APA ITU KONDOM? DAN BAGAIMANA CARA MEMAKAI KONDOM AGAR TIDAK BOCOR?

Sebagian besar orang dewasa mungkin sudah tidak asing dengan alat yang bernama kondom dan bagaimana kegunaannya. Kendati demikian, masih banyak orang yang menganggap bahwa kata “kondom” ini sedikit tabu, apalagi di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Padahal, keberadaan kondom sangatlah penting untuk kesehatan. Lalu sebenarnya apa itu kondom?

Terkadang ada orang yang masih malu-malu untuk menyebut kondom karena fungsinya yang terbilang terlalu privasi. Pada kenyataannya, pengetahuan Sobat Sehat mengenai kondom bisa sangat berguna untuk kehidupan di masa depan, baik dalam berkeluarga atau berhubungan intim. Yuk, simak penjelasan lengkap tentang kondom berikut ini.

Apa itu Kondom?

Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi yang paling populer digunakan pasangan suami istri. Hal ini dikarenakan bentuknya yang sangat fleksibel dan mudah untuk ditemukan. Umumnya, alat kontrasepsi ini terbuat dari bahan lateks atau poliuretan yang kemudian dipasang pada alat kelamin untuk perlindungan.

Biasanya kondom digunakan oleh pria sehingga bentuknya dibuat seperti tabung. Kondom bisa Sobat Sehat temukan dengan ukuran dan tekstur yang berbeda-beda, sesuai dengan pilihan pribadi.

Bahan karet pada kondom bertujuan untuk menghalangi air mani agar tidak bertemu dengan mikroorganisme lain yang ada di dalam vagina. Ada beberapa manfaat dari kondom, yaitu:

  • Bisa mencegah kehamilan.

  • Mencegah penularan penyakit seksual yang bisa menular, seperti HIV/AIDS.

  • Membantu para pria yang mengalami ejakulasi dini.

  • Meningkatkan kenyamanan dan sensasi selama berhubungan intim dengan pasangan.

Cara Memakai Kondom agar Tidak Bocor

Apa itu kondom dan manfaatnya ini bisa didapatkan dengan optimal apabila Sobat Sehat menggunakannya dengan benar. Namun, pada kenyataanya masih banyak orang yang belum paham tentang pentingnya penggunaan kondom dengan benar.

Berikut cara memakai kondom agar tidak bocor sehingga dapat mencegah kehamilan:

  1. Buka kemasan kondom dengan perlahan, hindari penggunaan gunting atau gigi saat membukanya. Ambil kondom.

  2. Jepit ujung kondom yang berada di tengah menggunakan jari, hal ini bertujuan untuk mencegah udara masuk.

  3. Kemudian tempatkan kondom di kepala penis. Pastikan penis sudah ereksi dengan sempurna ketika memakai kondom.

  4. Buka gulungan kondom ke bagian pangkal penis dengan lembut.

  5. Setelah selesai berhubungan intim, segera keluarkan penis dengan menahan kondom pada pangkal penis agar tidak terlepas.

  6. Setelah keluar semuanya, tarik kondom dari penis, jangan sampai sperma keluar dari kondom. Bungkus kondom bekas menggunakan tisu dan lalu buang.

Dapatkan Kondom di Apotek K-24

Selain apa itu kondom dan cara menggunakannya yang benar, terdapat beberapa hal yang perlu Sobat Sehat perhatikan saat menggunakan kondom. Berikut beberapa anjuran dan larangan yang berhubungan dengan kondom:

  • Periksa tanggal kadaluarsa kondom sebelum memakainya.

  • Pilih kondom yang sudah terdaftar di BPOM dan sudah dilengkapi dengan pelumas agar minim risiko rusak.

  • Simpan kondom di tempat yang sejuk dan kering.

  • Hindari menyimpan kondom di dalam dompet karena tekanan dan suhu panas bisa merusak kondom.

  • Jangan memakai satu kondom lebih dari sekali, segera buang setelah kondom selesai digunakan.

  • Hindari kondom yang mengandung spermisida karena bisa menyebabkan iritasi.

Untuk memastikan kondom yang Sobat Sehat gunakan ini aman dan bisa bekerja dengan maksimal, belilah kondom di Apotek K-24. Jenis dan harga kondom yang ada di Apotek K-24 ini bermacam-macam, jadi Sobat Sehat bisa mengeksplornya lebih jauh.

Bahkan, Sobat Sehat juga bisa berkonsultasi dengan apoteker di Apotek K-24 terlebih dahulu untuk melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing kondom. Dengan demikian, Sobat Sehat bisa mendapatkan kondom yang sesuai dengan keinginan dan berhubungan intim pun menjadi lebih nikmat.

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu kondom, kegunaan, dan bagaimana cara memakainya dengan benar. Mari jaga kesehatan reproduksi bersama Apotek K-24!.