6 TIPS MENJAGA KESEHATAN SAAT MUDIK, DIJAMIN SAMPAI TUJUAN!

Menjelang lebaran pasti ada kebiasaan yang selalu dilakukan oleh masyarakat Indonesia, yaitu mudik atau pulang kampung. Tradisi ini tentu membutuhkan energi yang lebih banyak untuk perjalanan jauh, di mana kesehatan menjadi taruhannya. Oleh karena itu, terdapat beberapa tips menjaga kesehatan saat mudik agar tubuh tetap dalam kondisi yang fit.

Perjalanan mudik tidak hanya membutuhkan stamina, tetapi juga persiapan yang matang. Sebab, ketika melakukan perjalanan panjangan, Sobat Sehat akan lebih rentan terserang masalah kesehatan, seperti mabuk, diare, ISPA, dan lain-lain.

Tips Menjaga Kesehatan saat Mudik

Tidak hanya menguras stamina dan energi, saat perjalanan panjang Sobat Sehat pasti akan banyak bertemu virus, bakteri, dan polusi. Nah, untuk mencegah gangguan-gangguan tersebut, Sobat Sehat harus mempersiapkan beberapa hal agar perjalanan lebih lancar dan aman.

Berikut adalah hal yang perlu Anda pikiran dan siapkan sebelum dan selama mudik berjalan:

Rencanakan Jalur Perjalanan dan Siapkan Kendaraan

Dalam mempersiapkan mudik, sebaiknya pilih rute perjalanan dengan matang. Sobat Sehat perlu mempertimbangkan jalur perjalanan dari segi keamanan dan berapa lama waktu perjalanan yang dibutuhkan.

Jika Sobat Sehat menggunakan kendaraan pribadi, maka periksa terlebih dahulu kelayakan kendaraan. Jangan sampai kendaraan memiliki kekurangan, seperti rem blong, oli kering, dan lain sebagainya. Selain itu, gunakan pengaman yang baik, seperti helm untuk sepeda motor dan sabuk pengaman untuk mobil.

Jangan Makan Sembarangan

Tips menjaga kesehatan saat mudik yang selanjutnya adalah makan makanan yang bernutrisi tinggi dan hindari makan sembarangan. Walaupun makanan di perjalanan atau pinggir jalan sangat menggugah selera, belum tentu makanan ini bersih dari kuman dan bakteri.

Apabila tidak berpuasa, akan lebih aman jika Sobat Sehat memilih untuk membawa bekal sendiri. Namun, apabila terpaksa membeli makanan dan minuman, maka pilih air putih dalam kemasan dan makanan dari rumah makan yang sudah terbukti kebersihannya.

Istirahat jika Tubuh Merasa Lelah

Rasa lelah saat berkendara dan perjalanan memang umum terjadi dan menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan. Tubuh yang lelah akan ditandai dengan beberapa hal, seperti sering menguap, banyak berkedip, hingga kurang fokus pada rute perjalanan.

Oleh karena itu, salah satu tips menjaga kesehatan saat mudik adalah istirahat jika diperlukan. Menurut Kementrian Kesehatan RI, lebih baik istirahat selama 15 menit setelah berkendara dengan mobil selama 4 jam dan setelah 2 jam jika menggunakan motor.

Manajemen Stres yang Baik

Mudik membuat lalu lintas lebih padat dan sering terjadi kemacetan yang berkepanjangan. Kemacetan dan suasana yang panas biasanya bisa membuat seseorang mudah mengalami stres dan emosi yang naik.

Oleh karena itu, selama perjalanan mudik, Sobat Sehat bisa ditemani dengan mendengarkan musik agar suasana hati lebih tenang. Selain itu, bisa juga menggunakan teknik relaksasi sederhana, seperti mengambil napas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan.

Sediakan Kebutuhan Obat-obatan

Tips menjaga kesehatan saat mudik yang sangat penting adalah membawa obat-obatan pribadi yang biasanya dibutuhkan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa perjalanan mudik membuat Sobat Sehat mudah terserang penyakit.

Untuk menghindari risiko gangguan kesehatan ini, Sobat Sehat dianjurkan untuk membawa beberapa macam obat-obatan, seperti obat mabuk, sakit kepala, dan obat pribadi lainnya. Sebelum berangkat, Sobat Sehat bisa datang ke Apotek K-24 terlebih dahulu untuk mendapatkan obat yang diperlukan.

Jangan Lupa Menerapkan Protokol Kesehatan

Walaupun kini suasana sudah kembali normal dan PPKM dicabut, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker dan siap sedia hand sanitizer. Sebab, beberapa hari belakangan ini kasus COVID-19 meningkat kembali karena mobilitas masyarakat.

Maka dari itu, selain obat-obatan, Sobat Sehat juga perlu menyiapkan masker dan hand sanitizer yang cukup. Apabila menggunakan transportasi umum, sebaiknya hindari keramaian dan menjaga jarak aman antar penumpang.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan saat mudik agar perjalanan lebih aman dan kesehatan tetap terjaga. Apabila kesehatan terjaga, maka perjalanan akan lancar dan sampai pada tujuan. Yuk, jaga kesehatan selama mudik dengan Apotek K-24!