MASTURBASI BISA SEMBUHKAN MASUK ANGIN, MITOS ATAU FAKTA?

Sobat sehat, katanya kalau badan meriang karena masuk angin bisa sehat lagi setelah onani. Hmm, benar nggak ya?

Onani atau masturbasi adalah kegiatan mengeluarkan cairan sperma secara mandiri dengan merangsang alat vital. Kegiatan ini memang memiliki berbagai manfaat kesehatan sekaligus ada risikonya. Tapi, apakah benar salah satu manfaat onani bisa menyembuhkan masuk angin?

Secara medis sendiri, sebenarnya tidak ada istilah masuk angin ya. Orang Indonesia biasanya menyebut masuk angin ini sebagai penyakit saat merasakan keluhan seperti demam, menggigil, nyerit otot, pegal-pegal, perut kembung, serta kehilangan nafsu makan. Padahal, gejala tersebut dapat mengacu ke berbagai penyakit, seperti infeksi saluran pernapasan atas, gangguan pencernaan, demam berdarah, malaria, hingga penyakit jantung.

Lalu, kita kembali ke manfaat onani tadi ya. Saat melakukan masturbasi atau onani, secara umum, Anda juga mengeluarkan hormon dopamin, endorfin, oksitosin, testosteron, dan juga hormon prolaktin. Oleh karenanya, pelepasan hormon tersebut dapat membantu meningkatkan mood, meningkatkan fokus dan konsentrasi, memperbaiki stres dan kecemasan, hingga membuat mengantuk. Karenanya, banyak yang mengaitkan efek tersebut sebagai efek anti nyeri sehingga menyembuhkan sakit kepala atau nyeri badan. Meskipun demikian, masih sedikit studi medis yang dapat membuktikan teori ini.

 Jadi, belum tentu onani dapat menyembuhkan masuk angin, apalagi bila penyakit yang sebenarnya diderita adalah demam berdarah, malaria, atau penyakit jantung. Pastikan untuk konsultasi ke dokter bila Sobat Sehat merasakan gejala masuk angin ya agar dapat diberikan terapi yang sesuai dengan keluhannya