HAH? ASI BISA KELUAR DARI KETIAK?

Emang iya, ASI bisa keluar dari ketiak? Hmm, kok bisa sih?

ASI atau Air Susu Ibu yang keluar dari ketiak dalam istilah medis disebut Pitties. 

Pitties atau benjolan pada ketiak muncul saat jaringan payudara yang berisi ASI mengalami pembengkakan atau engorgement.

Pembengkakan payudara ini terjadi karena pembuluh darah mengalami peregangan atau juga bisa disebabkan karena tekanan air susu yang baru diproduksi. Sehingga saat benjolan di ketiak ini ditekan atau dikepit bisa keluar cairan ASI. 

Jaringan payudara sendiri tidak hanya terletak di payudara, tapi ada jaringan bernama Tail of Spence yang memanjang ke area luar payudara termasuk di ketiak. 

Jaringan ini terhubung dengan saluran susu utama yang menghasilkan ASI sehingga bisa saja mengalami pembengkakan yang terlihat seperti benjolan berbentuk telur. 

Penyebaran jaringan payudara Tail of Spence hingga ketiak ini dialami oleh sekitar 6% ibu menyusui di dunia. 

Kondisi ini umumnya normal terjadi, terutama pada awal masa menyusui. Penyebabnya bisa karena produksi ASI melebihi kebutuhan bayi atau karena payudara yang berisi ASI tidak dikeluarkan secara maksimal, sehingga bisa menyebabkan penyumbatan.

Benjolan ini umumnya akan mereda sekitar satu sampai dua hari. Tapi jika tidak kunjung mereda dan terasa semakin parah, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter ya Sobat Sehat.