5 CARA MENGATASI BADAN PEGAL DAN CAPEK SAAT PERJALANAN MUDIK

Melakukan perjalanan mudik ketika menjelang lebaran memang cukup menguras tenaga dan waktu. Banyak diantara para pemudik yang mengeluhkan badan capek dan mengalami pegal-pegal di beberapa bagian. Rasa lelah ini tentu bisa mengganggu konsentrasi di perjalanan. Lalu bagaimana cara mengatasi badan pegal dan capek ketika mudik ini?

Badan pegal-pegal di perjalanan mudik memang hal yang biasa, mengingat Sobat Sehat tidak mendapat posisi yang nyaman selama berjam-jam. Selain itu, penyebab badan pegal ini karena otot dan sendi yang tidak mendapatkan aliran darah sehingga menjadi lebih kaku. Keadaan ini disebabkan posisi duduk yang terlalu lama, sedikit bergerak, hingga membawa tas yang cukup berat.

Cara Mengatasi Badan Pegal dan Capek

Rasa lelah dan pegal-pegal tentu tidak hanya membuat tubuh tidak nyaman, tapi juga konsentrasi jadi berkurang. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, hal ini cukup berbahaya. Bahkan, rasa lelah yang tidak segera ditangani bisa membuat tubuh Sobat Sehat tidak bugar ketika sampai di tujuan.

Oleh karena itu, lebih baik untuk cepat-cepat mengatasi rasa pegal-pegal ini. Bagaimana caranya? Inilah beberapa cara ampuhnya:

1. Mengubah Posisi Duduk

Posisi duduk yang sama terlalu lama, seperti terlalu tegak, bertumpu, atau membungkuk ternyata bisa membuat otot-otot menjadi lebih kaku. Apalagi pada area-area yang ditekuk terus-menerus, seperti lutut dan bahu.

Oleh karena itu, ubah posisi duduk dengan menurunkan sandaran kursi hingga punggung terasa nyaman. Lalu gunakan bantal untuk menyangga pinggang dan luruskan kaki. Selain itu, sebaiknya taruh tas di penyimpanan barang, jangan meletakkannya di atas paha.

2. Beri Pijatan yang Lembut

Cara mengatasi badan pegal dan capek yang selanjutnya adalah melakukan pijatan lembut pada bagian-bagian tertentu. Sobat Sehat bisa memijat sendiri atau meminta bantuan kepada teman satu perjalanan untuk memijatnya.

Cara memijatnya adalah tekan bagian tubuh yang terasa pegal dengan jari secara kuat. Lalu gerakkan jari berlawanan arah atau memutar dengan perlahan-lahan. Lakukan gerakan tersebut selama 3 sampai 5 menit.

3. Lakukan Peregangan yang Ringan

Melakukan peregangan di kursi tempat duduk ternyata bisa mengurangi pegal-pegal di tubuh ketika perjalanan mudik. Ada beberapa jenis peregangan yang mungkin bisa Sobat Sehat lakukan, yaitu:

  • Putar leher ke arah bawah dan atas secara perlahan dan bergantian.

  • Duduk tegak dan rapatkan kaki, lalu putar tubuh sampai menghadap ke sisi kanan dan sebaliknya.

  • Putar kedua bahu ke depan dan belakang selama beberapa kali.

4. Kompres dengan Benda Hangat

Mengompres badan dengan benda hangat juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi badan pegal dan capek. Hal ini karena kompres hangat dapat melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Alhasil, sendi dan otot yang tadinya kaku bisa menjadi lebih rileks dan nyaman.

Sobat Sehat bisa memanfaatkan handuk yang direndam air hangat atau mengisi botol minum dengan air panas. Letakkan benda hangat tersebut ke bagian tubuh yang terasa pegal-pegal.

5. Oleskan Krim Pegal Linu

Apabila Sobat Sehat malas untuk membuat benda hangat, maka bisa menggunakan krim pegal linu yang biasanya menghasilkan rasa panas. Krim ini dapat membantu mengatasi peradangan dan pegal-pegal selama perjalanan mudik.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan krim pegal linu ini ke bagian tubuh yang terasa capek dan pegal. Sobat Sehat bisa mencari produk-produk krim pegal linu ini di Apotek K-24, baik sebelum perjalanan mudik atau saat di perjalanan.

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi badan pegal dan capek yang ampuh untuk meredakan badan pegal-pegal selama perjalanan mudik. Kondisi badan yang sehat bisa meningkatkan momen kebersamaan dengan keluarga. Yuk, selalu jaga kesehatan tubuh dengan Apotek K-24!