OBAT SIRUP ASAM LAMBUNG, APA SAJA YANG AMAN UNTUK DIKONSUMSI?

Sakit asam lambung memang tidak berbahaya karena masih masuk dalam penyakit yang ringan. Namun, tanpa penanganan yang tepat masalah perut ini dapat berkembang dan membahayakan kesehatan. Dalam menangani asam lambung, banyak orang menggunakan obat, khususnya obat sirup asam lambung. Apakah jenis obat-obatan ini aman dikonsumsi?

Ketika sakit asam lambung menyerang, Sobat Sehat biasanya akan merasakan rasa terbakar di ulu hati, perut kembung, mual, dan adanya rasa pahit di ujung lidah. Salah satu penyebabnya adalah banyak makan makanan berlemak tinggi, berminyak, pedas, minum minuman kafein, dan stres. Oleh karenanya, pada momen lebaran ini banyak yang mungkin mengalami asam lambung naik.

Obat Sirup Asam Lambung untuk Mengatasi

Meskipun tidak berbahaya untuk kesehatan, asam lambung yang naik bisa menyebabkan rasa tidak nyaman. Bahkan, pada beberapa kasus, penderita asam lambung ada yang tidak tahan dengan rasa sakitnya hingga malas untuk beraktivitas.

Berdasarkan The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, asam lambung sebenarnya dapat ditangani menggunakan cara alami atau obat bebas. Ada beberapa jenis obat asam lambung yang dapat Sobat Sehat gunakan, yaitu:

  • Antasida, bekerja dengan cara menetralkan asam lambung sehingga asam lambung yang naik bisa reda.

  • Histamine blocker (H2 blocker), jenis obat ini bekerja dengan mengurangi produksi asam lambung dan menghambat kerja dari reseptor histamine 2.

  • Proton Pump Inhibitor (PPI), sama dengan sebelumnya, PPI berfungsi mengurangi produksi asam lambung dengan menghambat enzim khusus yang ada di dinding lambung.

Dari ketiga jenis obat di atas, antasida merupakan obat yang populer karena sering digunakan untuk pengobatan awal. Selain itu, obat dengan jenis antasida ini banyak yang berbentuk sirup atau cair, sehingga mudah untuk dikonsumsi.

Obat sirup asam lambung ini tentu aman untuk dikonsumsi. Sobat Sehat tidak perlu khawatir untuk membeli dan mengonsumsi obat sirup dari apotek lagi. Sebab, Kementrian Kesehatan dan BPOM sudah melakukan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan keamanan obat sirup.

Rekomendasi Obat Sirup Asam Lambung di Apotek K-24

Apotek K-24 tentu hanya menyediakan jenis obat-obatan yang aman dan berkualitas bagi Sobat Sehat semua. Jadi, tak perlu khawatir lagi untuk berbelanja obat di Apotek K-24 terdekat. Berikut adalah beberapa rekomendasi obat asam lambung yang berbentuk sirup:

  • Promag Cair

  • Mylanta Cair

  • Polysilane Sirup

  • Polycrol Sirup

  • Farmacrol Forte

  • Gastrucid Suspensi Sirup

  • Gastrinal HD Suspensi Sirup

  • Plantacid Forte Sirup

Dilansir dari International Foundation for Gastrointestinal Disorders, antasida dalam bentuk sirup bekerja lebih cepat daripada obat dalam bentuk tablet. Hal inilah yang membuat banyak orang suka menggunakan obat sirup.

Oleh karena itu, tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakan obat sirup karena sudah aman. Demikian ulasan mengenai obat sirup asam lambung, semoga dapat bermanfaat.