4 CEK KESEHATAN SETELAH LEBARAN UNTUK CEGAH PENYAKIT BERBAHAYA

Momen lebaran telah usai dan kini sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mulai kembali ke rutinitas. Namun, sebelum kembali menjalankan aktivitas harian, Sobat Sehat perlu melakukan cek kesehatan tubuh terlebih dahulu, lho. Sebab, makanan khas lebaran yang sering dikonsumsi biasanya mengandung garam, lemak, dan kolesterol yang kurang baik untuk kesehatan.

Fenomena mengalami masalah kesehatan setelah merayakan lebaran ternyata dialami oleh banyak orang. Umumnya, hal ini dikarenakan Sobat Sehat yang sering kalap ketika mengonsumsi makanan setelah 1 bulan puasa. Jadi, apa saja yang menggugah selera akan dimakan karena balas dendam saat puasa tidak bisa makan dengan puas.

Cek Kesehatan yang Wajib Dilakukan

Padahal kebiasaan makan tanpa batasan ini tidaklah baik untuk kesehatan, baik sekarang atau di masa depan. Keadaan ini bisa mengundang beberapa penyakit yang tidak diinginkan. Sebagai langkah pencegahan, Sobat Sehat dapat melakukan medical check-up secara sederhana.

Berikut beberapa pemeriksaan kesehatan yang bisa Sobat Sehat lakukan setelah dirasa banyak mengonsumsi makanan tidak sehat:

1. Cek Tekanan Darah

Tekanan darah merupakan salah satu cara dalam mendeteksi risiko penyakit hipertensi, stroke, dan penyakit jantung sejak dini. Bagi orang yang tidak memiliki masalah kesehatan, cek tekanan darah ini dapat dilakukan setiap 1 tahun sekali.

Tekanan darah yang normal biasanya berada di bawah angka 140/90 mmHg untuk orang di bawah umur 60 tahun. Sedangkan orang dengan usia di atas 60 tahun harus di bawah 150/90 mmHg.

2. Cek Gula Darah

Cek kesehatan yang wajib dilakukan selanjutnya adalah pengecekan kadar gula darah. Tinggi atau rendahnya gula darah dalam tubuh menjadi parameter kesehatan. Maka dari itu, pemeriksaan gula darah tidak hanya dilakukan oleh para penderita diabetes saja.

Selain itu, diabetes merupakan penyakit yang berbahaya karena setelah terkena Sobat Sehat tidak bisa sembuh seperti sedia kala. Bahkan, diabetes ini mendapat sebutan sebagai silent killer karena hanya menunjukkan gejala jika sudah parah. Kadar gula darah dalam tubuh yang normal biasanya berada di angka 70-100 mg/dL.

3. Cek Kolesterol

Pemeriksaan terhadap kolesterol menjadi cek kesehatan yang harus dilakukan setelah momen lebaran. Lemak dan kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, tapi kalau jumlahnya berlebihan bisa memicu penyakit jantung dan menyumbat pembuluh darah.

Tes kolesterol ini biasanya meliputi pengukuran 4 jenis lemak, yaitu kolesterol baik (HDL), kolesterol jahat (LDL), trigliserida, dan kolesterol total. Pemeriksaan kolesterol ini sangat perlu dilakukan, apalagi jika Sobat Sehat banyak mengonsumsi makanan berlemak dan bersantan.

4. Cek Asam Urat

Asam urat merupakan senyawa alami yang tubuh produksi akibat dari penguraian zat purin makanan dan minuman. Dalam angka yang normal, asam urat tidak akan menimbulkan masalah. Sebaliknya, terlalu banyak asam urat bisa membentuk kristal di persendian dan menyebabkan peradangan.

Setiap kelompok orang memiliki angka normal untuk asam urat yang berbeda, seperti:

  • Perempuan: 2,4-6,0 mg/dL

  • Laki-laki: 3,4-7,8 mg/dL

  • Anak-anak: 2,0-5,5 mg/dL

Nah, itu dia 4 cek kesehatan tubuh yang wajib dilakukan setelah Sobat Sehat merayakan momen lebaran bersama keluarga besar atau orang terdekat. Perlu Sobat Sehat tahu bahwa kesehatan ini sangat mahal harganya. Apalagi jika sudah sakit dan ingin kembali ke kondisi sehat, hal ini akan lebih mahal lagi biayanya.

Maka dari itu, medical check-up ini sangat penting karena dapat menjadi salah satu langkah untuk mencegah terjadinya penyakit berbahaya. Tanpa perlu ke rumah sakit, Sobat Sehat bisa mendatangi Apotek K-24 terdekat untuk melakukan 4 cek kesehatan di atas.

Apotek K-24 membuka layanan cek tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol, dan asam urat bagi yang membutuhkan. Tentu saja layanan ini dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman sehingga tidak perlu ragu dengan hasilnya.

 Yuk, cegah penyakit sejak dini bersama Apotek K-24!