APAKAH HIV BISA SEMBUH? CEK FAKTA SEBENARNYA!

Menurut Kementerian Kesehatan RI, ada peningkatan kasus penyakit HIV (Human Immunodeficiency Virus) di Indonesia pada tahun 2023. Berdasarkan data mereka, korban atau penderita HIV ini didominasi oleh kelompok ibu rumah tangga. Masalah kesehatan HIV ini sejak dahulu sangat ditakuti oleh masyarakat karena dianggap berbahaya, jika demikian apakah HIV bisa sembuh?

Peningkatan jumlah penderita HIV ini tentu menjadi perhatian pemerintah karena lama-lama dapat meresahkan masyarakat sekitar. Kemenkes RI mengatakan bahwa jumlah ibu rumah tangga yang menderita HIV bisa mencapai 35%. Angka ini ternyata lebih tinggi daripada kelompok suami pekerja seks, MSM (man sex with man), dan lain sebagainya.

Apakah HIV Bisa Sembuh?

HIV adalah virus yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh, caranya dengan menghancurkan sel CD4. Semakin banyak sel CD4 yang terinfeksi, maka daya tahan tubuh akan semakin melemah. Akibatnya, penderita HIV biasanya rentan terserang berbagai penyakit.

Infeksi HIV yang tidak segera ditangani nantinya akan berkembang pada penyakit yang lebih serius, yaitu AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome). AIDS adalah stadium akhir pada infeksi HIV, di mana tubuh penderita sudah tidak mampu untuk melawan infeksi lagi.

HIV ini bisa disebut dengan penyakit seumur hidup. Artinya, sekalinya seseorang terinfeksi HIV, maka virus ini akan menetap di dalam tubuh selama hidupnya. Sampai sekarang belum ada pengobatan yang bisa benar-benar mengatasi HIV.

Penyebab dan Gejala HIV

Melalui penjelasan di atas, pertanyaan apakah HIV bisa sembuh sebenarnya sudah terjawab, yaitu tidak bisa. Oleh karena itu, Sobat Sehat harus berhati-hati dengan penularan HIV agar kesehatan tetap terjaga. Salah satunya dengan mengenali penyebab dan gejala dari HIV.

Penyebab utama dari infeksi HIV adalah tertular virus dari penderita HIV langsung. Penularan HIV ini bisa terjadi dengan beberapa cara, seperti hubungan seks yang berisiko, penggunaan jarum suntik, dan transfusi darah. Selain itu, seorang ibu juga bisa menularkan virus HIV kepada anak selama masa kehamilan.

Gejala dari HIV ini ditandai dengan 3 tahapan, di mana bisa terjadi dalam waktu yang lama. Tahap pertama ketika terkena virus HIV, seseorang akan mengalami demam, sakit tenggorokan, nyeri otot, timbul ruam, dan mudah terserang flu.

Pada tahap kedua, gejala HIV sebenarnya masih sama, tapi biasanya akan berlangsung selama kurang lebih 10 tahun. Jika tidak segera ditangani, virus akan menyebar dan sistem kekebalan tubuh semakin rusak.

Tahap ketiga sendiri infeksi HIV sudah parah dan mulai memasuki keadaan AIDS. Beberapa gejalanya adalah demam berkepanjangan, tubuh selalu terasa lemas, sulit bernapas, mudah terserang infeksi jamur, mengalami diare kronis, dan berat badan turun drastis.

Tips Menjalani Hidup dengan HIV

Dengan mengetahui jawaban dari apakah HIV bisa sembuh, penyebab, dan gejala HIV, harapannya Sobat Sehat bisa menghindari penyakit tersebut. Namun, apabila sudah terlanjur terkena infeksi, Sobat Sehat tidak perlu panik karena ada beberapa cara untuk memperpanjang harapan hidup.

Berikut tips-tips meningkatkan kualitas hidup walau memiliki HIV:

  • Minum obat antiretroviral (ART) dengan rutin. Obat ini bisa membantu sistem imun tubuh untuk melawan infeksi dan menurunkan risiko penyebaran virus.

  • Menjaga berat badan pada angka ideal agar tidak memperburuk penyakit.

  • Berolahraga secara rutin bisa meningkatkan kebugaran tubuh dan sistem kekebalan tubuh.

  • Hindari asap rokok dan minuman beralkohol.

  • Melengkapi segala jenis imunisasi.

  • Konsumsi makanan yang tinggi nutrisi, seperti sayur, telur, susu, buah, dan biji-bijian. Hal ini juga bisa ditambah dengan suplemen vitamin dan mineral yang baik untuk penderita HIV, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, magnesium, selenium, zinc, asam lemak omega-3, dan lain-lain.

Tentu saja dalam mendapatkan suplemen vitamin dan mineral ini harus dari tempat yang terjamin keasliannya, seperti Apotek K-24. Hal ini untuk memastikan bahwa kesehatan penderita HIV selalu terjaga.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai apakah HIV bisa sembuh, gejala penyakit, penyebabnya, dan beberapa tips menjalani hidup dengan HIV, semoga dapat bermanfaat.