APA PENYEBAB MATA KERING DAN SOLUSINYA?

Selain mabuk perjalanan, ada masalah kesehatan yang sering terjadi ketika melakukan mudik, yaitu mata kering atau terasa perih. Mata kering ini sangat rentan bagi orang yang sedang dalam perjalanan, apalagi jika menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor dan mobil. Lalu apa sebenarnya penyebab mata kering dan solusinya?

Secara umum, mata kering merupakan suatu keadaan saat mata tidak mendapatkan pelumas atau air mata yang cukup. Tentu saja kondisi ini membuat penderita merasa tidak nyaman. Bahkan, jika dibiarkan, mata kering ternyata dapat merusak permukaan bola mata. Masalah mata kering ini bisa terjadi pada siapa saja, baik laki-laki atau perempuan.

Penyebab Mata Kering dan Solusinya

Pada kondisi normal, air mata akan mengalir ke permukaan dengan mudah ketika Sobat Sehat mengedipkan mata. Namun, ada di mana produksi air mata ini mengalami gangguan. Alhasil, mata tidak mendapatkan pelumasnya dengan baik hingga menyebabkan terjadinya mata kering.

Apakah kondisi ini berbahaya untuk kesehatan? Berikut ulasannya:

a. Penyebab Mata Kering

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa penyebab utama dari mata kering adalah mata tidak mendapatkan pelumas dari air mata dengan cukup. Namun, ada beberapa faktor yang mendorong hal tersebut, apa saja?

Pertama, adanya penurunan produksi air mata oleh kelenjar mata. Penurunan ini bisa terjadi karena beberapa kondisi, seperti usia tua, penyakit tertentu, konsumsi obat-obatan tertentu, hingga ada kerusakan pada kelenjar air mata.

Kedua, terjadi peningkatan penguapan pada air mata. Air mata sebenarnya terdiri dari berbagai komponen, salah satunya minyak. Nah, apabila salah satu komponen ini tidak bisa terproduksi, maka air mata akan menguap lebih cepat.

Hal tersebut biasanya terjadi ketika ada gangguan pada kelopak mata, alergi mata, cuaca kering, kekurangan vitamin A, hingga terkena polusi udara.

b. Cara Mengatasi Mata Kering saat Perjalanan Mudik

Melalui penjelasan di atas, mata kering saat perjalanan mudik bisa disebabkan karena paparan polusi udara dan udara yang terlalu kering. Penyebab mata kering dan solusinya ini dapat Sobat Sehat tangani dengan mudah.

Mengatasi mata kering perlu dilakukan dengan cepat karena jika tidak bisa menyebabkan rasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman yang dirasakan biasanya seperti mata merah, mata terasa panas, mata mengganjal, mudah mengalami iritasi, dan sensitif terhadap sinar matahari.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi mata kering ketika sedang dalam perjalanan:

  • Menggunakan obat tetes mata sebelum berkendara agar mata bisa terasa lebih basah. Sebaiknya memakai obat tetes yang terdapat label “air mata buatan” agar mata tidak mudah kering.

  • Ketika melakukan perjalanan mudik, lebih baik jika menggunakan kacamata daripada lensa kontak. Sebab, kacamata tidak akan mempermudah mata menjadi kering.

  • Biasakan untuk mengedipkan mata lebih sering ketika berkendara.

  • Apabila, Sobat Sehat memilih mudik pada siang hari, maka gunakan kacamata hitam yang melindungi dari UVA dan UVB.

  • Jauhkan ventilasi mobil agar tidak langsung mengenai wajah jika menggunakan mobil untuk perjalanan.

  • Istirahat setiap 4 jam sekali untuk mobil dan 2 jam untuk pengendara motor. Mengistirahatkan mata sesaat dapat mencegah dan mengatasi mata kering sekaligus.

Nah, itu dia beberapa penyebab mata kering dan solusinya yang dapat Sobat Sehat lakukan jika sedang melakukan perjalanan mudik. Beberapa produk obat tetes mata sendiri tersedia lengkap di Apotek K-24.

Sebelum memilih produk, pastikan Sobat Sehat berkonsultasi terlebih dahulu dengan apoteker di Apotek K-24, ya. Layanan ini dapat dilakukan langsung di gerai atau melalui layanan konsultasi online lewat whatsapp. Yuk, jadikan perjalanan mudik tahun ini lebih nyaman bersama Apotek K-24.