APAKAH ASAM LAMBUNG BISA MENYEBABKAN SESAK NAPAS? SIMAK JAWABANNYA!

Gangguan asam lambung menjadi salah satu keluhan yang sering terjadi di sebagian besar orang. Masalah kesehatan ini memang tidak berbahaya dan mengancam nyawa, tetapi bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Lalu apakah asam lambung bisa menyebabkan sesak napas?

Pada kondisi tertentu, gangguan asam lambung ternyata dapat mengganggu sistem tubuh lainnya dan dan menyebabkan komplikasi. Bahkan beberapa komplikasi ini dianggap membahayakan kesehatan, seperti esofagitis, barrett esofagus, hingga kanker esofagus. Jika demikian, bisakan asam lambung mempengaruhi sistem pernapasan?

Gangguan Asam Lambung Naik

Sebelum menjawab pertanyaan apakah asam lambung bisa menyebabkan sesak napas, mari kenali sebenarnya apa itu masalah asam lambung. Refluks asam atau asam lambung merupakan suatu keadaan di mana cairan asam dalam lambung naik ke kerongkongan.

Orang yang mengalami asam lambung biasanya akan merasakan mual, ulu hati terasa panas, perut kembung, muntah, hingga ada rasa pahit di ujung lidah. Kondisi ini tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari seperti bekerja atau sekolah. Bahkan pada beberapa kasus, ada penderita yang tidak kuat untuk menjalankan kegiatan.

Penyebab utama asam lambung adalah katup esofagus bagian bawah yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, makanan, minuman, atau isi lambung lainnya dapat mengalir ke kerongkongan dengan mudah.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keadaan tersebut, antara lain:

  1. Pola makan tidak sehat dan teratur, seperti banyak mengonsumsi makanan pedas, berminyak, asam, dan minum minuman kafein atau alkohol.

  2. Sering mengalami stres.

  3. Jarang melakukan olahraga.

Apakah Asam Lambung Bisa Menyebabkan Sesak Napas?

Bagi sebagian orang yang pernah mengalami asam lambung naik mungkin juga pernah menderita sesak napas. Keadaan ini ternyata memang bisa terjadi dan ada alasan di baliknya. Asam lambung yang naik ke kerongkongan ini bisa membahayakan saluran tersebut dan organ lainnya.

Ketika kerongkongan bersentuhan dengan asam lambung, maka saluran makanan ini bisa menyempit. Bahkan cairan asam lambung bisa terhirup ke sistem pernapasan dan masuk ke dalam paru-paru. Akibatnya, saluran udara akan menyempit untuk mengeluarkan cairan asam yang masuk.

Apabila hal tersebut terjadi terus-menerus, maka bisa terjadi kerusakan pada kerongkongan dan paru-paru. Tak jarang, orang akan mengalami gangguan pernapasan seperti sesak napas, asma, pneumonia, suara mengi, dan batuk-batuk.

Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian, jumlah penderita sesak napas yang juga mengalami asam lambung lebih banyak daripada yang tidak memiliki asam lambung. Artinya, hubungan antara asam lambung dan sesak napas sudah diteliti lebih lanjut oleh berbagai pihak.

Cara Mengatasi Sesak Napas karena Asam Lambung

Melalui penjelasan di atas, sudah jelas jawaban dari apakah asam lambung bisa menyebabkan sesak napas. Hal ini mengindikasikan bahwa sesak napas bisa menjadi salah satu komplikasi asam lambung naik. Artinya, asam lambung memang bukan gangguan kesehatan yang mengancam jiwa, tetapi menimbulkan komplikasi berbahaya.

Namun, jangan khawatir karena sesak napas ini bisa Sobat Sehat tangani dengan cara yang tepat. Berikut adalah cara cepat untuk mengatasi sesak napas karena asam lambung:

  1. Jika merasakan sesak, segera cari tempat terbuka yang mempunyai udara segar.

  2. Ubah posisi menjadi duduk tegak dan ambil napas dan keluarkan secara perlahan.

  3. Kemudian letakkan tangan di atas perut dan hirup udara lewat hidung.

  4. Biarkan dada dan perut bawah mengembang sampai tangan yang berada di atas perut ikut merasakannya. Hal ini berarti diafragma sedang memberikan ruang kepada paru-paru.

  5. Tahan napas beberapa detik baru buang dengan hati-hati.

Dalam mengatasi keadaan tersebut, Sobat Sehat dapat menggunakan obat yang bisa mencegah tersumbatnya saluran napas. Namun, bisa juga menggunakan obat pengurang asam lambung, seperti yang ada DI SINI.

Dalam menggunakan obat-obatan tersebut, Sobat Sehat bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan apoteker. Layanan tersebut dapat Sobat Sehat temukan di Apotek K-24 secara online atau bertemu langsung di apotek.

Demikian ulasan mengenai apakah asam lambung bisa menyebabkan sesak napas, semoga dapat bermanfaat.

 

 Sumber: media online kesehatan