5 CARA MENURUNKAN ASAM URAT YANG AMPUH DAN BISA MENGURANGI GEJALA

Kadar asam urat dalam tubuh yang tinggi bisa berbahaya, lho karena dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Sobat Sehat yang memiliki asam urat tinggi biasanya akan mengalami gangguan kesehatan, seperti nyeri sendi, bengkak, dan kemerahan di kulit. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara menurunkan asam urat yang ampuh.

Penyakit asam urat bisa mengganggu aktivitas sehari-hari karena tingginya asam urat dapat menghasilkan kristal-kristal tajam di beberapa sendi. Pada beberapa kasus, penderita asam urat tidak bisa jalan karena rasa nyeri yang tak tertahankan. Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu berhati-hati dengan kadar asam urat dalam tubuh yang dimiliki.

5 Cara Menurunkan Asam Urat

Jika memiliki kadar asam urat yang sudah terlanjur tinggi, Sobat Sehat jangan panik dulu, ya. Sebab, ada beberapa cara ampuh yang bisa membantu penderita asam urat untuk menurunkan kadar asam urat. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan dengan aman:

Konsumsi Makanan yang Mengandung Magnesium

Dalam menurunkan asam urat, Sobat Sehat bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan magnesium setiap hari paling tidak sebanyak 340-360 miligram. Beberapa studi membuktikan ketika asupan magnesium tercukupi, maka hal ini bisa mempengaruhi proses penurunan kadar asam urat.

Oleh karena itu, cara menurunkan asam urat yang pertama adalah dengan banyak konsumsi makanan yang mengandung magnesium, seperti daun kale, pisang, legum, bayam, dan alpukat. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi multivitamin atau suplemen di Apotek K-24 yang mengandung magnesium.

Minum Air Rebusan Daun Salam

Daun salam ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya, dengan minum air rebusan daun sala mini bisa membantu dalam mengatasi gangguan asam urat. Sebab, daun salam memiliki beberapa kandungan yang bisa mengurangi kadar asam urat dalam darah, seperti flavonoid dan etanol. Caranya sangat mudah, Sobat Sehat tinggal merebus daun salam pada air mendidih.

Menghindari Konsumsi Seafood dan Daging Merah

Cara menurunkan asam urat yang selanjutnya adalah membatasi konsumsi makanan yang tinggi purin, misalnya seafood, daging merah, dan jeroan. Ini karena kandungan purin di dalamnya bisa memicu asam urat untuk mengkristal hingga menyebabkan berbagai penyakit asam urat.

Minum Air Putih dengan Cukup

Bukan rahasia lagi kalau minum air putih adalah kebutuhan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu gejala penyakit asam urat adalah mengalami nyeri dan pembengkakan pada sendi.

Nah, minum air putih bisa mengurangi gejala tersebut. Sebab, ginjal akan bekerja dalam mengeluarkan banyak cairan dari mengolah air putih sehingga bisa mengurangi pembengkakan. Selain air putih, Sobat Sehat juga bisa menambahnya dengan teh herbal.

Biasakan Olahraga secara Teratur

Melakukan olahraga dan aktivitas fisik juga bisa menjadi cara menurunkan asam urat, lho. Sebab, dengan rutin berolahraga, Sobat Sehat bisa menjaga berat badan agar tetap ideal sehingga bisa mengurangi gejala asam urat. Oh iya, Sobat Sehat bisa memilih olahraga yang tidak memberikan tekanan pada sendi, seperti bersepeda, jalan kaki, atau berenang.

Nah, itu dia beberapa cara menurunkan asam urat yang bisa dilakukan di rumah sebelum menjadi parah dan memerlukan obat asam urat. Dalam mencegah penyakit asam urat menjadi lebih parah, Sobat Sehat disarankan untuk memonitor kondisi tubuh dengan melakukan cek kesehatan secara rutin.

Cek asam urat sendiri sangat penting karena bisa melihat kondisi sehingga Sobat Sehat bisa mengambil tindakan secara cepat jika kadar asam urat mulai tinggi. Untuk melakukan cek asam urat ini Sobat Sehat bisa mendatangi Apotek K-24 secara langsung.

Bahkan, di Apotek K-24 ini ada promo khusus cek kesehatan, di mana setiap tanggal 24 akan ada diskon 24%. Jadi, jangan sampai melewatkan promo menarik ini untuk kondisi tubuh yang lebih sehat. demikian ulasan tentang cara menurunkan asam urat, semoga bermanfaat!