5 CARA MEMPERBANYAK ASI YANG BISA DILAKUKAN BUSUI DI RUMAH

ASI atau air susu ibu merupakan makanan utama yang sangat baik untuk bayi baru lahir. Namun, terkadang ada ibu yang kurang bisa memberikan ASI kepada buah hatinya, baik karena masalah kesehatan atau ASI tidak cukup. Oleh karena itu, penting sekali bagi ibu menyusui untuk mengetahui bagaimana sih cara memperbanyak ASI yang bisa dilakukan di rumah.

Masalah produksi ASI yang seret tidak hanya terjadi pada satu atau dua ibu saja, tapi banyak ibu yang mengalaminya. ASI yang keluar dalam jumlah sedikit nantinya bisa menjadi masalah untuk si Kecil itu sendiri. Sebab, tanpa ASI, bayi tidak akan bisa mendapatkan nutrisi yang cukup. Padahal keadaan tersebut sangat penting untuk tumbuh dan kembang bayi di masa depan.

5 Cara Memperbanyak ASI untuk Ibu

Berdasarkan sebuah penelitian, pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama akan memberikan manfaat pada bayi dalam jangka panjang. Pada umumnya, ASI akan mengurangi risiko bayi terkena infeksi, seperti diare dan pneumonia.

Oleh karena itu, produksi ASI yang terus-menerus dapat menentukan masa depan buah hati Sobat Sehat. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan produksi ASI yang bisa dilakukan:

a. Menyusui Bayi Lebih Sering

Pada awal-awal kelahiran si Kecil, mungkin jadwal pemberian ASI ini belumlah teratur. Walaupun demikian, teruslah memberikan ASI kapanpun bayi membutuhkan. Menurut beberapa sumber, bayi yang sedang lahir bisa minum ASI sebanyak 8 hingga 12 kali sehari.

Apa Sobat Sehat tahu kalau semakin sering memberikan ASI, maka produksi ASI juga semakin bertambah. Hal ini dikarenakan adanya hormon prolaktin yang dapat merangsang produksi ASI ketika Sobat Sehat terus menyusui.

b. Konsumsi Makanan Sehat

Cara memperbanyak ASI selanjutnya adalah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Nutrisi yang didapatkan bayi melalui ASI ini sangat dipengaruhi oleh jenis makanan yang Sobat Sehat konsumsi.

Maka dari itu, ibu menyusui disarankan untuk menambah asupan energi sebanyak 330 kkal setiap harinya. Namun, makanan atau minuman sumber energi ini setidaknya harus mengandung serat, protein, karbohidrat kompleks, dan kalsium.

c. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Tidak hanya makanan saja yang penting, asupan cairan juga perlu untuk diperhatikan. Sebab, produksi ASI akan berkurang ketika tubuh Sobat Sehat kekurangan air. Bagi ibu menyusui disarankan untuk minum air paling tidak sebanyak 3 liter dalam sehari.

Selain air putih, Sobat Sehat juga dapat menambah asupan cairan ini melalui susu dan jus buah yang kaya vitamin. Selama ibu masih menyusui, sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein karena dapat berpengaruh pada si Kecil.

d. Cara Memperbanyak ASI: Sering Memompa ASI

Ketika bayi Sobat Sehat sudah kenyang tapi payudara masih terasa kencang dan keras, sebaiknya cepat-cepat untuk mengosongkannya. Cara yang paling aman adalah memompanya dengan pompa ASI yang kemudian dapat disimpan di dalam lemari pendingin.

Payudara yang kosong ternyata bisa memicu produksi ASI agar tetap berjalan. Selain itu, rutin memompa ASI akan mencegah ibu untuk mengalami payudara bengkak yang nantinya menyebabkan mastitis.

e. Konsumsi Vitamin dan Obat-obatan

Ibu menyusui sebaiknya mengonsumsi vitamin D sebanyak 15 mikrogram setiap harinya. Tentu saja untuk mendapatkan vitamin D ini, Sobat Sehat bisa konsumsi makanan atau suplemen yang sudah direkomendasikan oleh dokter.

Apabila cara-cara di atas belum juga mencukupi kebutuhan ASI si Kecil, maka Sobat Sehat bisa mempertimbangkan untuk memakai obat-obatan yang berguna merangsang produksi ASI. Namun, karena Sobat Sehat sedang menyusui, hal ini harus dilakukan secara hati-hati.

Sebelum mengonsumsi obat sebagai cara memperbanyak ASI, Sobat Sehat sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko atau efek samping yang mungkin terjadi selama menyusui.

Berbagai obat perangsang ASI dan alat pompa ASI ini sebenarnya bisa Sobat Sehat dapatkan di gerai Apotek K-24, lho. Apotek K-24 merupakan apotek resmi yang sudah dipercaya untuk menyalurkan obat dan alat kesehatan kepada masyarakat Indonesia.

Obat dan alat kesehatan ini tentu aman untuk digunakan karena sudah sesuai dengan standar BPOM atau Kementerian Kesehatan RI. Jadi, Sobat Sehat tidak perlu ragu untuk mendatangi gerai Apotek K-24.