6 PERMASALAHAN PEREMPUAN MASA KINI DI BIDANG KESEHATAN

8 Maret 2023 menjadi salah satu momen untuk memperingati Hari Perempuan Internasional. Oleh karenanya, rasanya tidak sempurna kalau tidak membahas tentang apa saja permasalahan perempuan masa kini di bidang kesehatan. Harapannya perempuan di dunia, khususnya di Indonesia, bisa lebih waspada dengan kondisi kesehatan masing-masing.

Umumnya, Hari Perempuan Internasional 2023 digunakan untuk memperingati bagaimana perjuangan para perempuan untuk mendapatkan perdamaian dan kesetaraan hak. Selain hak berpolitik, tentu saja terdapat hak untuk mendapatkan kesehatan dan keamanan. Sebab, kini kesehatan sangatlah penting dan masuk ke dalam kebutuhan primer dalam perjalanannya.

Permasalahan Perempuan Masa Kini dalam Bidang Kesehatan

Meski demikian, dewasa ini masih banyak masalah kesehatan pada perempuan yang menjadi isu penting dan membutuhkan perhatian. Sebenarnya tidak semua perempuan di dunia pasti mengalami gangguan kesehatan yang sama.

Namun, terdapat beberapa penyakit yang banyak dialami oleh para perempuan, baik yang membahayakan nyawa atau tidak. Secara garis besar, hampir kebanyakan penyakit ini menyerang pada sistem reproduksi.

Apa saja masalah-masalah kesehatan yang sering dialami oleh perempuan? Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1. Kanker Payudara

Menurut GLOBOCAN, kanker payudara menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi pada perempuan, khususnya Indonesia. Selain itu, kanker payudara juga merupakan jenis kanker yang paling banyak menyerang perempuan.

Kurang lebih terdapat 1.670.000 orang yang mengalami kanker payudara di dunia, di mana 883.000 kasus ada di negara berkembang dan sisanya di negara maju. Gejala umum kanker payudara yang harus Sobat Sehat waspadai adalah munculnya benjolan pada payudara.

2. Kanker Serviks

Permasalahan perempuan masa kini di bidang kesehatan selanjutnya adalah kanker serviks. Setelah kanker payudara, ada kanker serviks yang menjadi penyebab kematian terbanyak selanjutnya. Pihak WHO sendiri mengatakan bahwa terdapat kurang lebih setengah juta perempuan meninggal karena kanker serviks.

Tidak hanya itu, di antara angka tersebut banyak kasus terjadi di negara-negara berkembanga, Indonesia contohnya. Pemeriksaan kanker sedini mungkin sangat penting agar pertumbuhan sel-sel kanker belum menyebar dan membahayakan nyawa.

3. PCOS

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) merupakan masalah reproduksi perempuan yang terjadi karena ada masalah hormon. Hormon androgen yang berlebihan di dalam tubuh perempuan dapat menyebabkan gangguan siklus menstruasi dan munculnya kista.

Beberapa tanda perempuan mengalami PCOS adalah nyeri panggul, banyak tumbuh jerawat, kulit berminyak, serta tumbuh rambut berlebih di wajah, perut, dan dada. PCOS juga dapat menyebabkan perempuan menjadi tidak subur (infertilitas).

4. Gangguan Kesehatan Pascamelahirkan

Selain saat kehamilan, ternyata masih ada beberapa masalah kesehatan setelah melahirkan dan menjadi salah satu permasalahan perempuan masa kini. Setelah melahirkan, perempuan juga akan mengalami perubahan fisik dan hormon lagi.

Ada banyak penyakit yang mudah menyerang perempuan pascamelahirkan, seperti masalah urinasi, sembelit, wasir, mastitis, perdarahan hebat, infeksi postpartum, hingga depresi postpartum (baby blues).

Beberapa penyakit tersebut ada yang bisa membahayakan nyawa ibu dan menjadi penyebab kematian.

5. Stres pada Perempuan

Sebenarnya stres bisa terjadi pada siapa saja, baik laki-laki atau perempuan. Hal ini pun juga normal karena stres merupakan respon tubuh ketika menghadapi ancaman. Namun, dampak stres pada perempuan ini bisa mempengaruhi kesehatan fisik.

Beberapa dampak stres ini adalah siklus menstruasi terganggu, PMS menjadi lebih parah, tingkat kesuburan menurun, dan kulit banyak mengalami masalah (jerawat). Oleh karena itu, sangat penting untuk Sobat Sehat bisa mengelola stres dengan baik.

6. Kesehatan Reproduksi

Permasalahan perempuan masa kini yang sering terjadi dan menjadi perhatian khusus adalah isu tentang kesehatan reproduksi. Menurut WHO, masalah reproduksi dan kesehatan seksual ini bisa mengisi sepertiga dari jumlah keseluruhan isu kesehatan perempuan.

Banyak sekali masalah kesehatan yang berhubungan dengan reproduksi, seperti kanker vulva, kanker ovarium, penyakit menular karena seks, dan lain sebagainya.

Itulah berbagai gangguan kesehatan yang rentan menyerang para perempuan di dunia. Dengan Hari Perempuan Internasional 2023 ini, Sobat Sehat diharapkan bisa lebih waspada lagi dengan berbagai gangguan kesehatan di atas.

 Selain paham dengan hak yang ada, sebagai perempuan Indonesia, Sobat Sehat juga harus selalu bijaksana dalam merawat diri, ya. Salah satu caranya adalah menggunakan berbagai vitamin, suplemen, obat, dan juga alat-alat kesehatan yang aman dengan membelinya di Apotek K-24. Tentu jangan lupa untuk berkonsultasi dengan apoteker di Apotek K-24 terlebih dahulu.