6 PENYEBAB DARAH RENDAH, PERLU DIWASPADAI SEBELUM SEMAKIN PARAH!

Penyebab darah rendah ternyata bisa bermacam-macam, hal ini tentu harus Sobat Sehat hindari. Sebab, penderita akan merasakan ketidaknyamanan saat mengalami tensi rendah atau darah rendah. Umumnya, Sobat Sehat bisa merasakan sakit kepala hebat hingga tidak sadarkan diri ketika memiliki darah rendah yang tidak segera ditangani dengan baik.

Tekanan darah yang normal biasanya berada pada angka 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Apabila hasil pengukuran dengan tensimeter berada di bawah angka tersebut, maka Sobat Sehat bisa dikatakan memiliki gangguan darah rendah. Keadaan tensi rendah sendiri bisa ditandai dengan sakit kepala, badan lemas, mual, syok, kehilangan konsentrasi, penglihatan kabur, dan kelelahan.

Penyebab Darah Rendah yang Perlu Diwaspadai

Tensi darah rendah membuat otak kekurangan pasokan darah yang umumnya membawa nutrisi dan oksigen. Keadaan ini sendiri bisa disebabkan karena beberapa hal. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengenali penyebab darah rendah supaya Sobat Sehat bisa mengatasinya dengan baik.

Berikut adalah beberapa keadaan yang bisa menyebabkan tekanan darah rendah:

Penyakit Jantung

Ternyata penyakit atau kelainan jantung bisa menjadi salah satu kondisi yang membuat penderita mengalami darah rendah. Kelainan jantung yang dimaksud ini bisa berupa serangan jantung dan gagal jantung. Kenapa bisa? Ternyata saat jantung mengalami masalah, darah tidak akan bisa dipompa dengan baik oleh jantung. Alhasil, tubuh akan mengalami penurunan tekanan darah.

Dehidrasi

Penyebab darah rendah yang selanjutnya adalah dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka jumlah darah juga ikut berkurang dan tekanan darah pun akan menurun. Oleh karena itu, jika Sobat Sehat sudah mengalami pusing dan kering, segera minum air putih, ya, agar masalah kesehatan tersebut bisa cepat sembuh.

Infeksi Darah (Sepsis)

Sepsis atau sering disebut dengan infeksi darah akan terjadi saat sistem kekebalan tubuh melawan infeksi kuman secara berlebihan. Akibatnya, berbagai organ dalam tubuh justru akan rusak. Penyakit yang satu ini bisa menyebabkan syok sepsis, di mana sebuah kondisi darurat dan menurunkan tekanan darah hingga sangat rendah. Hal ini tentu sangat berbahaya kalau dibiarkan.

Anemia

Kekurangan darah atau anemia ternyata juga bisa menjadi penyebab darah rendah selanjutnya. Sebab, saat Sobat Sehat mengalami anemia, ini tandanya kadar hemoglobin dalam tubuh di bawah angka normal. Akibatnya, tekanan darah akan menjadi sangat rendah.

Perubahan Cuaca

Berada di cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin ternyata tidak baik untuk kondisi tekanan darah. Ketika Sobat Sehat berada di cuaca dingin, maka detak jantung akan menurun begitu pula dengan tekanan darah. Sebaliknya, saat berada di cuaca panas ekstrem, Sobat Sehat akan berkeringat dan bisa menyebabkan dehidrasi.

Kekurangan Vitamin dan Mineral

Penyebab darah rendah yang selanjutnya adalah kekurangan vitamin dan mineral, seperti vitamin B12, folat, dan zat besi. Ketiga nutrisi ini berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah sehingga mencegah penyakit anemia. Keadaan ini bisa dihindari dengan mengonsumsi buah, sayur, atau multivitamin tambahan yang ada di Apotek K-24 terdekat.

Nah, dalam menghindari tekanan darah rendah ini Sobat Sehat bisa menerapkan beberapa cara untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal. Salah satunya adalah dengan membiasakan hidup sehat, seperti minum air putih dengan teratur, hindari minuman beralkohol, konsumsi makanan yang asin, dan rutin berolahraga.

Selain itu, untuk menghindari beberapa penyebab darah rendah di atas, Sobat Sehat disarankan untuk rutin melakukan periksa gula darah dan tekanan darah. Hal ini bisa dilakukan dengan mendatangi Apotek K-24 terdekat, lho.

Sebab, selain pelayanan kefarmasian, Apotek K-24 juga menawarkan cek kesehatan rutin, mulai dari cek tekanan darah, cek gula darah, cek kolesterol, dan cek asam urat. Oh iya, Sobat Sehat tahu tidak kalau setiap tanggal 24 Apotek mengadakan promo diskon 24% untuk cek kesehatan ini, lho. Demikian ulasan tentang penyebab darah rendah, yuk selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!