BERITA COVID HARI INI: WHO CABUT STATUS DARURAT GLOBAL COVID-19

Pengumuman WHO mengenai kasus coronavirus menjadi berita COVID hari ini yang tengah banyak diperbincangkan. Pada Jumat, 5 Mei 2023, WHO, selaku organisasi kesehatan dunia, mencabut status darurat kesehatan global COVID-19 secara resmi. Pernyataan ini dinyatakan langsung oleh Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, saat konferensi pers.

Status darurat kesehatan global untuk COVID-19 ini diumumkan pertama kali oleh WHO 3 tahun lalu, tepatnya pada 30 Januari 2020. Selama perjalanannya, masalah kesehatan karena COVID-19 sudah merenggut lebih dari 6,9 juta jiwa di seluruh dunia. Melalui pertimbangan yang panjang, persoalan COVID-19 sudah tidak lagi menjadi darurat kesehatan secara global.

Berita COVID Hari Ini: Pertimbangan WHO mengenai Status Darurat Kesehatan COVID-19

Setelah mengadakan musyawarah bersama Komite Darurat Badan Kesehatan Global, WHO resmi mencabut status Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) untuk COVID-19. Hal ini menandakan bahwa pandemi sudah berakhir dan penyebaran COVID-19 bukan menjadi kegawatdaruratan kesehatan secara global.

Menurut Tedros, penanganan COVID-19 sekarang sudah diberlakukan seperti penyakit menular pada umumnya. Ada beberapa alasan atau pertimbangan yang membuat WHO mengambil keputusan tersebut, di antaranya:

a. Risiko COVID-19 Menurun

Pada tahun-tahun sebelumnya, infeksi dari virus corona dapat mengancam nyawa dan menjadi masalah kesehatan global. Namun, kini tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyebaran COVID-19 sudah tinggi.

Hal ini tentu saja berkat peran vaksin yang secara efektif bisa menurunkan risiko penyakit infeksi virus corona. Pada tahun 2021, kematian akibat COVID-19 bisa mencapai 100.000 orang per minggu. Namun, pada tahun 2023, tingkat kematian karena penyakit ini tercatat hanya berjumlah 3.500 orang per minggu.

b. Tingkat Virulensi COVID-19 Sudah Stabil

Berita covid hari ini juga mencatat bahwa tingkat virulensi dari coronavirus ini sudah cenderung stabil. Seperti yang telah terjadi, coronavirus mengalami banyak sekali mutasi varian yang dampaknya sendiri bermacam-macam.

Dulunya dampak dari mutasi virus ini dianggap sangat parah, kini pengaruh infeksi sudah stabil dan terkendali. Kondisi ini diperlihatkan dengan gejala COVID-19 sekarang yang terbilang lebih ringan daripada varian sebelumnya.

c. Penanganan COVID-19 Sudah Lebih Baik

WHO menganggap bahwa penanganan secara klinis terhadap penyakit COVID ini sudah jauh lebih baik daripada sebelumnya. Sebagian besar negara di seluruh dunia sudah mempunyai ruang isolasi, ruang inap, dan ruang perawatan intensif di rumah sakit.

Adanya berbagai fasilitas ini menandakan bahwa sudah banyak tenaga kesehatan yang ahli dalam mengatasi dan merawat pasien COVID-19.

Kasus COVID Hari Ini di Indonesia

Walaupun status kedaruratan ini telah dicabut, WHO dan Kemenkes RI tetap menghimbau masyarakat Indonesia untuk tidak lengah terhadap virus corona. Sebab, sampai pada hari Minggu, 7 Mei 2023 kemarin ada kasus COVID-19 baru sebanyak 1.295 di Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI menyambut keputusan WHO tentang pencabutan Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) untuk COVID-19 dengan baik. Kendati demikian, pemerintah Indonesia tetap mengedepankan kesiapsiagaan dan kewaspadaan.

Sebab, bebas dari COVID-19 bukan berarti kita lepas sepenuhnya. Selain itu, WHO dan Kemenkes RI mengatakan perlunya masa transisi untuk penanganan COVID-19 dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, jangan sampai lengah dalam melawan virus corona ini. Walau sudah terbebas, Sobat Sehat tetap disarankan untuk melakukan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

Sobat Sehat bisa belanja barang-barang untuk protokol kesehatan di Apotek K-24. Tidak hanya lengkap, Apotek-24 juga menyediakan berbagai obat dan alat kesehatan yang aman untuk digunakan masyarakat Indonesia.

Jadi, tidak perlu khawatir untuk datang ke Apotek K-24, baik pada pagi, siang atau malam hari. Demikian berita covid hari ini, semoga dapat bermanfaat dan meningkatkan kewaspadaan Sobat Sehat.