6 CARA SUPAYA TIDAK MABUK PERJALANAN YANG PENTING UNTUK DIKETAHUI

Tradisi menjelang lebaran yang tidak bisa ditinggalkan adalah mudik atau pulang ke kampung halaman. Rasanya tidak akan puas jika momen lebaran tidak dihabiskan dengan bertemu keluarga besar. Sayangnya, ada yang sangat mengganggu ketika melakukan perjalanan mudik, yaitu mabuk perjalanan. Jika demikian, bagaimana cara supaya tidak mabuk perjalanan?

Mabuk perjalanan tidak hanya dialami oleh anak-anak saja, tapi orang dewasa pun juga bisa merasakannya. Selain itu, mabuk perjalanan juga bisa terjadi ketika mengendarai mobil, bus, kereta, kapal, maupun pesawat. Meskipun mabuk perjalanan ini tidak berbahaya, tetapi keadaan ini dapat membuat tubuh dan perjalanan tidak nyaman.

Cara supaya Tidak Mabuk Perjalanan

Penyebab utama mabuk perjalanan adalah adanya sinyal campuran yang didapat oleh otak dari mata dan telinga. Ketika berada di perjalanan, tubuh Sobat Sehat hanya diam tapi mata dan telinga seolah sedang bergerak dan merasakan sekitarnya.

Alhasil, otak pun berusaha mencari kesalahan yang ada di dalam tubuh dan biasanya berakhir dengan kesimpulan tubuh sedang keracunan. Akibatnya, otak akan bereaksi untuk mengeluarkan racun dengan mengirim sinyal mual dan pusing.

Namun, tenang saja karena mabuk perjalanan ini sebenarnya dapat Sobat Sehat cegah, bagaimana caranya? Berikut beberapa cara supaya tidak mabuk perjalanan:

1. Siapkan Aromaterapi

Menggunakan aromaterapi ternyata dapat membantu dalam mengurangi rasa mual dan tidak nyaman saat perjalanan. Aromaterapi ini dapat Sobat Sehat dapatkan melalui minyak esensial, seperti minyak kayu putih, lavender, dan lain sebagainya.

2. Istirahat Sebelum Melakukan Perjalanan

Melakukan perjalanan mudik pastinya menguras tenaga yang banyak, terutama jika menggunakan kendaraan pribadi. Oleh karena itu, maksimalkan waktu istirahat sebelum memulai perjalanan agar tubuh tetap fit dan mempunyai energi yang maksimal.

Sebab, ketika kurang istirahat, tubuh akan mudah mengalami mual dan pusing kepala.

3. Hindari Membaca Buku atau Bermain Ponsel ketika Perjalanan

Percaya atau tidak bahwa kebiasaan membaca buku dan bermain ponsel ternyata dapat menyebabkan mual dan pusing. Kebiasaan tersebut menimbulkan ketidakselarasan antara telinga dan mata.

Saat mata fokus pada satu titik, di situ tubuh akan berusaha untuk menyeimbangkan posisi saat ada guncangan. Hal inilah yang menyebabkan rasa mual dan pusing kepala. Oleh karena itu, cara supaya tidak mabuk perjalanan yang efektif adalah mengurangi waktu untuk membaca atau bermain ponsel.

4. Mengatur Posisi Duduk yang Nyaman

Posisi duduk yang salah juga menjadi salah satu penyebab mabuk perjalanan. Contohnya saat Sobat Sehat membelakangi atau menghadap samping, hal ini akan memperparah mabuk perjalanan. Maka dari itu, carilah tempat duduk yang menghadap depan dan hindari menghadap ke belakang.

5. Berikan Udara Segar

Jika ada mudik, maka kemacetan juga pasti terjadi. Melakukan perjalanan jauh yang ditambah dengan macet pastinya membuat Sobat Sehat bosan dan penat. Cara untuk mengatasi rasa suntuk dan bosan ini adalah dengan mencari udara segar.

Apabila menggunakan transportasi darat, sebaiknya buka sedikit jendela agar bisa menghirup udara segar. Langkah ini juga dapat mengurangi rasa mual dan pusing.

6. Minum Obat untuk Mabuk Perjalanan

Cara supaya tidak mabuk perjalanan yang paling ampuh adalah dengan mengonsumsi obat mabuk perjalanan. Hal ini karena mabuk perjalan bukanlah kondisi yang serius dan bisa hilang dengan mudah jika menggunakan obat mabuk.

Berikut beberapa contoh obat mabuk perjalanan paling ampuh di Apotek K-24:

  • ANTIMO

  • CONTRAMO

Namun, perlu Sobat Sehat ketahui bahwa obat mabuk ini memiliki efek samping yang menyebabkan rasa kantuk. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi obat mabuk jika Sobat Sehat mempunyai tanggung jawab untuk mengemudikan kendaraan.

Itulah tips-tips menarik yang bisa mencegah mabuk perjalanan ketika pulang kampung ke rumah orang tua. Yuk, selalu jaga kesehatan selama mudik perjalanan agar nantinya bisa menikmati momen lebaran bersama keluarga.