APA BEDANYA KONDOM WANITA DENGAN KONDOM PRIA?

Selama ini banyak orang yang hanya mengenal penggunaan kondom sebagai alat kontrasepsi yang digunakan untuk pria. Tapi ternyata saat ini sudah mulai populer juga penggunaan kondom untuk wanita lho.

Kondom merupakan alat kontrasepsi yang mencegah terjadinya kehamilan dengan cara  menghalangi sel sperma masuk ke dalam rahim agar tidak terjadi pembuahan.

Baik kondom wanita maupun kondom pria, keduanya merupakan produk sekali pakai dan hanya bisa digunakan salah satu saja atau tidak bisa digunakan bersamaan.

Kondom wanita biasanya terbuat dari karet sintetis yang tipis dan lembut. Kondom ini berbentuk seperti kantong yang dilengkapi dengan cincin fleksibel di kedua ujungnya. Satu cincin terbuka berada di luar vagina dan menutupi vulva, sementara cincin lainnya yang tertutup dimasukkan ke dalam vagina. 

Kondom wanita hanya digunakan untuk seks vaginal. Kondom jenis ini bisa dimasukkan hingga 8 jam sebelum berhubungan intim dan jarang menimbulkan reaksi alergi. Tentunya perlu latihan untuk bisa memasukkan kondom wanita dengan benar ke dalam vagina ya Sobat Sehat.

Kelebihan dari kondom wanita ini adalah posisinya yang tetap pada tempat meskipun setelah selesai berhubungan seksual, sehingga mengurangi risiko sperma tumpah secara tidak sengaja seperti yang terjadi pada kondom pria saat penis selesai ereksi. 

Dalam beberapa kasus, kondom wanita bisa menyebabkan iritasi pada vagina dan penis. Namun bisa diatasi dengan penggunaan pelumas yang ekstra. Meski begitu, jika iritasi masih terus berlanjut sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Untuk memilih kontrasepsi yang tepat, tentunya bergantung dengan kenyamanan masing-masing pasangan. Namun apabila Anda ragu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menentukan kontrasepsi yang sesuai. 

Jika Anda tertarik untuk menggunakan kondom wanita, jangan lupa baca aturan pemakaian dan pastikan penyimpanan kondom sudah benar agar kualitasnya tetap baik saat akan digunakan.