IBU HAMIL GAK BOLEH CABUT GIGI? MITOS ATAU FAKTA?

Ada yang bilang, ibu hamil tidak boleh melakukan pencabutan gigi karena bisa mengganggu janin nya. Hmm ini mitos atau fakta ya?

Saat sedang hamil, bimil bisa jadi mengalami gangguan pada  gigi. Misalnya seperti radang gusi, gigi berlubang, atau infeksi gusi. 

Jika kerusakan gigi yang dialami cukup parah, bukan tidak mungkin dokter menganjurkan untuk melakukan cabut gigi saat hamil untuk mengatasi masalah. 

Faktanya, tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk mencabut gigi ya Sobat Sehat.

Membiarkan gigi berlubang atau radang gusi yang parah malah berisiko menyebabkan gangguan kesehatan bagi ibu dan janin.

Meski begitu, pencabutan gigi pada ibu hamil tidak bisa dilakukan dengan sembarangan dan hanya dilakukan jika gigi ibu hamil benar-benar harus dicabut atau jika kerusakan gigi yang dialami cukup parah. Prosedur ini juga sebaiknya dilakukan saat usia kandungan memasuki trimester kedua.

Selain prosedur medis, penggunaan obat sakit gigi saat hamil juga tidak boleh sembarangan tanpa resep dokter karena dikhawatirkan bisa mempengaruhi kondisi janin.

Karenanya, jika Anda merasa ada gangguan pada kesehatan gigi saat sedang hamil, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter ya Sobat Sehat agar bisa diberikan penanganan yang tepat.

Selalu jaga kesehatan gigi dengan rutin menggosok gigi setelah makan atau sebelum tidur. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi untuk kesehatan gigi Anda dan pertumbuhan janin dalam kandungan.