APAKAH MENELAN SPERMA BISA HAMIL? TEMUKAN FAKTA MENARIKNYA DI SINI!

Berhubungan intim memang tidak selalu hanya persoalan penis dan vagina saja. Sebab, ada sebagian orang yang menemukan kenikmatan dengan menggunakan mulut. Keadaan ini bisa disebut dengan oral seks. Alhasil, tak jarang ada pasangan yang tanpa sengaja pernah menelan sperma ketika berhubungan intim. Hal ini menimbulkan pertanyaan seperti apakah menelan sperma bisa hamil?

Walaupun menimbulkan sensasi nikmat pada pria, oral seks ini juga terkadang membuat rasa was-was untuk pihak perempuan. Apalagi jika pihak perempuan sedang dalam keadaan ingin menunda kehamilan terlebih dahulu. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai sperma yang tertelan agar Sobat Sehat bisa lebih berhati-hati.

Apakah Menelan Sperma Bisa Hamil?

Sperma merupakan sel-sel penting dalam cairan berwarna putih yang biasanya akan keluar ketika seorang pria melakukan ejakulasi. Umumnya, sel sperma dalam air manilah yang bekerja untuk membuahi sel telur sehingga seorang perempuan bisa hamil.

Artinya, air mani dan sperma ini sangat penting ketika Sobat Sehat ingin mempunyai keturunan. Di lain pihak, sperma juga banyak ditakuti karena dapat menyebabkan kehamilan. Bagi Sobat Sehat yang masih awam dengan oral seks, pasti bertanya-tanya apakah menelan sperma bisa hamil?

Ternyata jawabannya TIDAK.

Menurut Medical News Today, menelan sperma tidak akan menyebabkan perempuan hamil karena sistem pencernaan tidak terhubung dengan sistem reproduksi. Saat seseorang menelan sperma, cairan berwarna putih ini akan masuk ke kerongkongan dan diolah oleh sistem pencernaan.

Selain itu, kemungkinan besar cairan asam lambung akan membunuh sel sperma saat sampai di lambung. Alhasil, sel tersebut tidak akan berfungsi lagi. Pada dasarnya, untuk terjadi kehamilan, sel sperma pada air mani harus bertemu langsung dengan sel telur di dalam rahim.

Proses tersebut hanya akan terjadi ketika pasangan suami istri melakukan penetrasi langsung ketika berhubungan intim. Tidak semua hubungan seksual akan berujung dengan kehamilan, seperti oral seks, anal seks, stimulasi dengan tangan, dan vaginal seks yang menggunakan alat kontrasepsi,

Bahaya Menelan Sperma untuk Kesehatan

Melalui penjelasan di atas, pertanyaan apakah menelan sperma bisa hamil sudah terjawab. Namun, pertanyaan selanjutnya adalah apakah menelan sperma atau air mani ini berbahaya?

Menurut Andrology Center India, air mani mengandung air, asam amino, vitamin B-12, natrium, asam amino, fruktosa, kalsium, zinc, dan zat besi. Melihat beberapa kandungan tersebut, menelan sperma tidaklah berbahaya.

Namun, berbeda keadaan kalau pasangan pria ternyata mempunyai penyakit atau infeksi yang bisa menular. Berdasarkan National Health Service UK, ada beberapa infeksi menular seks yang bisa terjadi melalui oral seks, yaitu:

  • Gonore

  • Sifilis

  • Herpes

  • Infeksi Human Papillomavirus (HPV)

Tips Melakukan Oral Seks yang Aman untuk Kesehatan

Menelan air mani atau sperma memang tidak akan menyebabkan kehamilan, tapi hal tersebut bisa menimbulkan risiko gangguan kesehatan. Salah satu cara ampuh untuk mencegah penularan infeksi menular seksual adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual melalui rongga mulut.

Apabila Sobat Sehat tetap ingin melakukan oral seks, maka tips yang aman adalah dengan memakaikan kondom pada penis. Sebelum menggunakan kondom, Sobat Sehat perlu memastikan bahwa kondom dalam keadaan yang baik dan tidak kadaluarsa.

Penggunaan kondom dapat mencegah perpindahan bakteri dari alat reproduksi ke dalam mulut. Selain itu, meminimalisir tertelannya sperma ke dalam sistem pencernaan. Untuk mendapatkan kondom yang aman, Sobat Sehat bisa datang langsung ke Apotek K-24.

Namun, apabila merasa malu-malu untuk datang langsung, Sobat Sehat bisa membeli kondom melalui aplikasi Apotek K-24 di K24Klik. Demikian penjelasan untuk menjawab pertanyaan apakah menelan sperma bisa hamil, semoga dapat bermanfaat.