PEGAL-PEGAL SETELAH LIBURAN? INI CARA MENGATASI KAKI PEGAL YANG BISA DILAKUKAN DI RUMAH

Kaki pegal-pegal agaknya menjadi masalah yang umum terjadi, apalagi setelah liburan panjang berlalu. Ini terjadi karena Sobat Sehat yang sering bepergian untuk menikmati waktu liburan sehingga tidak sempat untuk beristirahat. Meski tidak berbahaya tapi lebih baik Sobat Sehat segera melakukan cara mengatasi kaki pegal agar bisa beraktivitas dengan normal kembali.

Kaki menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat sering melakukan aktivitas setiap hari, mulai dari bekerja, sekolah, liburan, mengantri, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, tidak heran kalau kaki sering kali mengalami sakit atau pegal linu. Keadaan ini tentu tidak boleh disepelekan ya, karena Sobat Sehat perlu beraktivitas untuk melanjutkan hidup.

5 Cara Mengatasi Kaki Pegal

Ada berbagai penyebab mengapa kaki bisa mengalami pegal-pegal, seperti otot kaki yang kaku, gangguan aliran darah karena terlalu lama duduk, hingga kurangnya cairan dan nutrisi. Selain itu, kaki pegal juga bisa terjadi karena Sobat Sehat terlalu banyak aktivitas.

Contohnya saat liburan panjang, di mana Sobat Sehat pasti memanfaatkannya untuk pergi bersama keluarga. Selama dari perjalanan hingga sampai di tempat tujuan pastinya tubuh tidak akan mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Oleh karena itu, jika sudah mengalami sakit kaki segera lakukan cara mengatasi kaki pegal seperti di bawah ini:

Kompres Kaki dengan Es

Apabila Sobat Sehat terlalu banyak jalan kaki dalam satu hari, maka Sobat Sehat bisa saja mengalami peradangan. Nah, untuk mengatasinya, Sobat Sehat bisa mengompres kaki dengan es batu yang dibalut dengan kain lembut.

Lakukan kompres ini selama 5-15 menit di area yang terasa sakit dan pegal. Cara ini bisa membantu dalam mengurangi peradangan yang terjadi pada kaki.

Pijat Kaki

Sobat Sehat juga bisa mengatasi kaki pegal-pegal dengan cara memijatnya secara lembut tapi pasti. Pemijatan pada kaki bisa meredakan nyeri karena sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Dalam melakukan pemijatan, tambahkan lotion atau minyak hangat untuk melumasi kulit sehingga proses pijat bisa lebih lancar dan mudah. Hal ini juga bisa menambah kenyamanan untuk kaki, lho.

Lakukan Peregangan

Cara mengatasi kaki pegal yang selanjutnya adalah dengan melakukan peregangan sesekali ketika sedang beraktivitas. Sobat Sehat bisa melakukan peregangan pada beberapa bagian kaki, seperti jari kaki, tumit, betis, atau seluruh bagian kaki sekaligus.

Peregangan kaki ini bisa dilakukan dengan menekuk kaki lalu diluruskan dan diulangi beberapa kali. Kemudian Sobat Sehat juga dapat pemanasan dengan duduk lalu rentangkan kaki dan gerakkan jari-jari.

Rendam Kaki dengan Air Hangat

Merendam kaki dalam air hangat agaknya bisa menjadi salah satu cara mengatasi kaki pegal yang aman dan cukup efektif. Dalam mengurangi rasa nyeri, Sobat Sehat bisa menambahkan garam Epsom ke dalam rendaman kaki supaya otot bisa lemas dan pembengkakan pun berkurang. Biasanya satu cangkir garam Epsom sudah cukup untuk satu bak air hangat.

Gunakan Obat Pereda Nyeri Kaki

Apabila dengan cara-cara di atas rasa pegal di kaki belum juga sembuh, maka Sobat Sehat bisa beralih menggunakan obat pereda nyeri atau pegal untuk kaki. Ada beberapa produk pereda nyeri kaki yang dijual bebas di Apotek K-24.

Pereda nyeri ini biasanya akan memberikan sensasi dingin atau sensasi hangat pada kulit yang nantinya akan merambat hingga ke otot dan tulang. Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi obat pereda nyeri di Apotek K-24 sebagai salah satu cara mengatasi kaki pegal:

  • Counterpain

  • Salonpas Koyo

  • Hot In Cream

  • Panadol Biru

  • Neo Rheumacyl Otot & Sendi Hot Cream

  • Cap Lang Minyak Urut GPU

  • Parcok

  • Paramex Nyeri Otot

  • Sendi Plus Mint

  • Tolak Linu Herbal

  • Salonpas Hot Cream

Pada umumnya, pegal-pegal kaki pakan hilang dengan sendirinya. Namun, Sobat Sehat bisa melakukan berbagai cara di atas untuk mempercepat proses penyembuhannya. Sebab, semakin cepat rasa pegal hilang, maka semakin cepat juga Sobat Sehat bisa beraktivitas tanpa takut pegal-pegal. Demikian ulasan tentang cara mengatasi kaki pegal, yuk selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!