiasaan merokok ini termasuk kebiasaan buruk karena menjadi sumber berbagai penyakit. Oleh karena itu, pada Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2023 ini, kita akan membahas apa saja sih bahaya merokok bagi kesehatan dan apa sangat berbahaya?

Meskipun sudah banyak pengingat bahwa merokok itu berbahaya, tetapi jumlah perokok tetap ada, bahkan bisa meningkat tiap tahunnya. Hal yang lebih memprihatinkan adalah banyaknya perokok aktif yang masih di bawah umur. Tentu saja keadaan ini harus mendapatkan perhatian khusus karena kebiasaan merokok bisa merusak masa depan seseorang, baik dari segi kesehatan atau karier.

Bahaya Merokok bagi Kesehatan Tubuh

Tidak hanya perokok aktif saja yang memiliki risiko terserang penyakit, tapi perokok pasif pun juga mendapatkan dampaknya. Bahaya merokok ini timbul karena bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, seperti nikotin, karbon monoksida, tar, benzena, dan lain-lain.

Selain itu, setidaknya ada lebih dari 7000 bahan kimia yang ada di dalam rokok, di mana 70 di antaranya bisa menyebabkan kanker. Berikut adalah beberapa bahaya merokok bagi kesehatan yang perlu Sobat Sehat waspadai:

1. Penyakit Kanker

Masalah yang pasti terjadi pada perokok adalah gangguan kesehatan pada saluran pernapasan. Salah satunya adalah kanker paru-paru, di mana baha-bahan dalam rokok berpotensi besar dalam merusak sel paru-paru. Selain itu, ada penyakit paru-paru lainnya, seperti bronkitis, emfisema, dan penyakit paru obstruktif kronis.

Tidak hanya kanker paru-paru, merokok juga dapat menyebabkan kanker pada mulut, lidah, tenggorokan, dan kanker nasofaring.

2. Kerusakan Organ Pencernaan

Selain organ pernapasan, kebiasaan merokok juga dapat merusak organ dalam sistem pencernaan. Merokok ternyata dapat melemahkan otot sfingter esofagus yang menjadi pembatas antara kerongkongan dengan lambung. Alhasil, Sobat Sehat akan mudah mengalami asam lambung naik.

Ada risiko penyakit lambung akibat merokok lainnya, seperti tukak lambung dan kanker lambung. Kondisi ini tentu bisa mempengaruhi proses pencernaan.

3. Masalah Kesuburan

Bahaya merokok bagi kesehatan yang selanjutnya ini berkaitan erat dengan sistem reproduksi. Pada kelompok laki-laki, rokok bisa menyebabkan timbulnya gangguan ereksi dan juga mengurangi produksi sperma. Jika dibiarkan terus, seseorang akan mengalami impotensi.

Selain itu, bahaya merokok bagi wanita adalah bisa mengurangi tingkat kesuburan dan peluang untuk hamil. Bahkan, rokok juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker serviks karena tubuh kehilangan kemampuan dalam melawan infeksi HPV.

4. Serangan Jantung dan Stroke

Rokok mengandung racun yang berpotensi dalam merusak struktur otot jantung dan pembuluh darah jantung. Tar dan nikotin bisa menimbulkan plak pada pembuluh darah yang nantinya menjadi penyebab utama penyakit jantung koroner.

Menurut WHO, setiap menit ada sebanyak 11 juta batang rokok yang dihisap di dunia dan terdapat 10 orang meninggal karenanya.

5. Diabetes

Bahaya merokok bagi kesehatan yang terakhir adalah bisa menimbulkan penyakit diabetes, salah satu jenis penyakit mematikan. Hal ini karena asap rokok bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi terlalu tinggi atau rendah.

Bahkan, nikotin dalam rokok juga dapat mengubah proses kimia sel sehingga tubuh bisa mengalami resistensi insulin. Keadaan ini membuat seseorang tidak bisa mengolah gula darah dengan baik karena respon tubuh yang terganggu. Akibatnya, gula darah menjadi tidak terkendali.

Melihat penjelasan di atas, membeli rokok ternyata tidak baik untuk kesehatan karena bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan dan mengurangi kualitas hidup. Oleh karena itu, yuk jauhi dan hentikan kebiasaan merokok di Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2023 ini.

Daripada membeli rokok, akan lebih bermanfaat jika Sobat Sehat berbelanja vitamin atau suplemen di Apotek K-24. Tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi, tapi juga bisa menjaga kesehatan untuk masa depan. Mari perbanyak kebiasaan sehat dan kurangi kebiasaan buruk bersama Apotek K-24!