7 MAKANAN PENURUN KOLESTEROL, SIAPKAN BERSAMA MENU LEBARAN!

Momen lebaran tentu saja membuat masyarakat Indonesia merayakan hari kemenangan bersama keluarga dan berbagai makanan lezat. Bahkan, saking banyaknya makanan yang disiapkan setelah satu bulan puasa, kadang kala banyak orang yang meningkat kadar kolesterolnya. Oleh karenanya, Sobat Sehat perlu menyiapkan makanan penurun kolesterol sebagai pendampingnya.

Makanan khas lebaran memang memiliki rasa yang nikmat, seperti opor ayam, rendang, lontong sayur, gulai, tauco Medan, dan lain sebagainya. Sayangnya, meski enak dinikmati tapi kalau dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan, salah satunya meningkatnya kadar kolesterol. Sebab, makanan khas lebaran biasanya menggunakan santan dan daging sebagai bahan utamanya.

Beberapa Makanan Penurun Kolesterol

Kolesterol dalam tubuh yang berlebihan bisa membahayakan kesehatan, lho. Contohnya saja terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, yang mana kurang baik bagi kesehatan jantung. Bahkan, jika dibiarkan terlalu lama, kondisi tersebut bisa berakhir pada sakit stroke.

Maka dari itu, Sobat Sehat membutuhkan makanan pendamping yang sehat dan segar untuk membantu dalam mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Apalagi ketika Sobat Sehat masih menikmati momen lebaran bersama keluarga. Berikut beberapa contoh makanan yang bisa disiapkan di rumah saat lebaran:

Sayuran Hijau

Ada beberapa jenis sayuran berdaun hijau yang dapat membantu dalam menurunkan kolesterol, seperti bayam dan kangkung. Makanan penurun kolesterol ini mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bisa mengikat asam empedu yang berasal dari kolesterol sehingga penumpukan kolesterol pun bisa dikurangi sedikit demi sedikit.

Pisang

Selain mudah untuk dikonsumsi, buah pisang juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, lho. Pisang bagus untuk penderita kolesterol karena memiliki zat inulin yang dapat membantu dalam mengontrol kadar kolesterol sehingga tetap dalam angka stabil.

Buah Beri

Berbagai buah beri seperti stroberi, raspberry, blueberry, dan lain-lain ternyata masuk ke dalam buah penurun kolesterol yang baik dikonsumsi setiap hari. Selain itu, buah beri biasanya memiliki indeks glikemik yang rendah. Jadi, tak hanya kolesterol, buah beri juga bagus untuk penderita penyakit gula.

Kacang-kacangan

Makanan penurun kolesterol yang selanjutnya adalah berbagai jenis kacang-kacangan, misalnya kacang tanah, almond, dan kenari. Ini karena asam lemak tak jenuh ganda dan tunggal yang ada di dalam kacang-kacangan. Tak hanya itu saja, kacang-kacangan ini juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti vitamin, serat, antioksidan, dan asam lemak omega-3.

Alpukat

Buah alpukat menjadi makanan yang perlu Sobat Sehat siapkan ketika lebaran karena bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh. Alpukat kaya dengan serat pangan, lemak tak jenuh tunggal, polifenol, dan juga fitosterol yang bisa menjaga agar kolesterol dalam tubuh tetap pada angka rendah.

Cokelat Hitam

Siapa sangka kalau cokelat hitam atau dark chocolate menjadi salah satu dari makanan penurun kolesterol. Cokelat hitam ternyata mengandung zat antioksidan dan antiinflamasi yang berhubungan erat dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Namun, sebelum mengonsumsi cokelat hitam ini, Sobat Sehat perlu memilih produk yang rendah gula atau tidak mengandung gula sama sekali, ya.

Beras Merah

Nasi merah yang berasal dari beras merah termasuk makanan yang bisa menurunkan kolesterol karena mengandung vitamin B, magnesium, selenium, dan fitonutrien. Selain itu, berat merah juga mengandung serat yang tinggi sehingga bisa mengontrol gula dan kolesterol dalam tubuh. Jadi, Sobat Sehat bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah jika tidak ingin kolesterol melonjak selama lebaran.

Wah, banyak juga ya makanan penurun kolesterol yang bisa Sobat Sehat siapkan ketika momen lebaran ini. Meski tidak menjadi makanan utama, Sobat Sehat jangan lupa untuk menyediakan makanan-makanan di atas agar tidak terjadi gangguan kesehatan akibat kolesterol tinggi.

Selain dengan makanan, sebenarnya Sobat Sehat bisa juga minum obat penurun kolesterol di Apotek K-24, lho, dalam proses menurunkan kolesterol ini. Namun, tentu saja Sobat Sehat perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya. Yuk, jaga kesehatan di momen lebaran ini bersama Apotek K-24!