REKOMENDASI OBAT SIRUP PENURUN PANAS ANAK YANG AMAN

Selain batuk pilek, ada masalah kesehatan lainnya yang sering terjadi pada anak-anak, yaitu panas atau demam tinggi. Meningginya suhu tubuh pada anak ini terkadang membuat orang tua panik dan khawatir. Sebab, panas atau demam bisa mengindikasikan bahwa anak sedang terserang penyakit. Oleh karena itu, orang tua harus siap sedia obat sirup penurun panas anak di rumah.

Sakit Panas pada Anak

Demam adalah suatu keadaan ketika suhu tubuh anak melebihi 37 derajat. Hal ini terkadang bisa Sobat Sehat rasakan dengan telapak tangan, di mana panas menyengat dan terasa sampai kulit. Demam sendiri sebenarnya bukanlah penyakit, tetapi lebih kepada gejala suatu dari suatu penyakit.

Oleh karena itu, panas pada anak ini sering terjadi pada berbagai penyakit. Walaupun tidak berbahaya, demam tetap harus Sobat Sehat waspadai, apalagi jika bermasaan dengan gejala lainnya. Pada beberapa keadaan demam bisa turun dengan sendirinya, tapi Sobat Sehat juga bisa membutuhkan obat sirup penurun panas anak untuk mengatasinya.

Umumnya, panas pada anak bisa disertai dengan gejala lainnya, seperti sakit kepala, muntah, menggigil, dan rewel. Namun, pada keadaan tertentu, demam juga bisa menyebabkan kejang demam yang tergolong berbahaya.

Dewasa ini, demam juga bisa menjadi salah satu gejala ketika Sobat Sehat terkena infeksi COVID-19. Oleh karena itu, Sobat Sehat tetap harus waspada dengan gejala panas atau demam ini.

Cara Mengatasi Panas pada Anak

Meskipun tergolong tidak berbahaya, meningginya suhu tubuh juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada anak. Hal inilah yang membuat anak-anak menjadi rewel dan terkadang sampai menangis. Sobat Sehat sebagai orang tua yang tidak tega bisa melakukan beberapa hal, seperti:

  1. Berikan obat demam, seperti obat sirup penurun panas anak yang relatif aman dan mudah untuk dikonsumsi.

  2. Jaga suhu ruangan atau kamar anak agar tidak terlalu panas atau dingin.

  3. Kompres tubuh anak dengan air hangat, Sobat Sehat bisa mengompres di bagian leher, dada, dahi, dan ketiak.

  4. Mencukupi asupan cairan agar anak tidak dehidrasi.

  5. Usahakan agar anak mengenakan pakaian yang ringan atau tipis supaya panas tubuh bisa keluar.

  6. Konsumsi makanan sehat dan bergizi yang kaya akan vitamin.

  7. Biarkan anak untuk beristirahat dengan cukup, minimal 9 sampai 10 jam setiap hari.

  8. Selalu cek suhu tubuh anak secara teratur agar Sobat Sehat mengetahui perkembangannya.

Rekomendasi Obat Sirup Penurun Panas Anak

Pada beberapa kasus, demam bisa turun dengan sendirinya. Namun, kerap kali anak-anak harus minum obat terlebih dahulu agar suhu tubuh bisa kembali normal. Keadaan tersebut terbilang normal karena demam pada anak bisa terjadi secara ringan atau berat.

Obat penurun panas, khususnya yang berbentuk sirup, kini sudah aman untuk dikonsumsi anak kembali. Jadi, Sobat Sehat sebagai orang tua tidak perlu khawatir lagi untuk memberikan obat kepada anak. Namun, tentu saja Sobat Sehat harus membelinya di apotek resmi, seperti Apotek K-24.

Hal tersebut untuk menjamin obat yang diberikan aman dan sesuai dengan standar BPOM serta Kemenkes RI. Ketelitian dan kehati-hatian orang tua dalam memilih obat akan menentukan proses penyembuhan anak nantinya.

Berikut adalah beberapa rekomendasi obat sirup penurun panas anak yang ada di Apotek K-24:

  • Hufagripp TMP

  • Termorex Sirup Paracetamol

  • Sanmol Sirup

  • Proris Ibuprofen

  • Tempra Paracetamol

  • Pamol Sirup

  • Bufect Sirup Ibuprofen

  • Tempra Drop

  • Dumin Sirup

  • Panadol Anak-anak

Meskipun sudah boleh diberikan kepada anak, sebelum mendapatkan obat sirup yang aman ini sebaiknya Sobat Sehat berkonsultasi dengan dokter atau apoteker di Apotek K-24. Dengan berkonsultasi, Sobat Sehat bisa menggunakan obat sirup dengan tepat.

 Yuk, jaga kesehatan anak bersama Apotek K-24!