5 CIRI CIRI ASAM URAT YANG PERLU DIWASPADAI SEJAK DINI

Berdasarkan data dari WHO, setidaknya ada 34,2% dari populasi manusia di dunia yang mengalami masalah asam urat. Jumlah penderita tersebut dipastikan akan meningkat terus-menerus setiap tahunnya. Dewasa ini, penderita asam urat tidak hanya kalangan orang tua saja, anak muda juga bisa terkena. Oleh karena itu, Sobat Sehat harus mengetahui apa saja ciri ciri asam urat.

Pada umumnya, masalah asam urat ini lebih mudah menyerang pada kelangan pria, apalagi bagi mereka yang berusia di atas 30 tahun. Menurut sebuah penelitian, asam urat termasuk dalam kelompok penyakit degeneratif. Artinya, jika Sobat Sehat terkena asam urat dan tidak ditangani dengan tepat, maka jaringan atau organ akan memburuk dari waktu ke waktu.

Penyebab Asam Urat

Sebelum mengenali apa saja ciri ciri asam urat, Sobat Sehat perlu tahu bahwa penyakit asam urat bisa disebabkan karena beberapa hal. Penyakit asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang dapat muncul karena tingginya kadar asam urat di dalam darah.

Keadaan tersebut menimbulkan rasa nyeri yang tidak tertahankan, rasa panas, dan pembengkakan di bagian persendian. Semua sendi memang berisiko terkena asam urat, tapi bagian jari tangan, lutut, jari kaki, dan pergelangan kaki lah yang sering mengalami asam urat.

Pada dasarnya, asam urat adalah senyawa yang diproduksi tubuh untuk mengurai purin. Purin sendiri mempunyai beberapa fungsi, seperti mengatur pertumbuhan sel, menyediakan energi, dan lain-lain. Walaupun asam urat diproduksi secara alami, tapi kadang-kadang bisa menghasilkan terlalu banyak.

Apabila hal ini terjadi terus-menerus, maka asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal-kristal yang tajam pada sendi. Kondisi inilah yang menyebabkan rasa sakit atau nyeri pada sendi-sendi.

Ciri ciri Asam Urat

Ada beberapa gejala asam urat yang memiliki ciri khas dan harus Sobat Sehat waspadai sedini mungkin. Tidak bisa disepelekan begitu saja karena gejala asam urat ini bisa sangat mengganggu penderitanya.

Berikut beberapa ciri ciri asam urat yang perlu untuk diwaspadai agar bisa mendapatkan penanganan secepatnya:

  1. Nyeri sendi pada bagian tertentu, biasanya terjadi pada pergelangan kaki, jari tangan, pergelangan tangan, siku, dan lutut. Rasa nyeri ini terjadi secara intens dan terjadi selama 4-12 jam.

  2. Pembengkakan atau peradangan pada sendi. Keadaan ini biasanya membuat area sendi terasa hangat, lunak, dan kemerahan.

  3. Rasa tidak nyaman pada sendi yang terjadi selama beberapa hari hingga berminggu-minggu selanjutnya.

  4. Muncul benjolan (tophi) di bagian sendi. Kondisi ini bisa merusak sendi, jaringan lunak di sekitarnya, dan kulit jika tidak dibiarkan begitu saja.

  5. Pergerakan sendi menjadi terbatas karena Sobat Sehat tidak bisa menggerakkan sendi secara normal.

Cara Menurunkan Asam Urat

Nah, itu dia beberapa ciri ciri asam urat yang patut diwaspadai ketika kadar asam urat berada di atas batas normal. Sama dengan diabetes dan hipertensi, penyakit asam urat tidak bisa sembuh sepenuhnya, tapi Sobat Sehat bisa mengontrolnya.

Berikut adalah beberapa cara menurunkan atau mengontrol asam urat:

  1. Hindari makanan yang tinggi purin, seperti jeroan, daging merah, kerang, ikan teri, sarden, dan makarel.

  2. Kurangi makanan atau minuman yang tinggi gula dan beralkohol.

  3. Perbanyak minum air putih tiap hari.

  4. Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat, seperti sayuran dan buah-buahan.

  5. Olahraga secara teratur dan kelola stres dengan baik.

Selain melakukan langkah-langkah di atas, Sobat Sehat juga disarankan untuk rutin mengecek kadar asam urat dalam tubuh. Pengecekan asam urat ini lebih baik dilakukan setiap satu kali tiap tahun. Oleh karena itu, jangan ragu-ragu untuk datang ke Apotek K-24 terdekat untuk melakukan cek kadar asam urat ini.

Apotek K-24 siap untuk melayani Sobat Sehat yang ingin cek kesehatan terkait asam urat ini. Jangan biarkan penyakit menghalangi aktivitas Sobat Sehat, ya. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24 agar selalu Bahagia!