SUNTIK PUTIH BISA SEBABKAN AUTOIMUN? MASA IYA SIH?

Beberapa waktu lalu sempat viral video di TikTok adanya seseorang yang terkena autoimun akibat sering melakukan suntik putih. Hmm masa iya sih?

Suntik putih menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh seseorang yang ingin membuat kulit tubuh tampak lebih cerah. Umumnya kandungan suntik ini berisi vitamin C dosis tinggi, glutathione, dan kolagen. 

Tapi apakah benar, suntik putih bisa menyebabkan penyakit autoimun?

Hingga saat ini belum ada penelitian mengenai suntik putih yang dapat memicu terjadinya autoimun. 

Penyakit autoimun merupakan kondisi saat sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Penyebab autoimun sendiri hingga saat ini belum diketahui dengan pasti. Tapi ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kondisi ini. Misalnya seperti riwayat keluarga, obesitas, merokok, menggunakan obat-obatan yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, paparan bahan kimia atau cahaya matahari, infeksi, dan kondisi lainnya.

Jika Anda ingin melakukan suntik putih, pastikan tidak menggunakannya secara bebas tanpa pengawasan dokter. Penggunaan bahan yang tidak tepat serta dosis yang tidak sesuai bisa menyebabkan efek samping pada tubuh. Selain itu, pastikan Anda tidak alergi terhadap produk atau bahan yang akan digunakan.