APA ITU HIPERTENSI? PENGERTIAN, PENYEBAB, HINGGA CARA MENCEGAHNYA

Berdasarkan data dari WHO, ada sekitar 1,13 miliar orang di dunia yang mengidap penyakit hipertensi. Hal ini menandakan bahwa 1 dari 3 orang di dunia pasti memiliki penyakit hipertensi. Bahkan, jumlah tersebut akan terus meningkat, hingga pada tahun 2025 diperkirakan akan berubah menjadi 1,5 miliar. Jika demikian, sebenarnya apa itu hipertensi dan apakah berbahaya untuk kesehatan?

Sementara di Indonesia sendiri penderita hipertensi jumlahnya bisa mencapai lebih dari 60 juta.  Selain itu, angka kematian akibat hipertensi di Indonesia sebesar 427.218 pada tahun 2019 lalu. Artinya, penyakit hipertensi juga menjadi perhatian pemerintah karena masih banyak penderita hipertensi yang tidak mengetahui bahwa dirinya terjangkit penyakit tersebut.

Apa itu Hipertensi?

Hipertensi adalah sebuah kondisi ketika tubuh Sobat Sehat memiliki tekanan darah di atas 120/80 mmHg. Oleh karenanya, hipertensi biasanya juga disebut dengan gangguan darah tinggi. Apabila tidak segera ditangani dengan tepat, darah tinggi dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya.

Beberapa penyakit akibat darah tinggi yang dapat mengancam nyawa adalah gagal jantung, serangan jantung, stroke, dan penyakit ginjal. Hipertensi juga termasuk dalam kelompok penyakit the silent killer karena penderita tidak akan merasakan gejala hingga tekanan darahnya sudah sangat tinggi.

Penyebab dan Gejala Hipertensi

Melihat penjelasan di atas, penting rasanya untuk mengetahui penyebab dan gejala penyakit selain apa itu hipertensi. Ada dua jenis hipertensi, yaitu hipertensi primer dan sekunder. Penyebab hipertensi primer ini belum diketahui karena cenderung bertahap.

Sedangkan ada beberapa kondisi yang menyebabkan hipertensi sekunder, seperti masalah ginjal, masal tiroid, cacar bawaan, tumor kelenjar adrenal, dan obstruktif sleep apnea (OSA). Selain itu, terdapat pula faktor-faktor yang mendorong penyakit hipertensi, di antaranya:

  • Usia di atas 65 tahun.

  • Sering mengonsumsi makanan dengan garam tinggi.

  • Obesitas.

  • Jarang berolahraga.

  • Sering mengonsumsi kafein dan alkohol.

  • Memiliki kebiasaan merokok.

  • Stres yang tidak terkontrol.

Meskipun kebanyakan penderita hipertensi ini berasal dari kalangan orang tua, tapi hipertensi tetap bisa terjadi pada anak-anak atau anak muda. Oleh karena itu, Sobat Sehat harus selalu berhati-hati.

Orang yang memiliki darah tinggi biasanya mengalami beberapa gejala, seperti sakit kepala, mimisan, nyeri dada, telinga berdengung, masalah penglihatan, dan sesak napas. Pada kasus yang sudah serius, gejalanya akan berupa kelelahan, merasa cemas, mual, tremor otot, dan adanya darah dalam urine.

Cara Mencegah Penyakit Hipertensi

Orang yang sudah menderita hipertensi biasanya harus mengonsumsi obat seumur hidup untuk menormalkan tekanan darahnya. Setelah tekanan darahnya terkendali, tentu saja penderita tetap harus mengendalikan tekanan darah tersebut melalui gaya hidup sehat.

Penggunaan obat hipertensi pun dapat dihentikan atau dikurangi dosis konsumsinya. Walaupun dapat diobati, akan lebih baik jika Sobat Sehat bisa mencegah penyakit darah tinggi tersebut. Oleh karena itu, selain mengerti apa itu hipertensi, penting untuk bisa mencegah penyakit hipertensi.

Berikut beberapa langkah dalam mencegah hipertensi yang bisa Sobat Sehat lakukan:

  • Banyak makan buah dan sayur, kurangi makanan yang tinggi garam.

  • Kurangi asupan kafein.

  • Jaga berat badan dengan berolahraga secara teratur.

  • Berhenti merokok dan minum minuman beralkohol.

  • Batasi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti gorengan, daging merah, dan produk susu.

Selain dengan cara-cara di atas, Sobat Sehat juga perlu untuk mengecek tekanan darah secara rutin, paling tidak setiap satu bulan sekali. Tidak perlu repot-repot untuk datang ke rumah sakit karena Sobat Sehat bisa mendatangi Apotek K-24 terdekat untuk cek tensi.

 Apotek K-24 menyediakan layanan untuk cek kesehatan, di mana salah satunya adalah cek tekanan darah. Layanan tersebut tentu dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman, jadi tidak perlu khawatir. Yuk, cegah penyakit berbahaya bersama Apotek K-24!